TENTANG KEJU EROPA

Keju dari Eropa sering kali disebut sebagai keju terbaik di dunia. Para artisan dan produsen dari Eropa ini menghasilkan dairy products berkualitas tinggi. Keju kebanyakan dihasilkan di negara-negara anggota Uni Eropa dengan Prancis sebagai negara terdepan yang mendominasi pasar keju lokal maupun internasional.

Keju Eropa ini memiliki cita rasa tinggi karena terbuat dari susu sapi yang bahagia. Sapi-sapi ini dibebaskan berkeliaran di padang savana dataran tinggi Eropa. Karena dengan sapi yang bahagia dan bebas, maka susu dan keju yang diolah akan terasa lezat.

TIPE-TIPE KEJU

Keju dapat dibedakan dari rasa, bentuk, tingkat fermentasi dan tekstur. Kandungan utama keju ialah dari susu atau dairy fat dimana bisa hanya kandungan utama saja atau dicampur dengan ragi atau unsur fermentasi lain. Di Prancis sendiri proses pembuatan keju ini dapat menghasilkan 1200 tipe keju.

Terdapat 4 tipe keju:

  1. Soft, dimatangkan dari luar dan berwarna putih, biasanya cepat leleh di suhu ruangan. Contoh: Brie, Camembert, Mozzarella, Reblochon
  2. Semi-Soft, teksturnya halus dan creamy dengan rasa yang beragam. Contoh: Raclette, Gouda, Abondance, Morbier
  3. Hard, Tekturnya padat dan mudah diparut, Contoh: Emmental, Parmigiana, Beaufort, Mimolette, Tomme de Savoie.
  4. Blue, Keju berwarna hijau atau biru yang diakibatkan jamur penicillium roqueforti saat diproduksi. Contoh: Stilton, Bleu d'Auvergne, Bleu de Gex.


CARA MENYAJIKAN DAN MENYIMPAN KEJU



Untuk menjaga tekstur asli dan rasa dari keju, cukup dibungkus rapi dengan plastic wrap atau aluminium foil dengan keju masih dalam packaging asli. Keju sebaiknya disajikan dalam suhu ruangan agar rasa dan aromanya semakin terasa lezat.

MENIKMATI KEJU

The Cheese Platter merupakan sajian berbagai macam keju yang dinikmati dengan ragam makanan pendamping atau snack. Padukan keju dengan biskuit atau roti, atau buah-buahan segar maupun kering, kacang-kacangan dan juga minuman hangat seperti teh maupun wine. Enjoy the European cheese everyday!


Foto: Dok. CASA Indonesia