Memiliki taman di hunian yang sejuk, rindang, dan effortless chic adalah idaman semua orang. Terlebih jika perawatannya mudah dan sesuai dengan keseluruhan desain taman yang dapat menambah nilai estetika, serta tampilan charming pada taman muka hunian.

Berikut ini AlaCASA telah merangkum 6 jenis pohon yang bisa dijadikan inspirasi untuk mempercantik dan membuat taman hunian Anda semakin estetik.




1. Lee Kwan Yew

Untuk Anda yang memiliki keterbatasan ruang halaman, bisa pakai lee kwan yew. Karena penempatannya hemat ruang dan menambahkan nilai estetika pada bidang kosong tempat merambatnya pohon ini, seperti dinding atau taman vertikal.

Lee kwan yew salah satu tanaman merambat yang populer saat ini, biasanya dipakai pada dinding muka rumah, dinding dekat kolam renang, dinding pembatas halaman rumah, dan lain-lainnya.




archdaily.com

arsitag


2. pakis brazil

pilihan jenis ini cocok untuk anda yang mencari pohon yang menjulang tinggi. karena dapat terus bertumbuh hingga 10 meter karena pertumbuhannya yang cepat. dengan bentuknya yang unik seperti payung, pohon ini banyak diminati serta sering digunakan sebagai taman rindang, karena bentuk daun dari pohon ini hanya ada di bagian atas menyerupai payung

memang sedikit lebih mahal harganya dari tanaman lainnya, namun pakis brazil termasuk ke dalam tanaman hias estetik yang sering dijadikan koleksi 



localicstudio.com

3. calathea

untuk anda yang sedang mencari tanaman hias yang bisa indoor dan outdoor, pilihan pohon ini sangat tepat. mulai dari perawatannya yang mudah serta pilihan warna yang variatif, dengan begitu bisa disesuaikan dengan dekor interior dan eksterior.





arianne pinterest


saladesign pinterest


calathea roseopicta/rumah.com


calathea zebrina/rumah.com


4. ketapang kencana

bentuknya yang menyerupai pakis brazil membuat secara keseluruhan memiliki nilai estetika yang sama, bedanya pohon ini lebih rindang dengan tajuknya yang mendatar dan berlapis-lapis.

penempatannya cocok untuk taman indoor hingga outdoor. namun perlu diperhatikan dalam penempatannya, karena daun dari ketapang kencana bentuknya kecil, sehingga sulit untuk dibersihkan saat berjatuhan dan menyelip di lobang-lobang. 

rekomendasi alacasa untuk penempatan pohon ketapang kencana adalah sebagai berikut



nimra pinterest

archdaily


debungor.blogspot.com


5. ekor kuda

anda pasti sering melihat tanaman ini pada taman yang memiliki pepohonan pendek, karena jenis pohon ini lebih pendek namun rimbun menyamping karena bunganya yang berbulu. walaupun bunganya yang berbulu, jenis pohon ini termasuk low maintenance dan tetap indah dilihat sebagai tanaman berbunga



writeupcafe

ellen claeys

boomkwekerij pinterest

sentimentaljunkie pinterest

6. kamboja

rekomendasi terakhir dari alacasa ada pohon kamboja yang sudah pasti tanaman estetik untuk pekarangan hunian. dengan bunga yang berwarna-warni dan batang pohon yang bercabang, membuat taman yang dihiasi pohon ini akan menjadi manis dan berwarna



flickr.com

design milk

Pinterest


Foto Teaser: centrallandscapes
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira