Dibandingkan dengan karya terbangun, publik lebih mengenal Arsitek Michael Sorkin dengan pemikiran brilian dan kritik tajam yang ia paparkan terkait dunia arsitektur. Kini pemikiran beliau tak dapat lagi kita dengar akibat wafatnya beliau yang disebabkan oleh virus corona pada tanggal 26 Maret 2020. Hal ini turut dikonfirmasi oleh istrinya, yaitu Joan Copjec.


Meninggal karena virus corona / Desain jembatan penyeberangan di Shenzen, Tiongkok / Michael Sorkin Studio

Desain jembatan penyeberangan di Shenzen, Tiongkok / Michael Sorkin Studio


Mengemban pendidikan di University of Chicago dan Columbia University serta meraih gelar master di Massachusetts Institute of Technology, Sorkin meninggal dalam usia 71 tahun. Bertahun-tahun mengajar dan berkarya, Sorkin selalu berpesan kepada para pendengar dan murid untuk menggunakan arsitektur sebagai media untuk mengubah kehidupan. Tak luput pula untuk terus berusaha meraih kesamaan sosial melalui arsitektur.


Meninggal karena virus corona / Project 28+ di bawah naungan Terreform / Terreform

Project 28+ di bawah naungan Terreform / Terreform


Meninggalnya beliau merupakan kehilangan dalam dunia kritik arsitektur usai wafatnya arsitek Vittorio Gregotti yang juga disebabkan oleh virus corona.


Berbasis di New York, Amerika Serikat perancangan yang dicetuskan oleh Sorkin meleburkan desain, kritik, dan pedagogy. Salah satu tulisan ikonis yang ia garap adalah buku bertajuk All Over The Map.




Meninggal karena virus corona / Buku Michael Sorkin / Zoe Ryan Projects

Buku Michael Sorkin / Zoe Ryan Projects


Sebagai penerima atas penghargaan Design Mind dari National Design Award 2013, beragam esai yang ia tulis membahas teori terkait urban hingga isu akan sustainability. Tak kurun pula, beragam kritik tajam yang ia layangkan mengundang argument di antara para akademis seperti yang terjadi bersama dengan Phillip Johnson (Arsitek AT&T di Madison Avenue) dan Paul Goldberger (Kritikus arsitektur untuk The New York Times).


Meninggal karena virus corona / The Anxin Archipelago / Michael Sorkin Studio

The Anxin Archipelago / Michael Sorkin Studio


Tepat pada tahun 2005, Sorkin pun mendirikan Terreform Center of Advanced Urban Research guna menemukan jawaban dalam menghadapi isu kesamaan sosial dalam urbanism.


Foto teaser: Michael Sorkin / Aundre Larrow / Architect Magazine