Lilin merupakan salah satu elemen dekorasi menggemaskan yang dapat Anda buat serta susun sebagai dekorasi di rumah.

Kehadiran lilin kerap membawa kesan hangat dan intim terhadap interior rumah meskipun lampu listrik menjadi sumber penerangan utama. Untuk jenis lilin seperti scented candle, ini mampu memberikan harum semerbak di ruangan sekaligus membantu dalam menenangkan pikiran saat menghirupnya.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 1

We Heart It


Lalu, bagaimana caranya menyusun lilin tersebut agar terlihat cantik serta aman digunakan di dalam rumah? Beragam jenis lilin dimulai dari yang berukuran tinggi dan tipis, lalu berukuran lebar dan pendek, maupun lilin jenis buatan sendiri dengan mudah dapat Anda transformasi dengan tips-tips desain berikut ini.


1. Nuansa gaya boho

Beberapa produk lilin dilengkapi dengan gelas di sekelilingnya agar api tidak menjalar keluar. Menghiasi produk ini, buat jalinan benang atau tali yang berukuran tebal hingga berbentuk melingkar serta memiliki tinggi sekitar 3 – 5 sentimeter. Rajutan ini dapat disematkan pada sekeliling glass case dan menciptakan gaya boho pada produk.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 2

Joss & Main



2. Dip Dyed balok kayu kecil

Jika menemukan balok kayu sisa, Anda dapat membersihkan dan mengecat ulang kayu tersebut. Setelah balok kayu diberi warna dasar, sediakan satu kontainer berisi cat berwarna kontras dengan warna dasar. Setelah itu, celupkan sebagian balok ke dalam kontainer tersebut dan tunggu hingga kering. Sebagai sentuhan terakhir, Anda dapat menempelkan lilin di bagian atas balok kayu tersebut.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 3

Almost makes perfect


Baca juga, 10 Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Praktis dan Mudah


3. Kotak resin berisi bunga

Bagi yang gemar menata bunga di rumahnya, sayang sekali jika bunga-bunga tersebut hanya dibiarkan layu begitu saja. Sebelum bunga layu, coba siapkan cetakan untuk resin yang akan dikombinasikan dengan bunga tersebut. Setelah menuangkan resin ke cetakan, tambahkan potongan bunga yang Anda sukai. Usai resin pada cetakan menjadi padat, Anda dapat meletakkan lilin kecil di bagian tengahnya.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 4

Etsy


4. Hias homemade candle dengan rempah atau bunga kering

Sebelum menuangkan wax ke dalam botol, Anda dapat menyusun beberapa jenis rempah yang harum maupun bunga kering di pinggiran bagian dalam botol. Selain itu, bisa pula menggunakan tanaman berukuran kecil seperti lavender.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 5

Adventure in Making


5. Lilin dalam lentera

Jika memiliki lentera tua, Anda dapat merombak lentera tersebut menjadi sebuah tempat lilin cantik. Tak hanya bergaya elegan serta bergaya klasik, dengan meletakkan lilin di dalam lentera, Anda tidak perlu khawatir akan lumeran wax dari lilin merembes ke tempat lain.




Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 7

CTW Home Collection


6. Kaleng pengganti tempat lilin

Beberapa jenis kaleng untuk kudapan maupun teh terkadang memiliki desain serta warna yang lucu. Daripada langsung membuang kaleng tersebut, Anda dapat mendaur ulang menjadi tempat lilin baru.




7. Tempat lilin terbuat dari plaster

Rapikan dahulu kelopak bunga yang ingin digunakan sebagai tempat lilin. Caranya dengan mencabut beberapa kelopak jika terlalu tebal atau mengembangkan rangkaian kelopak tersebut. Celupkan bunga ini ke cairan berisi campuran plaster dan air. Kemungkinan besar Anda perlu mencelupkan beberapa kali agar seluruh kelopak bunga tertutup plaster. Usai kering letakkan lilin berukuran kecil di tengah-tengah bunga.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 8

Design Mom


8. Hias dengan stiker tulisan

Punya kata-kata favorit yang membekas di benak Anda? Cetak kata tersebut menjadi stiker yang nantinya dengan mudah dapat Anda tempelkan pada gelas berisi lilin. Dengan demikian, tempat lilin tak lagi terkesan polos, namun terlihat edgy dan kekinian.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 9

Fall for DIY


Baca juga, Must Have! McD Rilis Lilin Beraroma Burger


9. Spray paint tempat lilin antik

Jika memiliki tempat lilin antik ataupun dekorasi lama yang mulai terbengkalai, Anda dapat memberikan rona baru padanya. Gunakan spray paint untuk memberikan warna sesuka hati pada barang antik tersebut. Tak hanya berguna sebagi tempat lilin, barang ini juga terlihat cantik sebagai vas bunga kecil.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 10

Diana Moss


10. Dekorasi manis dengan cangkir

Beberapa set cangkir lama terkadang sudah jarang digunakan. Pilih beberapa cangkir dengan motif yang manis, lalu Anda bisa mengisinya dengan wax sehingga menjadi tempat lilin baru untuk dekorasi di rumah.


Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah 11

Frugal Momeh


Foto teaser: Cella Jane Home Decor