Kabar kurang menyenangkan bagi Indonesia. FIFA akhirnya mengumumkan untuk mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 milik Indonesia usai berdiskusi bersama ketua PSSI Erick Thohir. 


Following today’s meeting between FIFA President Gianni Infantino and President of the Football Association of Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA has decided, due to the current circumstances, to remove Indonesia as the host of the FIFA U-20 World Cup 2023™. A new host will be announced as soon as possible, with the dates of the tournament currently remaining unchanged. - Official website FIFA


Bahkan kesempatan tim nasional Indonesia untuk ikut serta di Piala Dunia U-20 2023 juga dicabut karena sebelumnya bisa ikut serta akibat sebagai tuan rumah pentas sepakbola ini.





Demi persiapkan diri sebagai host ajang olahraga berskala internasional, Indonesia telah mengkondisikan 6 stadion kebanggaannya dan menelan biaya ratusan milyar rupiah agar bisa memenuhi persyaratan FIFA. Let’s walk through with AlaCASA, menelusuri 6 desain stadion Indonesia yang seharusnya digunakan buat Piala Dunia U-20 2023.


1. Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Bisa dibilang hampir semua orang mengetahui Stadion Gelora Bung Karno yang bertransformasi memiliki wajah baru demi Asian Games 2018. Seharusnya kembali digunakan buat Piala Dunia U-20 2023, stadion yang direnovasi oleh D’associates ini berkapasitas 77.163 kursi. Deretan kursi tribun diberi warna merah putih yang menggambarkan representasi kobaran semangat bangsa Indonesia.



Atap stadion dirancang berupa atap kantilever panjang yang ditopang struktur Temu Gelang sekaligus menaungi area tribun. Di bagian luar badan stadion, kini dilengkapi walkway terbuka serta dikelilingi dengan jogging track lebar yang kini populer digunakan oleh warga Jakarta.


Love GBK

Baca juga, Wajah Baru Gelora Bung Karno, Ini 6 Instagrammable Spot


2. Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang

Pernah digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2004 silam serta Asian Games 2018, stadion Gelora Sriwijaya dikenal juga sebagai kandang dari Sriwijaya FC. Stadion dibangun di atas lahas seluas 40 hektare dengan kapasitas maksimal 45.000 orang penonton.

Desain atapnya dirancang menyerupain perahu dengan layar terkembang menggambarkan masa jaya Sriwijaya di bidang maritim.


Jakabaring Sport City


3. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

Memiliki kapasitas 27 ribu kursi, beberapa bagian stadion di Bandung, Jawa Barat ini turut direnovasi dalam persiapan jelang Piala Dunia U-20 2023 agar sesuai dengan standar FIFA. Di antaranya adalah kursi tribun, kursi VIP, dan athletic track yang terletak di stadion yang namanya diambil dari pahlawan bernama Otto Iskandardinata. 




Radar Bandung


4. Stadion Manahan, Solo

Usai digunakan saat ASEAN Para Games 2022, Stadion Manahan kembali menjadi salah satu venue yang semestinya digunakan untuk ajang Piala Dunia U-20 2023. Jika sebelumnya stadion memiliki desain yang terbuka, kini telah bertransformasi dilengkapi atap demi menutupi area tribun.


Uniknya, jika dilihat dari bird eye view, deretan kursi penonton dilapisi warna kuning, biru, dan merah yang membentuk pola batik.




Baca juga, 5 Stadion Terkenal di Jepang untuk Venue Olimpiade 2020


5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Dibuka sejak 2010, stadion yang terletak di kota pahlawan ini memiliki 45 ribu tempat duduk. Demi optimalkan performa stadion ini, akses disabilitas yang sebelumnya ada di gate 9 - 10 dan gate 13 - 14 dipindahkan ke gate 1. Selain itu, stadion turut memperbaiki lahan parkir, area wartawan, serta tribun VIP.


@gelorabungtomo


@pojiboo


6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali

Bali yang seharusnya menjadi lokasi pengundian ajang Piala Dunia U-20 2023, sebenarnya juga menjadi salah satu venue untuk event sepakbola ini. Stadion Kapten I Wayan Dipta memiliki kapasitas 25 ribu penonton terletak di kawasan Gianyar dan pertama kali dibangun pada tahun 2003.


Kronologi


Foto teaser: Love GBK