Saat ini ada banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan hias di rumah dalam aquarium. Selain untuk menyalurkan hobi, memelihara ikan hias dalam aquarium juga dapat membantu Anda meredakan stres. Keberadaan aquarium ini dapat pula menjadi dekorasi menonjol dalam ruangan. 


Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa meletakkan aquarium di atas meja aquarium minimalis yang unik, menarik, dan berbeda. Berikut ini ide meja aquarium minimalis yang bisa Anda pilih dan jadi inspirasi. 


1. Meja aquarium minimalis dari kayu dengan vertikal garden



Furnitur kayu memang tidak pernah gagal untuk mempercantik ruangan di rumah, apalagi jika diatasnya diletakkan aquarium ikan hias. Material kayu ini sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai konsep rumah. 


Pada bagian atas dinding meja aquarium, Anda bisa menambahkan vertikal garden yang akan semakin menambah nilai estetika ruangan. Satu lagi, perhatikan pencahayaan di sekitar aquarium agar penampilannya semakin menarik dan indah. Itu juga dapat membantu pertumbuhan ikan hias. 


2. Meja aquarium minimalis dengan cabinet


(photo: @jamals_aqua_arc / light: @aquaoneau / co2: @dymax.australia)


ide desain meja aquarium minimalis berikutnya adalah meja aquarium dengan cabinet. model meja aquarium seperti ini dapat berfungsi ganda; sebagai meja aquarium sekaligus tempat penyimpanan tambahan untuk barang-barang lainnya. dengan begitu, anda bisa lebih menghemat space di dalam ruangan, bukan?


3. meja aquarium minimalis dari kaca


(photo: biorb (@biorbuk))


tampilannya yang clear jadi salah satu alasan utama meja aquarium minimalis dari kaca kerap menjadi favorit. itu sungguh bisa meningkatkan nilai estetika ruangan. 


semua orang yang datang berkunjung akan mendapatkan suguhan pemandangan ikan hias yang cantik dengan jelas.


namun perlu diingat, meski meja aquarium kaca ini terlihat menari, tetapi sangat penting untuk memperhatikan keamanannya. pilih dan gunakan material kaca yang tebal dan kuat, sehingga tidak akan membahayakan keselamatan anggota keluarga (dan tamu yang datang berkunjung).


4. meja aquarium minimalis yang menyatu


(photo: arka aquatics / pinterest)


model meja aquarium ini sungguh sangat praktis, namun tetap unik dan memiliki nilai estetika tinggi, karena dibuat saling menyatu antara meja dan aquarium. 


letakkan meja aquarium yang menyatu ini sebagai partisi ruangan, karena selain berfungsi sebagai pembatas ruangan itu juga bisa jadi dekorasi interior ruangan yang bisa dinikmati dari dua sisi.


5. meja aquarium minimalis multifungsi


(photo: wayfair.com)




model meja aquarium minimalis multifungsi sangat tepat untuk rumah dengan konsep kontemporer yang membutuhkan furnitur yang unik dan tidak biasa. 


selain berfungsi sebagai aquarium pada umumnya, ini juga berfungsi sebagai meja tamu sekaligus focal point untuk menambah nilai estetika ruangan. 


meja aquarium ini memiliki basis tangki yang dibuat dari akrilik tahan uv dan bagian atasnya ditutup dengan kaca bening tebal, tetapi sleek, yang dapat dilepas. 


6. meja aquarium minimalis berbentuk bulat


(photo: biorb (@biorbuk))


model meja aquarium minimalis yang satu ini sangat cocok buat anda yang memiliki aquarium berbentuk bulat. pilihlah yang berbahan metal kuat sehingga mampu menopang aquarium dengan baik. warna hitam pada meja aquarium ini juga bisa menambah kesan minimalis pada ruangan (dan, cocok dipadukan dengan konsep ruangan atau warna apapun). 


itulah beberapa ide meja aquarium minimalis untuk ikan hias anda, sekaligus dekorasi yang menonjol untuk ruangan di rumah anda. 


7. meja aquarium minimalis sekaligus jadi kitchen island


(Design by Robert Kolenik)


Saat ini, ?aquarium didesain secara estetik yang bisa menjadi titik focal bagi ruangan tersebut— mencuri perhatian orang-orang yang melihatnya. Agar semakin fungsional, Anda bisa membuat meja aquarium minimalis sekaligus jadi kitchen island. Dirancang oleh Robert Kolenik, ini adalah kitchen island pada umumnya, tapi di bagian bawahnya alih-alih cabinet, tetapi justru aquarium yang cantik. 


8. Aquarium minimalis sekaligus jadi dekorasi dan aksen


(Photo: Homedesign.com)


Satu lagi, ide meja aquarium yang multifungsi yang bisa menjadi dekorasi sekaligus aksen yang unik dan menonjol di rumah Anda. Dengan menggunakan kotak kaca dengan bagian sudut melengkung, ini bisa menguatkan kesan minimalis. Penggunaan warna merah di bagian sisi aquarium menjadikan aksen focal yang membuatnya terlihat modern dan mewah. 


Meskipun bentuk dan ukurannya sedikit berbeda dengan aquarium pada umumnya, namun itu tidak mengurangi fungsinya sebagai rumah untuk peliharaan ikan hias. 




Teaser: Design by Robert Kolenik
Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza