Ketika membangun sebuah taman rumah, memilih desain untuk jalan setapak atau stepping stone sering sekali dinomorduakan. Padahal memilih desain stepping stone yang teapat (dan sesuai dengan keseluruhan desain taman) dapat menambah nilai estetika dan memberi tampilan charming pada sebuah taman. 


Berikut ini AlaCASA telah merangkum beberapa ide desain stepping stone yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mempercantik taman hunian Anda. 


1. Desain stepping stone taman modern


(Photo by Richard Bloom / rosemarycoldstream.com)


Batu york polished berbentuk persegi panjang yang simple dan sleek ini bisa menyempurnakan tampilan modern pada taman hunian Anda. Bentuk persegi panjang yang sedikit lebih lebar bisa memberikan ilusi area taman yang terlihat lebih luas. 


2. Desain stepping stone berbentuk lingkaran


(Photo by Christopher Alexander / House design by Christopher Botterill)


Jika ingin menghadirkan kesan unik ke dalam taman hunian, cobalah bereksplorasi dengan bentuk stepping stone yang berbeda, misalnya, bentuk lingkaran. 


Untuk menghubungkan antara taman dan rumah, Anda bisa menggunakan stepping stone bentuk lingkaran dalam berbagai ukuran, yang akan semakin memberikan kesan unik dan sentuhan fun, sekaligus menambah keindahan landscape hunian Anda.


3. Desain stepping stone dengan lempengan batu kecil


(Photo by @taiyo_watanabe / Designed by Bittoni Architects (@bittoniarchitects))


Penggunaan lempengan batu berukuran kecil sebagai stepping stone dapat memberikan nuansa natural dan raw feel ke dalam taman tanpa rumput di halaman belakang rumah. Meskipun berukuran kecil, tetapi itu tidak mengurangi fungsinya sebagai jalur setapak yang pas untuk pijakan kaki Anda 


4. Desain stepping stone yang dibuat tidak beraturan


(Photo by Asato (@asato10jp) / Instagram)


Membuat stepping stone tidak melulu harus memiliki jalur yang lurus, tapi Anda juga bisa membuatnya dengan menyelaraskan dengan alam yang ada— jalurnya sedikit acak namun rapi dan simetris sehingga tetap nyaman untuk pijakan. 




Gunakan bebatuan dengan ukuran berbeda dan dalam bentuk aslinya; tidak beraturan dan tidak rata. Itu akan semakin menghadirkan kesan natural dan terasa seperti menyatu dengan alam. 


5. Desain stepping stone menggunakan batu kerikil 


(Photo by: Maria Mira / Arsitek: Arturo Sanz)


Batu kerikil adalah bahan populer untuk jalan setapak di taman, karena terkenal murah dan memiliki tampilan yang welcoming, modern, dan informal look sehingga stepping stone di area taman terlihat lebih bergaya. Batu kerikil juga hadir dalam berbagai warna dan ukuran. 


6. Desain stepping stone menggunakan batu kerikil dan lempengan batu


(Photo by: Roehner + Ryan (@roehnerryan) / Arsitek: The Ranch Mine (@theranchmineofficial))


Sebagai variasi, Anda bisa mengombinasikan batu kerikil sebagai basis, lalu di atasnya letakkan lempengan batu persegi yang lebih besar untuk memberikan kontras yang menciptakan kesan lebih menarik, lebih modern, dan elegan. 


7. Desain stepping stone dengan batu lempengan besar


(Photo by Tfadtomferguson (@tfadtomferguson) / Arsitek: Ricci Bloch (@riccibloch))


Penggunaan lempengan batu berukuran lebih besar dan lebar di tengah-tengah rerumputan halaman depan rumah dapat menguatkan kesan natural pada area depan rumah dan menciptakan entrance way yang cantik. Jajarkan lempengan batu setapak membentuk alur yang simetris sehingga bisa memberikan kenyamanan, namun tetap bisa merasakan kenikmatan melewati taman depan. 





(Foto teaser by Roehner + Ryan (@roehnerryan) / Arsitek: The Ranch Mine (@theranchmineofficial))