Teknologi gawai pintar bagi anak muda kini kian semarak dengan inovasi terbaru dari realme. Beberapa waktu lalu, realme resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya, realme 8 dan realme 8 Pro di Indonesia. Kedua smartphone tersebut merupakan penerus dari realme 7 dan realme 7 Pro yang dirilis realme pada Oktober 2020 lalu. Dibandingkan generasi pendahulunya, masing-masing perangkat dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi. Dari segi layar misalnya, realme 8 dan realme 8 Pro sama-sama mengusung layar Super AMOLED 6,4 inci dan mendukung refresh rate 60 Hz.

Bagian kiri atas layar realme 8 dihiasi dengan lubang punch hole yang menampung kamera 16 MP (f/2.5), begitu juga realme 8 Pro. Kedua ponsel juga sama-sama dibekali empat kamera belakang, namun konfigurasi yang diusung masing-masing ponsel sedikit berbeda. Empat kamera pada realme 8 terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP kamera macro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Sementara, realme 8 Pro dibekali dengan kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Selain itu, perbedaan juga terletak pada spesifikasi inti pada gawai. realme 8 menggunakan System-on-Chip (SoC) Helio G95 lansiran MediaTek, sementara realme 8 Pro diperkuat dengan SoC dari Qualcomm yakni Snapdragon 720G.


Kapasitas baterai keduanya pun berbeda. realme 8 Pro ditopang dengan baterai berkapasitas 4.500 mAH, sedangkan realme 8 baterainya justru lebih besar yakni 5.000 mAh. Fitur lainnya pada kedua ponsel mencakup NFC, port USB Type-C, In-Display Fingerprint, jack audio 3,5 mm, serta sistem operasi Android 11 yang sudah dilapisi dengan tampilan antarmuka realme UI 2.0.

Selain itu, realme juga melepas debut realme Buds Air 2 sebagai produk TWS terbaru dari realme yang merupakan hasil kolaborasi dengan DJ Top dunia - The Chainsmokers sebagai Special Invited Chief Tuner dan menjadi The Most Recommended TWS di bawah Rp 600 ribu berkat Real Active Noise Cancellation, 10mm Hi-Fi Bass Boost Driver, dan masa pakai baterai hingga 25 jam.


Kemudian ada juga realme Buds Air 2 Neo sebagai TWS dengan Active Noise Cancellation yang terjangkau untuk semua kalangan dengan masa pakai baterai hingga 28 jam, 10mm Driver Dynamic Bass Boost, dan 88ms latency mode, menjadikannya TWS dengan ANC untuk semua orang.


Foto: dok. realme