Melepas penat dan menikmati keindahan sekitar kastil yang masih dijaga kelestariannya, kastil Balmoral yang terletak di Aberdeenshire, Skotlandia, menjadi rumah berlibur keluarga kerajaan Inggris.


Berawal dari hobi Ratu Victoria yaitu membaca buku-buku karya penulis asal Skotlandia, ratu kemudian memutuskan untuk memiliki sebuah rumah di area Balmoral, salah satu kawasan pegunungan di Skotlandia.



Kastil Balmoral menjadi rumah berlibur keluarga kerajaan Inggris / April Ramadhan


Tempat yang sekarang menjadi kediaman keluarga Ratu Elizabeth, pengunjung dapat mengelilingi rumah berliburnya saat keluarga kerajaan sedang tidak di tempat, dan melihat keasrian lanskap sekitar kastil yang dihias oleh ratu sendiri karena kecintaannya pada berkebun.


Baca juga: Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini


Tidak jauh dari kastil, sebuah bangunan yang sebelumnya merupakan stasiun kereta api yang menjadi akses ratu setiap kali berkunjung, sekarang telah beralih fungsi dan direnovasi menjadi sebuah kafe, lengkap dengan tea room yang memfasilitasi kegiatan khas warga Inggris yaitu minum teh di sore hari.



Suasana kafe The Carriage yang digubah dari stasiun kereta api / April Ramadhan


Buka pada pukul tiga sore, pengunjung dapat menikmati pilihan teh dan santapan kue kecil yang beragam, tersaji pada sebuah nampan bertingkat. Terasa sekali suasana stasiun yang tetap ingin diabadikan sejarahnya melalui interior kafe yang menggunakan elemen-elemen dekoratif seperti dinding berpanel kayu maupun papan signage.




 

Tampilan fasad kastil Craigievar yang menginspirasi Walt Disney / April Ramadhan


Kunjungan ke Aberdeenshire tidak akan lengkap tanpa melihat langsung kastil yang menjadi salah satu inspirasi Walt Disney, yaitu kastil Craigievar. Dibangun pada tahun 1626, ciri khas hadir dari penggunaan warna merah muda pada seluruh bangunan kastil dan juga bentuk puncak menara kastil yang mengerucut. Kedua elemen ini menjadi inspirasi dalam menciptakan kastil tokoh kartun Cinderella.


Baca juga: Samujana Villa: Liburan Terindah di Thailand


Menikmati keindahan Aberdeenshire lainnya bisa dengan menginap pada pegunungan Cairngorm yang telah menjadi destinasi para turis maupun warga lokal yang hendak berkemah.



Expedia


Terdapat banyak pusat perkemahan, termasuk Glenmore Glamping Park yang menawarkan pengalaman berkemah dengan fasilitas yang lebih modern. Area yang terdiri dari tiga kabin ini memiliki posisi yang sangat strategis dan mudah ditemukan dari akses jalan raya.


Setiap pengunjung tidak akan kehabisan aktivitas selama masa singgahnya. Mulai dari mendaki, memancing, bersepeda gunung, berlayar di Loch Morlich, dan juga berkunjung ke Cairngorm Reindeer Centre. Tempat berinteraksi secara langsung dengan gembala rusa tersebut hanya tersedia satu-satunya di pegunungan Cairngorm di Skotlandia.


Teks & Teaser oleh: April Ramadhan