Memperindah tampilan sebuah hunian tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan kalau bisa irit budget kenapa tidak bukan? Selain dari furnitur dan fasad hunian yang bisa dikreasikan, ada dinding sebagai bidang rumah yang bisa disulap menjadi lebih menawan sekedar polos ataupun berwarna. 

Tren tampilan dinding yang bertekstur ini bernama dinding kamprot, banyak jenis guratan dan bentuk yang bisa disesuaikan penempatannya. Untuk desain rumah yang American classic, bisa pakai ornamen moulding untuk mempercantik tampilan dinding. Berikut ini AlaCASA sudah merangkum 5 hacks untuk DIY dinding kampret dan moulding agar dinding tetap stylish namun hemat budget.



estliving.com


1. pakai kuas cat untuk tekstur bergaris

setelah cat diaplikasikan, selagi basah, berikan goresan kuas cat untuk berikan tekstur garis-garis. alangkah lebih baik untuk gunakan kuas cat yang diameternya besar, agar proses kamprot lebih cepat.


the189.com

thisoldhouse.com


Dinding dengan tekstur garis-garis seperti ini bisa diimplementasikan di berbagai ruang, bahkan di kamar mandi juga bisa. Mampu memberikan kesan mewah dan seni di hunian.



nagureen


baca juga, 5 pilihan material untuk dinding kamar mandi terbaik!


2. pakai bubble wrap untuk tekstur atau motif bulat

jangan buang bubble wrap anda setelah berbelanja, gunakan sebagai alat untuk berikan motif bulat-bulat di dinding. ada 3 cara, bisa langsung dioleskan cat pada bubble wrap, atau tap-tap dinding yang catnya masih basah dengan bubble wrap, dan bisa juga ditempelkan bubble wrapnya ke roller foam cat. dapat dikreasikan untuk yang mau satu warna pada motif dan dindingnya karena hanya mengincar teksturnya saja ataupun berbeda-beda warna.


alisaburke.blogspot.com

 

hometalk.com

purewow.com


3. Pakai roller foam cat untuk tekstur dan motif unik

Bagi Anda yang mengincar motif tertentu dan tidak mau ribet, cara ini paling pas untuk diikuti. Sudah banyak juga yang menjual decorative roller foam dengan berbagai motif di e-commerce.



rover.ebay.com




thespruce.com


artisticpaintingstudio.com


4. Pakai sponge untuk tekstur dan ilusi warna 

Anda pasti sering lihat tekstur dan ilusi warna pada dinding hotel atau coffee shop seperti di bawah ini 



architectureartdesigns.com


Cara pembuatannya cukup mudah untuk ditiru. Aplikasikan sponge yang sudah terwarna cat ke dinding, poin pentingnya adalah jangan menekan terlalu kuat saat menempelkan cat dari sponge ke dinding, agar cat terbentuk tekstur abstrak namun rapih dan saat meratakannya harus perlahan supaya meninggalkan ilusi warna serta tekstur


alexdecor


5. diy wall moulding

wall moulding adalah salah satu teknik dekorasi dinding dengan bahan cetakan yang biasanya menggunakan material pvc, gypsum, hingga kayu. cara ini efektif untuk melengkapi desain hunian anda untuk lebih berkelas dan elegan, terlebih jika huniannya bergaya american classic. 



Svatu Home


Banyak yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya pemasangan wall moulding, salah satunya penentuan bentuk moulding yang bervariatif. 


isoporisopar.com.br

anda bisa ikuti beberapa template di bawah ini untuk diy 


etsy.com


sunita bala


cravingsomecreativity.com



Foto Teaser: cocolapinedesign.com 
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira