Halaman rumah merupakan area terdepan dari sebuah rumah. Sebelum memasuki area dalam rumah, baik Anda dan anggota keluarga serta tamu yang datang, halaman rumah menjadi area pertama yang terlihat. Untuk itu, sangat penting membuat area halaman depan rumah ini tampak lebih cantik, indah, dan rapi. 


Anda bisa menanam beberapa pohon dan tanaman di halaman rumah, menambahkan kolam ikan jika Anda memiliki halaman rumah yang luas, atau cukup gunakan paving block. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menanam ataupun mengurus taman, paving block adalah solusi yang tepat untuk membuat area depan rumah terlihat lebih rapi dan tidak gersang. 


Berikut ini beberapa model paving block yang bisa Anda gunakan pada halaman rumah. 


1. Model paving block pola susun bata 


(photo: mansyur hasan (@mansyurhasan @mansyurhasan_photography) / arsitek & interior: simple project architecture (@simpleprojectsarchitecture)



(photo by anaterate on pixabay)


ini adalah model paving block yang paling sederhana, tetapi tetap bisa membuat halaman rumah anda terlihat lebih rapi dan menarik. ukuran block yang digunakan umumnya sama satu dengan yang lainnya. kemudian, susun block mirip dengan pemasangan batu bata pada dinding, yakni block untuk paving disusun secara memajang dengan sambungan antar block dibuat berselang-seling. 


2. model paving block pola tulang ikan tegak lurus


(desain dan kontraktor: strobel design build (@strobeldesignbuild)



(photo: sketchuptextureclub.com / pinterest)


pemasangan paving block dengan pola tulang ikan tegak lurus merupakan pola pemasangan yang paling sering digunakan. ini akan membuat halaman rumah anda terlihat semakin menarik. pada paving block pola tulang ikan tegak lurus, block disusun secara tegak lurus membentuk suduh 90 derajat.


3. model paving block pola lurus sejajar


(photo: fine projects ( @fineprojects) / arsitek: kara architecture (@kara.architecture))



(photo by geralt on pixabay) 


pemasangan paving block dengan pola lurus sejajar sangat pas membuat hunian terlihat rapi. aplikasikan paving, baik itu yang berbentuk persegi atau persegi panjang, pada garasi rumah secara berjajar. ini akan semakin menonjolkan konsep hunian minimalis. gunakan paving dengan warna abu-abu sehingga semakin terlihat menyatu dengan konsep rumah minimalis.


4. model paving block dengan menggabungkan berbagai ukuran dan bentuk


(photo: mansyur hasan (@mansyurhasan @mansyurhasan_photography) / arsitek: andyrahman architect (@andyrahman.architect))


bosan dengan tampilan paving block dengan ukuran seragam? solusinya kombinasikan berbagai ukuran untuk beberapa bagian rumah. paving ukuran besar bisa diterapkan pada bagian halaman rumah, sementara paving segi enam bisa digunakan pada bagian terluar dari halaman rumah. 


supaya rumah terlihat hangat tambahkan paving ukuran lebih kecil berwarna coklat lalu ditata dengan sejajar pada bagian entrance way.


5. model paving block pola lingkaran


(photo by ddp on unsplash)


pola yang satu ini terbilang sangat unik karena penyusunan block-nya dibuat sedemikian rupa sampai membentuk lingkaran ataupun setengah lingkaran. beberapa di antaranya hanya membentuk pola lingkaran pada bagian tengahnya saja, atau hanya membentuk pola setengah lingkaran pada bagian sudut-sudutnya saja. tentunya itu disesuaikan lagi dengan pilihan masing-masing dan hasil yang anda inginkan. 


6. model paving block yang dipasang menyilang


(arsitek: atelier riri (@atelier_riri)



(photo: westviewconcrete.com / pinterest)




pola paving block yang satu ini tergolong unik karena penyusunannya dibuat menyilang, dan ada celah kosong di bagian antara paving yang bisa anda tanami dengan rumput hijau untuk menambah nilai estetika. 


7. model paving block dari bata ekspos


(steel windows & doors by firerock building materials (@firerock_inc))



(photo: winkleightimber.co.uk)


model paving block halaman rumah dari bata ekspos akan membuat bagian depan rumah anda terlihat semakin menarik dan unik. 


8. model paving block berbentuk segi delapan


(photo: mansyur hasan (@mansyurhasan_photography) / arsitektur: andyrahman architect (@andyrahman.architect))



(photo by anaterate on pixabay) 


model paving block segi delapan merupakan model yang paling umum, namun selalu menjadi incaran para pemilik rumah. pasalnya, model paving block seperti ini, dengan rumput-rumput yang tumbuh di celah-celahnya, bisa memberi kesan alami dan asri pada hunian anda. 


9. model paving block pola acak 


(photo: @kiearch / arsitek: @ruangrona)



(photo by anaterate on pixabay) 


jika ingin menghadirkan kesan unik ke halaman rumah, anda bisa coba model paving block pola acak yang satu ini. sebenarnya, model paving block pola ini tidak benar-benar acak, karena block untuk paving tetap disusun secara rapi, namun ukuran block yang digunakan berbeda-beda; besar dan kecil, itu membuatnya seolah terlihat acak. menerapkan model paving block seperti ini akan membuat halaman rumah anda terlihat lebih menarik.


10. model paving block persegi panjang dengan penyusunan satu arah


(photo: mario wibowo (@mariowibowo_) / arsitek: ismail solehudin architecture (@ismailsolehudinarchitecture))



(Photo: gardenista.com / Pinterest)


Satu lagi model paving block yang bisa Anda terapkan pada halaman rumah adalah model paving block persegi panjang yang disusun satu arah. Itu akan memberikan kesan halaman rumah yang lebih panjang dan tidak sempit. 



Itulah beberapa rekomendasi model paving block yang bisa terapkan untuk mempercantik halaman rumah Anda. Beberapa rekomendasi tadi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi halaman rumah Anda. 





Photo teaser by Mansyur Hasan (@mansyurhasan @mansyurhasan_photography) / Arsitek: Andyrahman Architect (@andyrahman.architect))
Penulis : Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza