Studio Arsitektur RCKa yang berbasis di London, Inggris telah mengubah deretan toko kosong di London Barat menjadi community kitchen yang lebih hidup.

Berlokasi di Edward Wood Estate di Hammersmith, community kitchen dengan nama Nourish Hub ini dibangun dengan harapan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada food bank.


Dapur Serba Guna dengan Desain yang Welcoming


Selain berfungsi sebagai community kitchen, Nourish Hub juga sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai learning space yang terbuka untuk umum.


Baca juga, Berombak, Fasad Apartemen Ini Terbuat dari Batu Bata


Tempat ini juga menjadi rumah permanen pertama dari UKHarvest, sebuah charity yang berperan membagikan makanan secara gratis.


dapur serba guna dengan desain yang welcoming


beberapa area yang tersedia di nourish hub antara lain adalah sebuah commercial kitchen, teaching kitchen serta area fleksibel yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti sebagai area makan, workspace, classroom atau venue untuk acara tertentu.


Dapur Serba Guna dengan Desain yang Welcoming


Salah satu hal yang cukup menjadi perhatian RCKa saat mendesain area ini adalah keterlibatan komunitas lokal dalam fasilitas ini.


Baca juga, Runway Dior SS22 Haute Couture Dibuka Untuk Umum!




Nourish Hub juga didesain dengan tujuan membuat fasilitas ini terkesan welcoming dan accessible untuk semua orang.


Dapur Serba Guna dengan Desain yang Welcoming


Fasad dari bangunan ini dapat dibuka karena adanya sliding glass doors yang membuat fasilitas menjadi lebih menyatu dengan lingkungan sekitar.

Warna-warna bold pada area eksterior maupun interior juga dipilih untuk menghadirkan suasana friendly yang welcoming secara keseluruhan.


Teks oleh: Shabrina P. Nisakara
Sumber foto dan teaser: Francisco Ibáñez Hantke