Memiliki desain dapur yang cantik adalah impian semua orang, terutama bagi Anda yang gemar memasak. Jika dapur Anda saat ini sudah dilengkapi dengan kitchen set, mungkin Anda perlu untuk mempertimbangkan untuk menggunakan kitchen island. Penggunaan kitchen island di dapur Anda dapat membantu menunjang hobi memasak Anda secara maksimal. Lantas, apa fungsi kitchen island


Kitchen Island Sebagai Area Tambahan untuk Memasak

Fungsi kitchen island

(Photo & Desainer Interior: Arent & Pyke (@arentpykestudio) )


Fungsi kitchen island yang pertama adalah sebagai area tambahan untuk kegiatan memasak. Di area ini, Anda bisa menyiapkan masakan yang akan diolah, atau memotong bahan masakan. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa dalam memasak, terlebih lagi jika kegiatan memasak dilakukan oleh beberapa orang, misalnya memasak bersama keluarga. 


Kitchen Island Sebagai Tempat Penyimpanan Tambahan

fungsi kitchen island

(Niken Pradnya ( @rumah_cunique ) )


Tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan (storage) tambahan, keberadaan kitchen island juga memungkinkan pemakaian ruang dapur secara lebih efisien. Karena, tak hanya dapat digunakan untuk menyiapkan bahan-bahan masakan, kitchen island juga dapat digunakan untuk menyimpan peralatan dapur dan peralatan makan. 


Penggunaan kitchen island yang dilengkapi dengan storage akan membuat Anda lebih praktis saat menyiapkan makanan, dan tentu saja membuat peralatan dapur atau makan lebih tertata rapi. 


Kitchen Island Sekaligus Meja Makan

fungsi kitchen island

(Photo: Shannon McGrath ( @shannonmcgrath7 ) Arsitek: studiofour ( @studiofour.net.au ) )




Untuk Anda yang mencari alternatif kitchen island yang murah dan multifungsi, Anda dapat mempertimbangkan kitchen island sekaligus meja makan. Dari segi ukuran dan bentuk, model kitchen island ini sama dengan model kitchen island pada umumnya, hanya saja, bidang countertop-nya biasa dibiarkan polos tanpa kompor atau tempat cuci piring. Dengan begitu, kitchen island dapat dijadikan sebagai tempat makan casual yang nyaman. 


Kitchen Island untuk Memaksimalkan Ruang Dapur Terbatas

Fungsi kitchen island

(Ikea USA (@ikeausa) )

Apakah Anda memiliki ruang dapur yang tidak terlalu luas? Meskipun begitu, Anda tetap bisa memaksimalkan ruang dapur terbatas Anda dengan menggunakan kitchen island. Kehadiran kitchen island dapat difungsingkan untuk berbagai berbagai keperluan sekaligus, seperti tempat untuk menyimpan peralatan dapur dan peralatan makan, area menyiapkan bahan-bahan masakan, tempat mencuci piring kotor jika di dalamnya terdapat fasilitas bak cuci dan keran, hingga dijadikan sebagai meja makan. 


Kitchen Island Membuat Dapur Lebih Menarik

Fungsi kitchen island

(Photo: Tamara Uribe (@tamara_uribe) Arsitek: Workshop, Disen?o y Construccio?n (@workshop_arquitectos) )


Fungsi kitchen island berikutnya adalah dapat membuat dapur Anda tampak lebih menarik dan elegan. Terlebih lagi jika desain kitchen island yang Anda pilih tampak serasi dengan tema rumah Anda secara keseluruhan atau tema dapur Anda. 


(Teaser: Photo: Marnie Hawson (@marniehawsonKonstruksi: Sustainable Homes Melbourne (@sustainablehomesmelbourne) )