Pastinya bagi Anda pecinta pameran arsitektur sudah familier dengan acara ini, dan selalu masuk ke to do list tahunan yang harus dikunjungi. Bagaimana tidak, ARCH:ID yang secara rutin selama tiga tahun kebelakang ini terus menggali ide baru yang selalu unik dan fresh dalam membuat festival arsitektur dan konferensi. Seperti tahun ini bertemakan "Identitas?" yang diselenggarakan pada 16-19 Maret 2023 lalu di ICE BSD 




alacasa


tidak hanya memamerkan karya atas kolaborasi arsitek dan brand ternama, namun arch:id juga membawa tema filosofis yang bertujuan untuk merefleksikan kembali tentang identitas kita dalam arsitektur, yang tentunya tidak hanya ada satu jawaban atau definisi tunggal, bisa muncul berbagai sudut pandang dan paradigma yang berbeda-beda.



alacasa


pameran dan konferensi merupakan dua program inti dari arch:id. kegiatan pameran dikemas dengan konsep arsitektur desain yang kental, dan mengundang pembicara lokal hingga global untuk konferensi internasional dengan bahasan isu yang beragam perspektif. simak video ini untuk tahu berbagai instalasi yang hadir serta arsitek pembuatnya





instalasi dan program yang dihadirkan selalu memasukkan benang merah terkait tema “identitas?”, guna mengangkat potensi geografis indonesia, akar budaya, serta pendekatan desain dan teknologi karya anak bangsa, yang tersampaikan serentak dari barat ke timur indonesia.

ada 5 program unggulan lainnya yang hadir di arch:id tahun ini, yaitu pameran terkurasi (kolaborasi brand x arsitek), featured exhibition & installation, talk series, obrolan tuju tuju, bim adoption 101, arch:id night & best booth awards, rapat pimpinan nasional (rapimnas) iai, serta 4 nations meeting yang terdiri dari (indonesia, malaysia, singapura, dan thailand). alacasa juga ikut serta mengisi program obrolan tuju tuju yang membagikan pengalaman bagaimana selama 17 tahun alacasa by mra media berkarier secara digital dan menampilkan majalah terbaru.



AlaCASA





Sumber Foto: ARCH:ID
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira