Memiliki kamar mandi yang indah nan rapi merupakan idaman banyak orang. Untuk bisa mewujudkan kamar mandi yang rapi sebagian besar orang menata barang-barangnya ke dalam kabinet atau lemari. Namun, selain melakukan hal itu, Anda juga dapat membuat shower niche.


Apa Itu Shower Niche?


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

mercurymosaics.com


Sebelum membuat shower niche, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu pengertiannya. Shower niche adalah tempat penyimpanan terbuka yang merupakan bagian dari area shower dan dibangun secara built-in di dinding. Shower niche biasanya dimanfaatkan untuk menaruh keperluan kamar mandi seperti sabun, shampo hingga pasta gigi agar mudah dicapai saat ingin digunakan.

Selain dibuat di area shower, shower niche juga dapat dibuat di area bathtub.


Tips Membuat Shower Niche

Apabila sudah yakin ingin membuat shower niche di kamar mandi Anda, berikut beberapa tips yang perlu diketahui agar shower niche Anda dapat berhasil dibuat dengan indah dan fungsional.


1. Perhatikan aksesibilitas dari shower niche

Terdapat banyak pilihan penempatan tinggi shower niche di kamar mandi, namun hal ini tidak dapat direncanakan dengan sembarangan.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

decorpad.com


Tinggi shower niche harus dibuat tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah sehingga dapat menjadi aksesibel untuk pengguna kamar mandi menggapainya.



Penyesuaian tinggi shower niche juga harus diperhatikan apabila kamar mandi sering digunakan oleh anak-anak. Dengan demikian tinggi shower niche juga harus disesuaikan dengan tinggi anak-anak.


Baca juga, 8 Ide Kabinet untuk Kamar Mandi Kecil


2. Perhatikan kebersihan shower niche

Selain untuk alasan aksesibilitas, penempatan tinggi shower niche juga perlu diperhatikan untuk kebersihan dan keamanan pengguna. Penempatan yang terlalu rendah akan menyebabkan shower niche menjadi sering terciprat air, hal ini dapat menjadi masalah apabila pemasangan shower niche tidak dilakukan dengan tahap waterproofing yang benar.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

homesandgardens.com


Apabila terlalu sering terciprat air, shower niche yang tidak dibuat dengan tahapan yang benar dapat menimbulkan masalah seperti tumbuhnya jamur atau lumut di bagian dalam dinding.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

decortango.com


Tips dari AlaCASA, untuk menjaga kebersihan dari shower niche, tempatkanlah shower niche di area yang lebih tinggi sehingga lebih mudah untuk diakses apabila ingin dibersihkan.


3. Pertimbangkan ukuran dari rak

Saat merencanakan pembuatan shower niche, pertimbangan ukuran dari rak juga perlu untuk diperhatikan. Sebelum menentukan ukuran rak, ketahui terlebih dahulu barang apa saja yang kemungkinan akan Anda simpan di shower niche.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

thecozyclarks.com


Sebagian orang hanya membutuhkan tempat untuk menaruh botol sabun dan sampo yang berukuran kecil, sebagian orang lainnya mungkin memerlukan tempat yang lebih luas untuk kebutuhannya yang lain.

Apabila sudah memiliki gambaran, kemudian Anda dapat mulai menyesuaikan ukuran rak shower niche dengan kebutuhan Anda.


4. Pilih material rak yang tepat

Untuk membuat shower niche yang awet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan material rak yang tepat. Tidak jarang orang melakukan kesalahan dengan memilih material rak yang salah. Pemilihan material yang salah dapat membuat rak menjadi cepat kotor, berkerak serta rusak.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

houzz.com


Tips dari AlaCASA, Anda dapat memilih rak shower niche yang terbuat dari material kaca. Material ini memiliki tampilan yang sleek, mudah dibersihkan dan kokoh.




Baca juga, 6 Perlengkapan Kamar Mandi Ajaib yang Tak Terbayangkan!


5. Pastikan untuk memasang waterproofing

Saat merencanakan pembuatan shower niche, sebagian orang lebih mementingkan aksesibilitas dan sebagian lainnya lebih mementingkan estetika. Namun sebenarnya yang tidak terpenting adalah pemasangan waterproofing saat menginstal shower niche.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

makeitright.ca


Tanpa memasang waterproofing membrane, shower niche dapat menjadi rusak seiring berjalannya waktu.


5 Tips Bikin Tempat Sabun di Kamar Mandi

zephyrandstone.com.au


Kerusakan dimulai dengan munculnya retakan halus yang tidak terlihat, retakan ini kemudian menjadi jalan masuk air ke dalam dinding yang dapat menimbulkan pembusukkan di dalam dinding.


Teks oleh: Shabrina P. Nisakara
Sumber teaser: architectureanddesign.com.au