Keterbatasan budget sering kali menjadi hambatan dalam upaya mendekorasi tempat tinggal untuk membuatnya lebih menarik untuk dipandang dengan bantuan konsultasi profesional di bidang arsitektur dan desain interior. Namun, beberapa tahun ke belakang hadir sebuah tren yang memungkinkan para pemilik hunian untuk mempercantik interior hunian secara mandiri.


Inspirasi Dekorasi Interior Secara DIY


Tren tersebut dikenal dengan istilah DIY (Do It Yourself). Sesuai dengan istilahnya, pemilik rumah atau apartemen dapat membuat aksesori untuk melengkapi keindahan interiornya tanpa bantuan orang lain. Keunikan DIY juga mengharuskan pemilik rumah untuk memaksimalkan barang-barang yang ada dan menyulapnya menjadi sesuatu yang menarik perhatian.


Berikut adalah tips mendekorasi interior secara DIY yang mudah Anda aplikasikan sendiri


1. Gunakan sponge untuk membuat motif daun


Inspirasi Dekorasi Interior Secara DIY


Anda dapat hadirkan nuansa alam pada interior dengan hanya bantuan sponge dan sedikit imajinasi, Pertama-tama ubah warna seluruh dinding dengan cat warna hijau gelap terlebih dahulu sebagai warna dasar. Setelah mengering, gunakan sponge untuk berikan pola pada dinding menyerupai bentuk daun pakis dengan cat pelapis colour motion berwarna hijau yang lebih muda untuk menghidupkan suasanya.


2. Gabungkan LED dan batang pohon menjadi lampu


Inspirasi Dekorasi Interior Secara DIY


Untuk menambah keunikan, Anda bisa coba untuk hadirkan elemen pencahayaan interior menggunakan bantuan batang pohon dan akrilik. Pertama, Siapkan bohlam LED berukuran kecil yang dipasang di dinding. Kedua, potong batang pohon yang masih memiliki daun menjadi dua, sambung kembali menggunakan akrilik berbentuk silinder. Atur posisi tempatkan gabungan pohon dan akrilik di atas pot kecil. Atur posisi tabung akrilik yang transparan sehingga membelakangi LED dengan sesuai dan memiliki bias cahaya yang cukup.




3. Rancang furnitur portable untuk ruang keluarga di apartemen



Inspirasi Dekorasi Interior Secara DIY


Mensiasati keterbatasan ruang di apartemen, anda bisa mulai merancang meja portable gantung yang dapat berfungsi juga sebagai rak penyimpanan. Letakan di dinding yang memisah ruang dan jadikan meja tersebut sebagai sekat antara ruang keluarga dan ruang kerja Anda sehingga hasilkan penataan yang rapi dan minimalis. Pastikan pemilihan warna yang Anda pilih tidak terlalu jauh dari rona interior saat pertama kali dirancang, agar mampu melebur manis.


4. Pilih kombinasi warna yang dapat hadirkan semangat


Inspirasi Dekorasi Interior Secara DIY


Untuk menambah kenyamanan di aparteremen, Anda bisa dekor ruang keluarga dengan warna cat yang mampu membangkitkan semangat, seperti paduan warna biru dan palet earthy. Lengkapi juga ruangan tersebut dengan furnitur-furnitur berwarna netral, seperti warna cokelat.

Jika sudah selesai bermain warna, mulai tata ruang kerja Anda. Usahakan ruang kerja di unit apartemen Anda berada dekat dengan jendela. Pemandangan kota yang beragam, serta pepohonan dapat menambah suasana yang tenang.


Inspirasi mengenai teknik dan hasil DIY untuk elemen interior juga sudah banyak tersebar di internet serta platform sosial media, hingga program televisi. Salah satu acara tv yang memberi informasi tentang cara-cara mendekorasi interior rumah dan apartemen adalah Master Desain Apartemen yang tayang di GTV setiap Sabtu, pukul 15.30 WIB.


Sumber foto: dok. Master Desain Apartemen