Beberapa dari Anda mungkin memilih menggunakan kabinet kitchen set untuk menyimpan berbagai peralatan makan dan masak di dapur. Tetapi, menggunakan kabinet kitchen set seperti itu biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan rak piring gantung untuk menyimpan peralatan masak dan makan di dapur, antara lain: 


1. Rak Piring Gantung Black Stainless Steel


(homelava.com)


rak piring gantung yang terbuat dari bahan stainless steel bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan berbagai peralatan di dapur anda. penggunaan rak piring dari bahan ini dinilai lebih kuat, lebih mudah dibersihkan, dan lebih awet digunakan hingga bertahun-tahun. 

anda bisa memilih rak piring gantung black stainless steel seperti ini yang dipadukan dengan backsplash motif marble warna putih dan countertop warna sama untuk memberikan kesan clean dan minimalis pada dapur. 


2. rak piring gantung built in


(interior desain by project guru)


sesuai namanya, rak piring gantung ini dibuat menyatu dengan kitchen set, sehingga terlihat serasi dan menarik dari segi keseluruhan tampilan. rak piring gantung built in seperti ini biasanya dibuat secara khusus menyesuaikan dengan dapur anda. 


3. rak piring gantung susun


(aliexpress.com)


supaya memiliki lebih banyak ruang penyimpanan di dapur, anda bisa memilih rak piring gantung model susun. anda bisa meletakkan rak piring gantung model ini di atas wastafel cuci piring. selain bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan piring, gelas dan lainnya, juga berfungsi untuk menjadi tempat meniriskan peralatan dapur serta buah dan sayur yang baru dicuci.


4. rak piring gantung aluminium


(amazon.com)


rak piring gantung dari bahan alumunium ini sangat tepat untuk digunakan di area dapur, karena kuat dan kokoh sehingga mampu menampung berbagai alat masak dan makan anda. 

rak piring gantung dari bahan ini juga anti karat, jadi lebih tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka waktu cukup lama. desainnya yang simpel dan ringan menambah alasan lain untuk menggunakan rak piring gantung ini. 


5. rak piring gantung model tertutup


(hunterkitchens.com.au)


Jika Anda khawatir rak piring gantung biasa tidak bisa menjamin kebersihan peralatan masak dan makan, coba rak piring gantung model tertutup seperti ini. 

Rak piring gantung model ini dapat berfungsi sebagai penyimpanan dengan baik, sekaligus menjaga kebersihan peralatan dapur dan membuat dapur terlihat lebih rapi. 




Kelebihan menggunakan rak piring gantung 


Ada beberapa kelebihan menggunakan rak piring gantung sebagai tempat penyimpanan peralatan masak dan makan di dapur, yang bisa jadi pertimbangan Anda, antara lain:


1. Ruang dapur terlihat lebih rapi 


Penggunaan rak piring gantung akan memberikan kesan dapur yang rapi. Anda juga akan lebih mudah untuk mencari alat makan atau alat masak yang dibutuhkan.


2. Praktis dan mudah dipindah tempat


Kecuali rak piring gantung model built in dan model tertutup, rak piring gantung biasanya mudah dipindah tempatkan sehingga lebih praktis. Sangat cocok untuk Anda yang sering berpindah tempat tinggal atau cepat bosan dengan penataan ruangan.


3. Tidak mudah dijangkau anak-anak


Di area dapur, Anda pasti meletakkan dan menyimpan berbagai alat masak atau alat makan yang tajam dan cukup berbahaya. Misalnya, pisau, garpu, atau peralatan lainnya yang terbuat dari bahan pecah belah. Saat tanpa sengaja digunakan oleh anak-anak, itu bisa membahayakan keselamatannya. 

Menggunakan rak piring gantung untuk menyimpan berbagai peralatan masak dan makan, termasuk yang tajam dan cukup berbahaya adalah solusi terbaik. Ini karena, anak-anak tidak akan sampai untuk menjangkau rak piring gantung tempat Anda menyimpan peralatan yang cukup berbahaya. Anda nyaman, anak aman!


Itulah lima model rak piring gantung sebagai alternatif tempat penyimpanan berbagai peralatan makan dan masak, sekaligus kelebihannya. Semoga bermanfaat.





Teaser photo by Beazy on Unsplash
Penulis : Calvin
Editor : Raisa Benaya Ranti & Zaza