Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya dan kulturnya. Dalam hal ini, budaya dan kultur menjadi hal yang kental dan kerap kali diterapkan dalam berbagai bidang dan industri, mulai dari industri pariwisata hingga industri pangan. Selain industri asitektur yang membawakan kultur dan budaya khas Indonesia, industri fashion juga salah satunya yang bisa mengimplementasikan budaya dalam balutan kain.




Seperti halnya perjalanan Ria Miranda, seorang fashion designer ternama berdarah Minang yang berperan dalam membawakan budaya Indonesia. Lewat karya-karyanya selama ini. Pada tahun 2023 ini, Ria merilis koleksi Minang Dekade, sebagai perayaan sepuluh tahun koleksi Minang Heritage dari RiaMiranda yang akan diadakan di gerai RiaMiranda Pondok Indah Mall 2 pada tanggal 13 - 19 Februari 2023. 




Selama 13 tahun berdiri, koleksi RiaMiranda selalu terinspirasi dari tanah kelahirannya, tanah Minang. Koleksi Minang pertama kali dipersembahkan Ria pada tahun 2012 di Jakarta Fashion Week, dan disambut baik oleh masyarakat. Lalu di tahun 2023, Koleksi Minang akan hadir dengan konsep yang berbeda dari sembilan tahun sebelumnya.






Koleksi yang menandakan perjalanan 10 tahun brand RiaMiranda ini dirangkum dalam ukiran Rumah Gadang, dengan detail ukiran kayu yang melingkari pada dindingnya. Selain mengangkat pattern dari objek yang berbeda, koleksi Minang tahun ini juga berbeda dari segi cutting, proporsi, dan tone color.




Ukiran yang diambil dari Rumah Gadang memiliki gaya tradisional yang dibuat kembali oleh RiaMiranda Team menjadi lebih modern. Koleksi terbaru RiaMiranda menampilkan siluet A-Line, detail pleats, embroidery, payet, dan printed fabric.



Sumber Foto: RiaMiranda
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira