Kolaborasi Raffles Jakarta dengan JKT.Creative melalui program Sustainable Staycation, Raffles Jakarta memperkuat komitmennya untuk melibatkan pelanggan, berinovasi dengan mitra, dan bekerja dengan komunitas lokal. Didirikan oleh Iwet Ramadhan pada tahun 2019, JKT.Creative bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan menjembatani kesenjangan antara profesional kreatif dan penghuni perumahan (rusun) subsidi.

Bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh Raffles Jakarta dan Veuve Clicquot yang bekerjasama dengan JKT.Creative adalah responsible fashion initiative dengan meluncurkan pilot project, yaitu produk fashion upcycling yang terbuat dari linen hotel. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah tekstil hotel di Jakarta sekaligus meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap fashion upcycling.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Tidak hanya fokus terhadap fashion upcycling, program ini juga mengadakan acara talkshow bernama a bold conversation yang mengundang beberapa narasumber, salah satunya yaitu Najwa Shihab.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Acara talkshow tersebut dilaksanakan di The Dining Room, Raffles Jakarta. Ruangan yang memiliki suasana menghadap ke cakrawala kota Jakarta yang disusun dengan rapi dan nyaman, sehingga memberikan pengalaman bersantap dan mendengarkan talkshow lebih menarik untuk dinikmati.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Pada acara tersebut juga terdapat stand yang menyuguhkan produk yang mengusung konsep Fashion Responsible. Produk tersebut diproduksi oleh Ibu Rusun dan JKT Creative dari linen hotel. Produk tersebut juga akan dibagikan kepada tamu hotel yang memesan Sustainable Staycation. Di mana akan ada kategori tertentu yang akan mendapatkan kemeja bordir hasil daur ulang (hand-embroidered shirt) dan creative pouch.


Baca juga, Ruang Kreatif Bernuansa Alam di Jakarta Barat


Untuk setiap yang menginap di kategori Kamar Raffles, tamu akan menerima kantong kreatif sementara tamu di kategori Suite menerima kemeja.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Kemeja bordir hasil daur ulang (hand-embroidered shirt) yang memiliki motif indah ini merupakan hasil dari linen hotel. Untuk setiap pemesanan sustainable staycation programs kategori Suit, maka akan mendapatkan kemeja yang indah ini.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022




Creative pouch dengan desain simple dan elegan ini merupakan hasil dari empower womens dalam menciptakan sebuah produk. Untuk setiap pemesanan sustainable staycation programs kategori Raffles Room, maka akan mendapatkan creative pouch.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Mengintip salah satu rooms suite, yaitu Artist Suite Room Raffles Jakarta yang menyuguhkan panorama Jakarta. Kamar tidur utama yang terpisah, ruang tamu, serta kamar mandi marmer yang luas dengan bathtub dan walk in shower. Artist Suite Room ini memiliki luas 97 meter persegi yang bisa dihuni oleh dua orang.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Baca juga, Furnitur Modular Ini Siap Jadi Solusi Sustainability


Tak hanya itu, pada program sustainable staycation ini, Raffles Jakarta juga menyediakan Raffles Room sebagai salah pendukung program. Kamar ini memberikan nuansa junior suite, dengan panel geser yang menyembunyikan kamar tidur dari area lounge, untuk privasi ekstra. Kamar mandinya memiliki proporsi yang luas, dan bersebelahan dengan ruang ganti terpisah dengan meja rias. Raffles Room ini memiliki luas 60 meter persegi yang bisa dihuni oleh dua orang.


Kolaborasi Sustainable Programs pada IWD 2022


Para pengunjung bisa menikmati sustainable staycation dan mendapatkan merchandise dari pemberdayaan perempuan kurang mampu dari kolaborasi Raffles Jakarta dan JKT.Creative.


Teks oleh: Aditya Hamdani
Sumber teaser dan foto: Raffles Jakarta