Tumpukan buku yang disebabkan kekurangan ruang untuk menyimpan selalu menjadi masalah, buat Anda yang hobinya baca. Ingin terlihat rapih dengan memakai rak atau membiarkan ditumpuk diatas lantai memiliki estetika yang berbeda.


Namun bagi setiap individu mendefinisikan estetika dan kerapihan selalu berbeda memiliki konsep atau desain yang ingin dirancangnya.


Pivoted Panel


Jika Anda mencari sesuatu yang berbeda dari sebuah rak untuk membuat variasi dapat memilih desain moduler. Pivoted panel salah satu model built in rack yang bisa diikuti, selain menaruh buku Anda dapat menaruh benda lainnya yang bisa menghiasi rak ini.


Kelebihan dari finishing di kedua sisi pintu bisa bergantian diganti untuk menyesuaikan suasana dan membuat ruangan lebih luas serta dinamis. 


Baca juga, Pecinta Buku Akan Suka Dengan 11 Inspirasi Rak Buku Ini


Mezzanine Library 


Seth Caplan


Memiliki ceiling tinggi dalam hunian rumah maupun apartment sangat baik untuk masuknya sirkulasi udara dan pencahayaan lebih baik masuk ke dalam. Seperti dalam loft bergaya industrial ini memanfaatkan sisa ruangan menjadi mezzanine library yang luasnya memenuhi seluruh dinding. Berderetan dengan jendela tersedia tangga untuk akses ke atas, terdapat lemari dan dapur yang menampilkan material marmer dan interior kayu.


Shelves Slide

Manolo Langis




Dalam bangunan arsitektur modernist ini terdapat bagian living room yang memiliki rak berisi buku dalam paduan estetika Jepang dari penggunaan material dan warna alam. Ukurannya yang tinggi mengisi kekosongan dengan koleksi buku dan kumpulan piringan hitam di setiap raknya ditambah pencahayaan langsung dari besar kaca disampingnya.


Penaruhan tangga memberika kesan klasik dan mudah digunakan hanya dengan mendorong ke kanan maupun ke kiri. Kombinasi dari furnitur yang ada memberi kehidupan dalam ruangan ini.


Baca juga, Biar Lebih Rapi Enak Dipandang Ini 7 Cara Merapikan Buku


Japanese Minimalist Design

kurii__home


Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dan ingin memanfaatkan setiap ruangnya, bisa mengikuti desain ini menambahkan setengah lantai sejajar dengan meja kerja untuk memperluas volume menjadi tempat membaca.


Rak buku yang hanya menyimpan beberapa buku saja bisa menjadi opsi untuk mengurangi keramaian dan ingin mengutamakan kenyamanan dan ketenangan. Menambahkan unsur kayu pada lantai, langit-langit, dan jendela berukuran tidak terlalu besar, menjadi konsep dari ruang baca yang menarik. 


Sumber teaser: shannon mcgrath
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani