Saat berkunjung atau mudik ke Kota Semarang, selain bersilaturahmi dengan seluruh keluarga dan mampir ke tempat-tempat wisatanya yang kental akan nilai sejarah dan budaya, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Semarang untuk buah tangan sahabat dan keluarga di rumah. 


Kota Semarang mempunyai banyak oleh-oleh khas yang sangat enak dan lezat, antara lain:


1. Lumpia Semarang 


(@loenpiambaklien_ on instagram)


lumpia, atau lunpia, adalah makanan ikonik kota semarang yang berisi rebung, telur, ayam, dan udang, lalu digulung dengan kulit lumpia tipis. menurut sejarahnya, lumpia merupakan makanan hasil perpaduan tionghoa-jawa yang memiliki cita rasa manis dan gurih. 


di jalan-jalan kota semarang, anda bisa dengan mudah mendapatkan jajanan tradisional ini. jika ingin dibawa pulang, anda tidak perlu khawatir karena lumpia adalah salah satu oleh-oleh khas semarang yang tahan lama. 


ada banyak tempat membeli lumpia semarang, beberapa diantaranya, lunpia mataram, loenpia mbak lien, lunpia gang lombok, lunpia cik meme, lunpia sari rasa, atau lunpia 57. 


2. bandeng presto


(@bandengjuwana on instagram)


bandeng presto adalah salah satu makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh saat anda mudik ke kota semarang. pada dasarnya, bandeng presto adalah makanan ikan bandeng berduri lunak yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam, lalu dimasak dengan cara di presto, sehingga bercita rasa sangat gurih dan lembut. 


ada beberapa jenis bandeng presto yang bisa anda beli, seperti bandeng duri lunak, bandeng otak-otak, bandeng dalam sangkar, dan bandeng vacuum. 


makanan ini bisa anda temukan dengan mudah di kawasan pusat oleh-oleh semarang di jalan pandanaran, seperti di bandeng juwana elrina, bandeng bonafide, atau di pusat oleh-oleh djoe. 


3. tahu bakso


tahu bakso adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota semarang, yang wajib dibeli dan dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. sesuai namanya, tahu bakso terbuat dari tahu yang tengahnya diberi isian adonan bakso. 


dalam penyajiannya, tahu bakso biasa disajikan dengan dua cara, yakni digoreng dan direbus. 


cara menikmati makanan ini juga bisa berbagai cara, bisa dimakan langsung, dengan sambal kecap, atau dengan irisan cabai rawit. 


sebagai oleh-oleh, tahu bakso biasanya dijual dalam bentuk frozen sehingga lebih tahan lama dan tidak basi selama di perjalanan. 


saat ini tahu bakso dapat dengan mudah diitemukan di berbagai pusat oleh-oleh semarang. ada banyak merek tahu bakso yang terkenal karena kelezatannya dan cocok dibawa sebagai oleh-oleh, seperti tahu baxo ibu pudji, tahu bakso bu wahyu, atau tahu bakso murni. 


4. mochi atau moaci gemini



(@moacigeminisemarang on instagram)


bisa dikatakan, moaci gemini adalah oleh-oleh legendaris khas semarang. melansir dari laman media sosialnya, moaci gemini ini sudah ada sejak tahun 1985. 


moaci gemini memiliki tekstur kekenyalan yang pas, tidak beraroma, dan variasi isian rasa yang lezat, seperti original, original wijen, coklat, oreo, jeruk, strawberry, durian, dan pandan.  


anda bisa membeli moaci gemini di toko offline-nya yang berada di jl. ra. kartini no.19 dan jalan madukoro, ruko bizpark blok a5. 


5. roti gambang atau roti ganjel rel


(@tumbasmangan on instagram)


roti gambang adalah makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari kota semarang, yang terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, dan kayu manis, serta taburan wijen di atasnya, sehingga memiliki rasa dan aroma yang sedap. roti gambang sering disebut juga sebagai roti ganjel rel, karena bentuk dan warnanya yang mirip seperti kayu pengganjal rel kereta api pada zaman dahulu.  


berbeda dengan tektur roti pada umumnya yang cenderung lembut dan fluffy, roti ganjel rel justru memiliki tekstur roti yang lebih padat. 


ada banyak tempat membeli roti ganjel rel, beberapa diantaranya, oemah ganjel rel, kue ganjel rel nyonyah cakery, atau toko oen.




6. lontong spekkoek 



(@waikilapislegit on instagram)


meskipun bernama lontong spekkoek, tetapi ini bukan makanan yang terbuat dari beras—seperti lontong yang kita ketahui— tetapi kue lapis legit bercita rasa manis yang berbentuk mirip seperti lontong. 


salah satu merek lontong spekkoek yang terkenal di semarang adalah waiki lontong spekkoek yang berlokasi di jl. senjoyo 2 no. 2a, bugangan, semarang timur, semarang.


7. tumpi


selain beberapa oleh-oleh yang sudah disebutkan sebelumnya, semarang juga mempunyai oleh-oleh khas lainnya yang sangat enak, yaitu tumpi. bisa dikatakan tumpi adalah semacam peyek, tetapi tidak menggunakan kacang tanah melainkan kacang hijau. 


tumpi memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. ini juga termasuk oleh-oleh khas semarang yang tahan lama, sehingga cocok dibawa pulang sebagai buah tangan. 


untuk membeli tumpi, anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh semarang dengan harga yang cukup terjangkau. 


8. kue sarang madu


kue sarang madu, atau carang madu, adalah kue khas semarang yang berbentuk mirip rating bambu, atau dalam bahasa jawa disebut carang. kue sarang madu dibuat dari tepung beras dan santan, lalu diberi olesan gula merah di atasnya. maka dari itu, kue sarang madu memiliki cita rasa yang gurih, renyah, dan manis. 


untuk membeli kue sarang madu, anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh semarang dengan harga yang cukup terjangkau. 


9. roti brillian



(@istanabrillian on Instagram)


Roti brillian bisa jadi pilihan oleh-oleh khas lainnya saat berkunjung ke Kota Semarang. Menariknya, roti brillian dibuat dari resep kuno yang masih mempertahankan orisinalitasnya, namun memiliki rasa yang lezat dan klasik. Meskipun begitu, roti brillian tetap berinovasi dengan varian rasa kekinian, seperti cokelat, almond, keju, dan kismis. Roti brillian termasuk oleh-oleh khas semarang yang dapat bertahan lama hingga dua bulan. 


Untuk bisa mendapatkan roti brillian, Anda bisa mendatangi Istana Brillian yang berada di Jalan Simpang Lima, Semarang. 


10. Tomat Rasa Kurma (Torakur)


Satu lagi oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda beli saat berkunjung ke kota ini, yaitu tomat rasa kurma (torakur). Dengan bahan utama tomat, buah ini diolah dan dikeringkan menjadi manisan yang mirip seperti kurma. Itulah mengapa disebut tomat rasa kurma (torakur). 


Walaupun torakur dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa perasa kurma, namun dapat awet selama enam bulan sehingga sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah.