Salah satu tantangan di bulan puasa adalah musti bangun sahur di dini hari yang akan semakin sulit dilakukan jika tetangga online AlaCASA tidak memiliki tidur yang berkualitas.


Mengutip dari Vishal Dasani seorang sleep educator, selama puasa tubuh akan alami perubahan pola makan yang nantinya mempengaruhi circadian rhythm serta berkemungkinan besar jadi lebih sulit untuk tidur. Belum lagi saat fase REM sleep waktu jelang subuh yang biasanya membantu healing secara mental dan emosional, Anda justru terbangun demi sahur.


Menghadapi perubahan di atas, penting untuk bekali diri dengan pengetahuan soal tipe kasur demi menemukan kasur yang tepat serta meraih tidur yang lebih berkualitas. Dengan demikian, mempermudah tubuh untuk bangun demi sahur.




Tiap tipe kasur memiliki nilai lebih tersendiri. Pemilihan kasur di rumah musti disesuaikan dengan kebutuhan, ukuran kamar, serta budget yang dimiliki. Yuk, ikuti ulasan detail AlaCASA soal 4 tipe kasur yang biasanya banyak beredar di pasaran. 


Baca juga, Manakah Ukuran Kasur Yang Tepat Untuk Anda? Cek di Sini


1. Spring Bed

Kasur tipe ini adalah yang paling populer dan digunakan oleh orang Indonesia. Namanya berasal dari komponen pegas atau per yang terdapat di dalam kasur yang dilapisi oleh kantong busa. Walaupun minim, spring bed cenderung tetap mengeluarkan suara derit saat berada di atasnya dan kurang optimal untuk meredam gerakan badan. 


Secara sirkulasi udara, kasur tipe ini termasuk terasa adem sekaligus memiliki value harga yang bagus dengan kisaran harga yang terjangkau (Ukuran king dimulai dari harga 1,1 juta rupiah). Dalam menjaga postur tubuh, kasur tipe ini cukup oke dalam menopang posisi tidur seperti terlentang dan tengkurap.


in the box


2. memory foam

kerap terbuat dari busa viscoelastic, memory foam biasanya tidak mengeluarkan suara derit saat tidur di atasnya serta mampu meredam gerakan tubuh berkat permukaannya yang lembut.


miliki performa baik untuk menopang posisi tidur menyamping, memory foam termasuk dalam range harga yang masih terjangkau (harga mulai dari 2,7 juta rupiah untuk king size). namun karena material kasur kerap menyerap panas sehingga bisa merasa panas jika baring dalam periode waktu yang lama.


green tea memory foam mattres / zinus


baca juga, best buy! sofa bed minimalis super nyaman di bawah 3 juta


3. latex

memiliki harga lebih pricey ketimbang dua tipe sebelumnya (harga kasur ukuran king mulai dari 3 juta rupiah), latex terbuat dari karet alam dan direkomendasi bagi yang memiliki sakit punggung. permukaannya cenderung terasa adem dan mampu mengakomodasi beragam posisi tidur dengan baik. 




selain itu, kutu kasur atau tungau juga sukar bersarang di kasur tipe ini walaupun tetap perlu dibersihkan secara rutin menggunakan vacuum cleaner atau jasa khusus.


mimpi original / mimpi


baca juga, ini dia! 5 jasa pembersih kasur dan sofa


4. hybrid

kasur tipe ini memiliki performa terbaik dalam mendukung beragam posisi tidur yang tentunya akan berpengaruh terhadap kenyamanan tidur anda. walaupun masih memiliki suara derit, tapi masih bisa meredam gerakan tubuh dengan baik serta terasa adem bagi tubuh saat berbaring di atasnya.


terbuat dari kombinasi pegas besi berulir yang anti korosif dengan pu foam, kasur kerap dilapisi dengan super soft foam dan plain knitted fabric


cooling copper adaptive hybrid mattress / zinus


memiliki bekal info soal tipe kasur membantu anda jadi lebih selektif saat membeli kasur. selain itu, tanyakan pula empat hal berikut ini demi menemukan kasur yang tepat dan tetap dalam kisaran budget anda.

- apakah saat ini sudah perlu kasur baru atau tidak?

- jenis kasur yang dicari apakah yang firm, medium atau soft?

- berapa ukuran kasur yang sesuai dengan kamar di rumah?

- apakan harga dan kualitas kasur sudah sesuai?


semoga tidur anda menjadi lebih nyenyak dan tubuh bugar selalu.


Pablo Garcia Figueroa / Studio Arquitectos




Foto teaser: Ethnicraft