Terletak di kota Melbourne, Australia, Space & Time merupakan ruang serbaguna seluas 390 meter persegi yang didesain oleh Russel & George, biro desain dan arsitektur asal Australia.


Sesuai namanya, Space & Time memang tidak terikat dengan ruang dan waktu. Ruang serbaguna ini bisa menjadi apa saja; workplace, workshop, cafe, restoran, galeri seni, hingga ruang festival.




Sang arsitek mengatakan jika di tengah padatnya aktivitas perkotaan, ruang serbaguna yang efisien adalah jawabannya. Untuk membuat ruangan tersebut berubah, Russel & George menggunakan beberapa elemen dinamis yang dapat direkonfigurasi sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga: Desain Rumah Untuk Anda Yang Ingin Dekat Dengan Alam


Secara keseluruhan, layout Space & Time dibagi ke dalam dua nuansa; ruang gelap dan ruang terang yang merepresentasikan malam dan siang.




Pada bagian ceiling, lapisan nanotech fabric dan plastik ABS yang diiluminasi cahaya neon dari belakang menghadirkan pertunjukan magis serupa langit yang bergelombang.






Partisi berupa garden wall dan screen warna perak yang dapat dipindah ini menjadi elemen krusial untuk mengofigurasi interior ruangan.


Baca juga: Manisnya Interior Little Sky Lengkapi Segarnya Gelato


Jika Space & Time ingin diubah menjadi restoran, partisi garden wall menjadi sisi dalam yang membungkus susunan meja dan kursi untuk menampilkan kesan hangat dan natural.




Sebaliknya jika ruang serbaguna ini ingin disulap menjadi galeri seni, sisi partisi berupa screen perak hadir sebagai dinding untuk karya-karya yang akan dipamerkan.




"Memanjangkan waktu hidup suatu bangunan dan ruangan, membuatnya banyak difungsikan, menciptakan kolaborasi dinamis yang tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga sosial," tutup Russel & George.


Sumber: Yellow Trace
Foto & teaser: Frame