Indonesia sedang masuk ke dalam musim hujan yang tidak teratur intesitasnya. Muncul kekhawatiran dari berbagai orang untuk menjaga kebersihan agar terjauh dari penyakit maupun kerusakan interior dan exterior rumah.  


Faktor utama yang harus diperhatikan adalah kelembapan di sebuah ruangan agar tetap stabil. Berikut beberapa tips untuk menjaga kestabilan kelembapan rumah dan meminialisisir kerusakan dalam rumah. 


Menggunakan dehumidifier

Masih terasa asing untuk menggunakan   di dalam rumah terlebih karena eksistensi dari airpurifier dan humidifier. Berbeda dengan keduanya, dehumidifier memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan udara tetap stabil untuk menciptakan ruangan yang lebih sehat.



Sharp dehumidifier


Salah satunya yang dikeluarkan oleh Sharp Dehumidifier mengeluarkan dua tipe yaitu 6 liter dan 12 liter. Memiliki teknologi plasmacluster dan fungsi laundry yang mampu membantu mengeringkan baju. 


Memperkuat celah pintu dan jendela

Hal yang tidak biasa kita lihat akan sangat penting seperti di musim hujan seperti perekat celah pada pintu dan jendela. 



ProQuip Inc.




Hal tersebut dapat membantu masuknya air agar terhindar dari jamur dan pelapukan. Anda dapat mengganti jika sudah rapuh dengan berbagai pilihan seperti selotip busa dan alat dempul keramik.


Perhatikan penggunaan aliran listrik 

Beresiko tersengat sangat tinggi jika aliran listrik bertemu dengan air. Maka butuh pemeriksaan listrik secara berjanngka pada perangkat hingga hindari pemakaian listrik yang berlebih saat badai. Penaruhan sakelar listrik harus dijauhkan dari sumber air dan matikan terlebih dahulu sebelum di lepas.


Baca juga, https://casaindonesia.com/article/read/7/2021/4693/solusi-dinding-rembes-karena-hujan-di-rumah


Menggunakan cat anti bocor 

Jika ingin mencegah alangkah baik pilih cat menggunakan teknologi anti air. Mengingat musim hujan yang cukup lama dapat diantisipasi dengat cat anti air namun harga yang ditawarkan cukup mahal. 



Jotun


Perhatikan perabotan kayu

Memiliki interior dan exterior kayu sangat tricky perawatannya terlebih beberapa jenis kayu yang sangat mudah menyerap air. Jauhkan furnitur kayu dari dinding karena dapat menambah lembab di permukaan. Sebaiknya dibersihkan dengan kain kering agar tidak menambah kelembapan dan pastikan ruangan Anda memiliki udara segar. 



Masaaki Inoue

Sumber teaser: Rodrigo Milo on Pinterest
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani