Jika Anda ingin membuat hunian tampak lebih terang pada pagi dan siang hari meskipun tanpa lampu, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan glass block. Glass block dapat difungsikan layaknya kaca yang dapat membuat ruangan tampak lebih terang tanpa lampu, tetapi tidak tembus pandang sehingga privasi tetap terjaga. 


Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai glass block dan apa saja fungsinya. 


Apa itu glass block?

glass block

(foto: @kiearch arsitek: tan tik lam @tantiklam)


glass block atau bisa disebut juga glass brick adalah salah satu material bangunan yang terbuat dari kaca tebal dan dapat digunakan untuk membuat struktur arsitektural seperti dinding partisi atau screen walls di berbagai ruangan rumah, yang dapat menciptakan pencahayaan alami pada rumah saat pagi dan siang hari. 


meskipun terbuat dari kaca, namun glass block tidak transparan sehingga privasi anda akan tetap terjaga. glass block memiliki berbagai ukuran, warna, bentuk, dan tekstur yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah anda. namun umumnya, glass block memiliki berbentuk persegi dengan ukuran 20x20 sentimeter dan ketebalan mencapai 11 sentimeter. inilah yang membuat glass block dinilai lebih kuat dari material bangunan kaca biasa.


fungi glass block

glass block

(foto: hilton carter (@hiltoncarter) desainer interior: mike (@thehangglider))


seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu fungsi utama dari penggunaan glass block adalah untuk memaksimalkan pencahayaan alami pada berbagai ruangan di rumah saat pagi dan siang hari, sehingga mampu menghemat pemakaian listrik. 


tak hanya itu saja, glass block juga dapat berfungsi sebagai elemen estetika pada ruangan, karena material bangunan ini tersedia dalam berbagai warna dan motif, yang dapat memberikan efek bias cahaya yang indah pada ruangan. glass block mempunyai manfaat insulasi yang baik, dengan mengurangi noise dan panas dari luar rumah sehingga membantu rumah terasa lebih adem.




saat ini, penggunaan glass block tidak hanya terbatas pada dinding partisi atau screen walls saja, tetapi juga pada lantai. 


pemasangan dan perawatan glass block

glass block

(Foto: @ukarastudio)


Tidak seperti proses instalasi material kaca pada umumnya, glass block sangat mudah, karena tidak membutuhkan banyak material pendukung seperti kusen kayu atau aluminium.


Untuk perawatan glass block, mudah, kok! Bagian glass block yang berdebu, hanya tinggal membersihkannya menggunakan kain lap yang dibasahi. Bila Anda ingin glass block bersih sekaligus mengkilap, gunakan cairan khusus pembersih kaca ataupun cairan pembersih abrasive. 


Bagaimana, tertarik menggunakan glass block untuk hunian Anda? 


(Teaser: Foto Katherine Lu Arsitek: Sibling Architecture)