Republic of Fritz Hansen selalu bekerjasama dengan desainer-desainer terkenal dan membawakan desain yang tak lekang oleh waktu, Kaiser Dell lamp salah satunya. Lampu ini merupakan rancangan Christian Dell, seorang silversmith dan desainer asal Jerman.

Nama koleksi legendarisnya ini diambil dari perpaduan antara kata idea dan nama belakangnya, Kartell, sehingga menjadi Idell. Sedangkan kata Kaiser diambil dari nama manufaktur di jaman itu.

Dell sempat bekerja di workshop milik art school Bauhaus di Weimar, Jerman dan berperan penting sebagai sosok di balik desain-desain pionir di sana. Di tempat inspiratif inilah Kaiser Dell lahir dan dapat dikatakan asli dari Bauhaus.


Serangkaian koleksi Kaiser Idell berawal hanya dari satu model yang ia sketsa dan produksi pada tahun 1936 berjudul 6631 Luxus table lamp. Dengan berjalannya waktu, desainnya pun berkembang menjadi floor, table tiltable, pendant, small table, wall, dan scissor lamp.

Walaupun memiliki penempatan fungsi yang berbeda-beda, karakteristik Kaiser Idell dapat dilihat secara seragam dari bentuk patented swivel joint dan dome embossed.






Terbuat dari baja dan kuningan, lampu ini diselimuti oleh warna black, matt black, ivory, white, ruby red, dark green, mint green, dan dark blue. Berkat bentuknya yang kontemporer, ragam koleksi ini dapat bersandingan dengan furnitur Fritz Hansen lainnya di showroomnya di Pacific Place.

Foto oleh Republic of Fritz Hansen