Ketika menikmati sebuah karya seni lukis, Anda pasti berekspektasi untuk melihat satu potret dari rangkaian warna untuk satu gambar pada kanvas. Namun bagaimana jika ada dua lukisan dalam satu bidang kanvas?

Seniman asal Spanyol yang bernama Sergi Cadenas secara otodidak sejak umur 30 tahun telah menekuni teknik lukis dengan cat minyak, dan menjadi terkenal berkat karyanya yang menggunakan teknik kinetic optics. 



Dari serangkaian video yang ada di Instagramnya, membuat karyanya semakin dilihat banyak orang. Sampai akhirnya karya seni lukis kinetic optics ini sudah berada di lima museum berbagai negara. Sergi mengatakan bahwa seluruh karya seni lukis yang menggunakan teknik kinetic art dan transformative art adalah hasil belajar otodidak tanpa bantuan teknologi, Seluruh proses pembuatan dibuat secara natural dengan kreatifitas.

Anda dapat menemui karya ini di museum Quidley & Company (USA), Ode To Art (Singapore), Galeria Iturria (Cadaqués), Gallery Artmundi (Paris) dan Galeria d'art Jordi Barnadas (Barcelona)





"Mereka menunjukkan tanda waktu dan proses yang tak terelakkan bagi kita yang hidup. Itu mengajari saya untuk menghargai dan menghormati kehidupan yang saya miliki ini." - Sergi Cadenas


Salah satu karya lukisnya yang disukai Sergi adalah dua foto diatas, yang menampilkan potret orang-orang yang semakin tua. Saat dilihat pada sudut pandang sisi kanan akan menampilkan potret wajah muda, namun di sisi lawannya akan menampilkan potret wajah tua.





Foto Teaser: @sergi.cadenas
Sumber Foto: odetoart.com 
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira