Gorden bukan hanya sekedar aksesoris pelengkap ruangan, itu juga bisa menjadi aksen menarik yang mampu mengubah tampilan dan nuansa ruangan secara keseluruhan. Meskipun terasa sepele, memilih gorden untuk ramu tamu bisa sangat sulit; Ada begitu banyak warna, model, dan pola yang bisa dipilih. Berikut ini beberapa model gorden sederhana tapi elegan untuk ruang tamu. 


1. Tetap sederhana!


(Design @jkinteriorliving / Builder @chestnuthilldevelopment / Photography @raquellangworthy.photo)


Tidak ada salahnya dengan mempertahankan model dan warna gorden klasik. Model gorden broken white polos menyatu dengan dinding putih bisa memberikan kesan elegan pada ruang tamu, sekaligus membuatnya tampak lebih luas, terbuka, dan lapang.


2. Model gorden sheer


(Photo by Evelyn Muller Fotos / Arsitek: Sala2 Arquitetura e Design (@sala2arquitetura))


Model gorden sheer seperti ini bisa membuat ruang tamu modern Anda tampak lebih luxe. Dan tentunya, meskipun memiliki model yang sederhana tetapi tetap meninggalkan kesan elegan pada ruang tamu Anda. 


3. Gorden dengan warna netral


(Photo by Kristoffer Johnsson)


Jika Anda memiliki jendela dengan bukaan lebar, memasang gorden panjang (sesuai tinggai gorden) dengan warna netral polos seperti ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, itu bisa menjadi fitur arsitektur ruangan yang menonjol, disamping fungsi utamanya. Ini juga bisa menciptakan kesan ruang tamu yang sempit menjadi lebih luas.


Padukan dengan cat tembok berwarna terang dan netral dan lengkapi dengan furnitur bergaya modern minimalis. Dijamin bikin area ruang tamu Anda semakin estetik!


4. Bermain dengan warna bold!


(Design by ??@lucindaloyainteriors)


Jika Anda ingin menghadirkan sesuatu yang lebih “berani” dan unik ke dalam area ruang tamu, coba bermain dengan gorden berwarna bold, misalnya oranye. Gorden warna oranye dengan motif simple yang dipadukan dengan dinding putih akan memberikan kontras yang sangat menarik, elegan, dan sophisticated


5. Gorden dengan dua warna


(Design by ??@lucindaloyainteriors)




Tidak dapat memutuskan hanya menggunakan satu warna gorden? Pertimbangkan opsi gorden dengan dua warna, seperti perpaduan warna dark sage green dan brown-cream ini. Menggunakan dua warna sekaligus pada satu gorden dapat menambah kontras unik dan menarik ke dalam ruang tamu Anda. 


6. Gorden bermotif simple!


(Design by ??@lucindaloyainteriors)


Gorden bermotif simple seperti ini sangat cocok untuk konsep rumah tamu “friendly”. Jika Anda ingin memasukkan sentuhan fun dan tidak "terlalu serius" pada ruang tamu, coba padukan model gorden ini dengan cat dinding warna solid dan furnitur warna vibrant, seperti armchair berwarna kuning, bantal cushion dengan motif animal, dan karpet motif warna biru. 


7. Gorden yang senada dengan warna dinding


(Photo by ??Rumah Mungil Tanpa Sekat (@rumah_stia))


Menggunakan warna yang senada pada gorden dan cat dinding tidak akan membuat ruang tamu terlihat monoton, tetapi justru akan membuatnya semakin elegan, lembut, ringan, dan menarik. Buat kontras dengan pemilihan warna pintu yang distingtif, yang akan jadi titik center lain pada ruang tamu Anda, selain gorden yang senada dengan cat dinding. 


8. Gorden dengan warna gelap


(Photo and desaign by Thom Filicia)


Jika Anda ingin menghadirkan kesan monokrom ke dalam ruang tamu, coba pertimbangkan menggunakan gorden dengan warna yang lebih berani, warna hitam, misalnya. Ini akan sangat cocok untuk menciptakan tampilan modern dan elegan ke ruang tamu Anda. Tambahkan beberapa aksen gold untuk semakin menambah kesan elegan dan menarik perhatian. 



(Teaser photo by Kristoffer Johnsson)