Banyak perusahaan dan bangunan perkantoran yang kini mengedepankan konsep kantor yang nyaman, modern dan minimalis, agar para karyawan lebih bersemangat dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan mereka.  



Secara umum, desain kantor minimalis biasanya lebih menekankan pada memaksimalkan fungsi ruangan tanpa banyak dekorasi interior. Berikut ini beberapa ide desain kantor minimalis yang nyaman untuk tingkatkan produktivitas kerja. 


1. Desain kantor bermaterial kayu


(Photo: Ovieekaoru (@ovieekaoru))


Desain kantor bermaterial kayu bisa menjadi ide desain kantor minimalis untuk kerja yang lebih produktif. Desain ini diklaim lebih ramah lingkungan sekaligus memiliki daya tahan yang kuat, terutama jika menggunakan jenis kayu berkualitas tinggi. Dengan menggunakan material kayu, Anda bisa mendapatkan kesan ruangan kantor yang lebih sejuk, natural, dan hangat. 

Penggunaan material kayu pada ruangan kantor tidak harus Anda aplikasikan pada keseluruhan ruangan. Anda bisa mengaplikasikannya pada sebagian dinding ruang kantor, pada lantai ruang kantor, atau cukup dengan furnitur kantor berbahan kayu. 


2. Desain kantor warna hijau


(Design: Blitz Architecture + Interiors / Photography: Donal Murphy / officesnapshots.com)


Pemilihan warna ternyata juga bisa mempengaruhi mood, yang juga dapat membantu kerja lebih produktif. Memasukkan warna hijau pada ruang kantor diyakini bisa memberikan efek menenangkan dan suasana ruangan yang lebih sejuk. Itu bisa membuat kerja lebih tenang dan nyaman. 

Supaya tidak terlihat monoton, Anda bisa memadukan warna hijau dengan warna lainnya, misalnya putih. Untuk membuat ruang kantor terlihat lebih nyaman dan asri, tambahkan juga tanaman hias dalam ruang kerja yang berfungsi sebagai pembersih udara di ruang tertutup sekaligus dekorasi ruangan. 


3. Desain kantor dengan partisi kaca


(Photo: anartfullifestudio.com)


Alih-alih menggunakan partisi kayu atau kubikal, Anda bisa menggunakan partisi kaca untuk membagi ruang atau memisah antar meja kerja. Penggunaan partisi kaca ini dapat membuat ruang kantor terlihat lebih lega dan lapang, tetapi tetap menjaga privasi. 

Kombinasikan partisi kaca dengan furnitur kantor berwarna abu-abu atau putih, dan furnitur yang berbahan stainless steel atau kayu.


4. Desain kantor bergaya modern industrial


(Photo by Proxyclick Visitor Management System on Pexels)


Konsep modern industrial dapat Anda terapkan ke dalam ruang kantor.  Beberapa ciri khas dari gaya industrial yakni penggunaan dinding kantor yang tidak dilakukan finishing, bagian langit-langit ruang kantor yang dibiarkan tanpa plafon, dan penggunaan beberapa material kokoh seperti stainless steel, kayu, atau kaca. 


5. Desain kantor dengan warna-warna pastel


(Photo by Yolk CoWorking - Krakow on Unsplash)


Desain kantor minimalis dengan warna-warna pastel seperti ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan mood. Suasana hati yang baik dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Supaya keseluruhan tampilan ruang kerja lebih senada, gunakan pula furnitur, seperti kursi kerja dengan warna-warna pastel. 

Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan meja minimalis dengan kaki ramping yang tidak akan membuat ruangan sempit terlihat ‘penuh’.


6. Desain kantor full color


(Photo & design: Ashley / sugarandcloth.com)


Selain warna pastel, penggunaan warna-warna ceria dan playful juga akan lebih mendorong dan meningkatkan produktivitas kerja menjadi lebih baik.

Salah satu jenis warna ceria yang direkomendasikan untuk diaplikasikan di ruang kantor atau ruang kerja adalah warna kuning. Warna kuning diketahui bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri, sehingga bisa memiliki komunikasi yang baik dan mengaktifkan daya ingat menjadi lebih baik.

Selain kuning, warna merah juga termasuk warna ceria yang direkomendasikan untuk diaplikasikan di ruang kantor. Pasalnya, warna ini bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja dan memberi semangat.


Itulah beberapa ide desain kantor yang bisa jadi inspirasi Anda dalam menciptakan ruang kantor yang nyaman dan bisa mendorong produktivitas kerja. Pastikan Anda menata semua barang, furnitur, dan dekorasi dengan rapi dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga ruang kantor mempunyai sistem penerangan dan sirkulasi udara yang baik untuk menghadirkan ruang kerja yang nyaman. 




Teaser: Photo by Yolk CoWorking - Krakow on Unsplash
Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza