Sebagai pemilik rumah, Anda tentu ingin memperindah hunian dengan meningkatkan nilai estetikanya. Selain konsep rumah minimalis, konsep rumah klasik modern juga menjadi konsep rumah favorit. 


Pada dasarnya, rumah dengan desain klasik modern adalah desain rumah yang memadukan konsep klasik dan modern di dalamnya. Itu akan membuat rumah tampak mewah dan elegan, namun tetap minimalis. Warna-warna yang digunakan dalam rumah konsep klasik modern biasanya warna netral, seperti warna abu-abu, hitam, putih, dan coklat, yang dipadukan dengan warna emas untuk memberi kesan klasik dan elegan. 


Bagi Anda yang tertarik menghadirkan konsep rumah klasik modern ke dalam hunian, berikut ini beberapa inspirasinya. 


Ciri-Ciri Khas Desain Rumah Klasik Modern


1. Mengutamakan nilai fungsional dari rumah dengan pembuatannya yang minimalis.

2. Warna-warna yang digunakan biasanya berada pada spektrum warna netral, seperti warna abu-abu, hitam, putih, dan coklat, yang dipadukan dengan warna emas untuk memberi kesan klasik dan elegan. 

3. Seringkali memadukan furnitur klasik dan modern secara selaras untuk interior rumah, sehingga terlihat sinkron dan tidak mencolok. 

4. Desain rumah yang ditampilkan berkesan mewah dengan nuansa klasik yang sangat terlihat jelas.


Contoh Konsep Rumah Klasik Modern


1. Rumah klasik modern Indonesia 



Buat Anda yang ingin menciptakan hunian dengan konsep rumah modern tradisional Indonesia ke dalam hunian, Anda bisa mengombinasikan warna-warna netral, seperti light grey atau putih pada dinding rumah, dengan penggunaan unsur kayu, misalnya pada pintu, jendela, atau memberi highlight kayu pada fasad rumah. 


Material kayu terbilang verstaile yang artinya bisa dipadukan dengan berbagai konsep rumah, termasuk rumah modern tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ornamen dekoratif khas Indonesia pada bagian pintu atau flooring yang akan semakin menguatkan kesan konsep rumah ini.  


Tambahkan beberapa pepohonan hijau di halaman rumah untuk memberikan udara sejuk dan kesan rumah yang lebih asri. 


2. Rumah klasik modern bergaya Spanyol


(designed by stocker hoestery montenegro / shmarchitects.com)


rumah klasik modern bergaya spanyol seperti ini tengah menjadi tren, karena kesan elegan kuat di dalam desainnya. penggunaan pilar rumah dan jendela yang banyak, serta lengkungan pada bagian fasad rumah, pintu, dan jendela menjadi ciri khas utama arsitektur mediterania spanyol. 


anda bisa mengombinasikan warna putih gading dengan warna merah tua atau biru cobalt untuk kesan klasik rumah gaya mediterania spanyol. pada bagian atap tetap gunakan genteng tanah liat warna teracotta.




3. rumah klasik modern bergaya prancis


(jenny martin design / idesignarch.com)


rumah bergaya klasik prancis umumnya memiliki kesan artsy dan elegan, yang mengacu pada rumah pedesaan prancis (french countryside home). 


atap yang curam, serta pintu dan jendela besar melengkung menjadi ciri khas rumah bergaya prancis. 


untuk semakin menonjolkan kesan rumah klasik modern prancis, anda bisa fokus pada desain interior rumah yang biasanya dilengkapi dengan lantai parket yang ditata dalam pola chevron atau herringbone. langit-langit rumah bergaya prancis juga biasnaya dibuat tinggi dengan pintu tinggi dan jendela besar yang bisa memaksimalkan masuknya pencahayaan alami ke dalam rumah. 


untuk kesan modern, anda bisa menggunakan warna putih gading yang dipadukan dengan warna emas untuk kesan klasik. satu lagi, pada bagian atas jendela, pintu, atau sepanjang bagian atas dinding interior, tambahkan cornice, atau ornamen dekoratif, sebagai salah satu ciri khas rumah prancis.


4. rumah klasik modern bergaya amerika


(Design: Peterssen/Keller Architecture / Builder: Reuter Walton Construction, Inc.)


Rumah klasik bergaya Amerika biasanya terkesan elegan, tapi tetap homey, dengan bangunan yang kokoh, banyak jendela berukuran besar, dan halaman yang luas. Saat dipadukan dengan unsur modern, itu bisa menjadi konsep hunian yang sangat menarik. 

Pada hunian, Anda bisa merombak bagian atap menjadi curam dan menerapkan banyak jendela dengan ukuran dan bentuk seragam pada bagian depan rumah, yang berfungsi sebagai ventilasi udara sekaligus dekorasi.

Supaya kesan modern semakin menonjol, biasanya warna putih dan abu-abu dipilih sebagai warna dasar cat dinding. 

Pada keseluruhan dinding bagian luar rumah biasanya tidak dibiarkan polos, tetapi diberi aksen garis horizontal atau vertikal—mirip seperti desain cottage house. 

Tidak ketinggalan dengan penggunaan material besi sebagai ornamen, baik itu pada jendela, railing teras, atau pagar rumah, yang akan membuat hunian tampak lebih hidup.


Itulah empat inspirasi rumah dengan konsep klasik modern yang bisa Anda tiru. 






Teaser: Designed by Stocker Hoestery Montenegro / shmarchitects.com
Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza