Di era digital masa kini, transaksi perbankan semakin mudah dilakukan hanya dengan sentuhan tangan lewat gadget kesayangan. 


Contohnya, PermataBank yang berbagi secara eksklusif dalam diskusi hangat AlaCASA bersama Pak Abdy Salimin selaku Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank bahwa terjadi peningkatan drastis akan jumlah nasabah yang buka rekening setelah mereka mengoptimalkan ekosistem digitalnya. Tercatat bahwa sebelumnya ada sekitar empat puluh hingga lima puluh ribu rekening yang dibuka per bulan, namun selama tahun 2022 angka meningkat jadi 2,1 juta berkat segala kemudahan fasilitas digital yang ditawarkan PermataBank.


banking hall di cabang dewi sartika, bali


ini membuat alacasa jadi penasaran, kalau begitu apakah masih ada orang yang mampir langsung ke bank? keperluan serta lingkungan seperti apakah yang membuat publik tertarik ke kantor cabang sebuah bank?


agar meneruskan serta mengoptimalkan layanan perbankan yang diberikan, permatabank meluncurkan konsep desain bank baru yang unik dan bisa membuat anda jadi makin rajin untuk datang ke bank yang disebut permatabank model branch.


panel gambar unik sesuai karakteristik lokasi bank

elemen paling menonjol dalam desain baru permatabank model branch adalah panel gambar yang membentang di area luar bank serta di balik fasad kaca yang dengan mudah dapat dilihat dari luar. gambar tersebut menggambarkan landmark, budaya, dan ciri khas yang dimiliki kawasan di sekitar model branch berada.


lokasi di pluit kencana, jakarta


cabang dewi sartika, bali


baca juga, 9 jenis kaca agar rumah terlihat terang dan luas


misalnya, panel di cabang pluit kencana, jakarta menampilkan ilustrasi colorful akan istana maimun dan rumah bolon atau rumah batak toba karena warga di sekitarnya banyak yang berasal dari sumatera utara. sedangkan jika berkunjung ke cabang dewi sartika, bali, anda akan disambut oleh gambar angkul-angkul yang ditemani oleh warga lokal memakai baju tradisional bali.


selain mencerahkan ruang bank yang ada, kehadiran panel gambar seakan menjadi langkah permatabank untuk lebih dekat dengan nasabah di sekitar bank yang rajin mampir ke bank.


banking hall bergaya modern open space

sesaat melangkah masuk ke dalam bank, anda akan menemukan ruang yang lega seperti berada di sebuah showroom smartphone berkat stretch ceiling dan minimnya partisi solid penghalang visual saat berada di dalam ruangan.


banking hall dengan gaya interior modern


demi menciptakan kesan lega dan terang, fasad bank menerapkan kaca di sepanjang dinding terluar. bagi gedung lama berlokasi di kawasan arteri pondok indah, jakarta dan surabaya yang sebelumnya dirancang oleh arsitek budi lim mempertahankan gedung gaya art deco yang ditransformasi menjadi bangunan didominasi warna putih dan menerapkan kaca pada fasad demi menyelaraskan dengan inovasi yang ingin dicapai permatabank model branch.


tampak permatabank di sudirman, surabaya versi di siang dan malam hari


tampilan modern interior banking hall tercipta lewat kombinasi unsur kayu pada lantai parket yang memancarkan kesan friendly, terbuka, dan modern. pilihan furnitur menarik yang alacasa temukan adalah digunakannya bench sebagai kursi tunggu di area banking hall yang membuat waktu tunggu terasa lebih santai.


priority lounge yang cozy

bagi nasabah prioritas, dapat berbincang hangat dengan relationship manager (rm) di priority lounge permatabank model branch yang dirancang berkesan homey berkat adanya sofa dark grey yang masif di tengah ruang. 




perbincangan di sini makin terasa santai dengan suguhan racikan kopi dan minuman lainnya oleh barista di area coffee bar yang dikustomisasi menggunakan kayu sebagai material utama. latar bar diisi dengan deretan panel kotak yang diisi dengan keramik karya seniman ternama f. widayanto. karya seni yang hadir di semua permatabank model branch yang kini telah tersebar di kota besar seperti jakarta, bandung, semarang, kudus, surabaya, medan, bali ini menampilkan wujud flora dan fauna dalam paras earth tone.




(atas-bawah) area coffee bar, detail latar bar, dan keramik ciptaan f. widayanto


baca juga, selain estetika, ini alasan menggunakan furniture kayu


selaras dengan permatabank versi digital

rahasia sukses menarik nasabah permatabank jadi makin rajin ke bank adalah menciptakan interaksi manusia lewat permata bankers yang friendly selama menggunakan fasilitas dan layanan di bank yang seyogyanya tetap selaras dengan ekosistem digital. 


pak abdy salimin di permatabank model branch cabang pluit kencana, jakarta


“model branch dengan format baru, tampilan dan desain terkini, fun dan friendly akan menghasilkan pengalaman interaksi perbankan terpadu seperti di kanal digital lainnya.” - abdy salimin, direktur teknologi dan operasi permatabank


salah satunya adalah konsep paperless dan sistem antrian yang telah terintegrasi dengan platform crm membuat pengunjung bisa melihat update antrian melalui aplikasi. dengan sistem terinstegrasi ini, customer experience officer (cxo) permatabank sekaligus tersambung dengan history perbankan nasabah sehingga mengoptimalkan deliver the service yang diperlukan untuk nasabah. 




selain itu, nasabah juga dapat menggunakan mobile pin permatamobile x, pin kartu debit atau pin kartu kredit untuk melakukan otorisasi yang berkesinambungan dengan tujuan bank dalam menerapkan konsep paperless serta visi simple, fast, and reliable yang diusung permatabank.





permatabank model branch di masa kini

di fakta lapangan, permatabank terbagi atas tiga tipe berdasarkan ukuran banknya. tipe besar misalnya saja cabang di medan dan surabaya, sedangkan di pluit kencana, jakarta termasuk dalam tipe sedang. dalam praktiknya, 80 hingga 90% area di model branch ini akan diperuntukkan untuk keperluan customer dan sisanya berfungsi untuk utilitas serta kantor.


PermataBank di Zainul Arifin, Medan saat di malam hari


Menjangkau beragam kalangan

Berkat integrasi digital yang dilakukan 35 sampai 40% pengunjung PermataBank Model Branch adalah generasi milenial serta pengunjung kisaran middle age ke atas. Bank turut dilengkapi dengan ramp khusus di bagian luar demi mendukung akses disabilitas. 


Integrasi dunia digital dan ruang fisik kini sudah menjadi bagian gaya hidup orang Indonesia masa kini. Semuanya demi meningkatkan kualitas hidup di tengah cepatnya perkembangan teknologi yang turut menjadi tujuan PermataBank untuk terus menjawab kebutuhan nasabah setia serta yang akan bergabung di kemudian hari.






Sumber foto: PermataBank