Akuaponik merupakan sistem pertanian rumahan yang memadukan akuarium dan hidroponik. Meski terkesan rumit, Anda bisa membuat akuaponik sederhana versi Anda sendiri.


Dilansir dari Frame, proyek DIY ini tidak hanya akan membuat nuansa ruang keluarga Anda lebih menarik, tetapi juga dapat membuat pola makan sayur Anda lebih ramah lingkungan.


Sistem akuaponik ini terdiri dari akuarium, wadah tumbuhan, dan mesin pompa yang mengalirkan air dari akuarium ke wadah tumbuhan.


Untuk membuatnya, Anda membutuhkan:


Struktur Utama


1. Papan kayu (plywood)

2. Paku

3. Minyak Linseed


Wadah Tumbuhan


1. Anda bisa membeli wadah tumbuhan yang dibuat khusus untuk sistem akuaponik. Salah satunya bernama Vaxer, produk Ikea ini sudah hadir dalam satu paket; lampu tumbuh LED dan net pot.
2. Timer


Baca juga: Tanaman Hidroponik: Solusi Berkebun di Lahan Terbatas


Akuarium


1. Akuarium
2. Pasir Akuarium
3. Bakteri
4. Pompa Udara
5. Pompa Air
6. Silikon Akuarium
7. Pipa air sepanjang 20 sentimeter dan berdiameter 10 milimeter.


Setelah Anda mengumpulkan semua barang-barang di atas, Anda bisa mulai membuat proyek DIY akuaponik ini.






1. Pertama Anda akan membuat struktur kayu sebagai penyangga wadah tumbuhan yang akan ditempatkan di atas akuarium. Pastikan dimensi struktur sesuai dengan dimensi akuarium yang Anda punya.


2. Langkah kedua adalah memberikan masing-masing lubang pipa air masuk dan keluar di bawah wadah tumbuhan. Aplikasikan pipa-pipa ini dengan minyak linseed agar terlindung dari air dan lapisi lagi dengan silikon agar lebih kuat.



Baca juga: Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian


3. Setelah itu, sambungkan pipa air masuk dengan pompa air untuk mendorong air ke wadah tumbuhan di atas, sementara pipa keluar akan menguras air di wadah tumbuhan dan membuangnya kembali ke akuarium.


4. Susun wadah tumbuhan, struktur dan akuarium secara berurutan. Lalu nyalakan lampu LED di atas wadah tumbuhan, dan atur waktu pencahayaan 14-16 jam perhari.


5. Percantik akuarium Anda dengan bebatuan, pasir, dan tanaman air. Jangan lupa isi dengan bakteri starter untuk akuarium. Biarkan akuaponik ini bekerja selama dua hari sebelum diisi dengan ikan.


Jika berhasil, metode akuaponik ini sama tidak membutuhkan pupuk, hanya makanan ikan. Karena sudah menggunakan lampu LED, sebaiknya tempatkan akuaponik ini tanpa terpapar sinar matahari langsung.


Sumber, Teaser & Foto: Frame