Menjadi sebuah idaman semua orang memiliki kamar mandi yang elegan layaknya di hotel bintang lima. Lantai marmer, open layout, freestanding bathtub, shower dengan berbagai tipe pancuran, dan bucket list lainnya. Lalu harus memulai dari mana? Pilihan desain interior kamar mandi tentu mengikuti selera dan ukuran ruangan, namun jajaran produk sanitasi yang dipilih tidak boleh asal-asalan.







Produk sanitasi adalah investasi jangka panjang yang harus dipikirkan secara matang. Kualitas dan durabilitas menjadi pertimbangan pertama. Namun apakah cukup sampai di situ? Pernahkah Anda berpikir tentang sustainability, kesehatan bumi, atau generasi di masa depan saat memilih kloset atau wastafel?

Mungkin terdengar jauh dari konteks, namun sebetulnya tidak. Dengan memilih GROHE sebagai produk sanitasi di rumah / kantor / restaurant, Anda sudah mengambil bagian menjaga bumi dari climate crisis.




GROHE adalah perusahaan yang memproduksi produk kamar mandi dan dapur. Sejak tahun 1936, GROHE telah menjadi brand global terkemuka di dunia. Brand dari Jerman ini menghadirkan teknologi terbaik guna menciptakan pengalaman higienis yang istimewa melalui produk kamar mandi dan dapur. Selama 10 tahun terakhir saja, GROHE telah berhasil mendapatkan lebih dari 240 penghargaan desain dan inovasi yang salah satunya adalah “Germany’s most sustainable major companies of 2015”.





Sebagai bagian dari LIXIL, grup perusahaan sanitaryware terbesar di dunia, GROHE memiliki tiga strategi sustainability  yang membentuk siklus 360 derajat, yaitu Sanitation for All, Zero Carbon & Circular Living, serta Inclusive for All. Pada tahun 2018, GROHE menggantikan plastik kemasannya menjadi lebih ramah lingkungan. Terhitung mulai Juni 2018, sekitar 32 juta item dari kemasan plastik bisa dihilangkan. Akhir tahun 2021, angka ini menjadi meningkat secara signifikan hingga 35 juta.




Jika selama ini kita sudah peduli lingkungan dengan mengurangi plastik di rumah, GROHE telah melakukan dalam lingkup yang lebih besar sejak 20 tahun lalu. Inilah bukti dedikasi GROHE hingga bisa menduduki posisi tiga teratas sebagai perusahaan besar Jerman yang paling berkelanjutan di tahun 2015.




Di skala global, banyak perusahaan dari berbagai sektor bisnis yang masih menerapkan sistem take-make-waste. Sumber daya diekstraksi untuk membuat produk, lalu akan dibuang setelah akhir penggunaannya. Pada akhirnya, permasalahan sampah terus bergulir. Namun GROHE mengambil aksi dan solusi melalui circular economy.



GROHE berusaha meminimalkan sumber daya yang dibutuhkan serta mengurangi polusi. Tingkat daur ulang sampah dapat mencapai 99% serta penggunaan kuningan dengan daur ulang proporsi hingga 80%. Sistem ini telah GROHE lakukan secara bertahap selama bertahun-tahun.

Targetnya, GROHE akan net-zero emisi karbon mulai dari produksi, operasi, hingga produknya terpasang di rumah dan ruang publik per tahun 2050. GROHE ingin menjadi solusi housing dan lifestyle yang melestarikan air dan sumber daya alam untuk generasi mendatang.




Dan tentunya tak hanya membicarakan tentang packaging kemasan dan produksi CO2 saja. Hal utama yang berkaitan dengan produk sanitasi adalah air. Produk-produk GROHE telah dirancang sedemikian rupa agar dapat menghemat penggunaan air. 


Salah satu sustainable solution dari GROHE yang bisa Anda coba adalah GROHE EcoJoy Thermostats yang dapat menghemat penggunaan air hingga 50% dan dapat mempertahankan suhu pancuran secara konstan tanpa fluktuasi yang buruk. Semua produknya dirancang secara sistematis untuk menghemat air dan energi sehingga sumber daya yang berharga dapat dilestarikan.






Namun mengurangi air bukan berarti aliran menjadi mengecil. Perusahaan asal Jerman ini sudah merancang sedemikian rupa agar Anda tetap relax saat mandi dan mendapatkan pengalaman air yang sempurna tanpa perlu berkompromi. Mengurangi konsumsi air dan energi berjalan seiring dengan kenyamanan dan desain yang menarik. Selain itu, GROHE touchless faucet juga dapat mengurangi penggunaan air hingga 70% dan tentunya menjadi solusi higienis di masa pandemi ini.


 


Ini dia produk rekomendasi AlaCASA  yang dapat Anda miliki, yaitu GROHE Rainshower SmartActive Hand Shower. Desainnya simpel dan timeless sehingga cocok untuk dipasang di desain kamar mandi apapun, baik itu master bathroom ataupun small bathroom. Hand shower ini punya tiga tipe pancuran air yang bisa disesuaikan dengan selera, GROHE Rain including DripStop, Jet including DripStop, dan ActiveMassage.




Rainshower Active ini dilengkapi GROHE DreamSpray memastikan aliran air yang merata dari setiap nozzle dan tentunya EcoJoy yang dapat menghemat penggunaan air hingga 50%. Shower adalah produk yang paling sering berkerak karena bekas air yang tertinggal, namun produk ini mudah dibersihkan hanya dengan jari. Lapisan GROHE Starlight chrome juga tahan gores dan akan tetap berkilau selama bertahun-tahun. 


Produk ini hadir dalam dua model dan berbagai warna, lebih dari 11 koleksi.




Ayo terlibat dalam program GROHE Goes to Zero dan peduli lingkungan mulai dari hal kecil dengan menggunakan produk GROHE. Temukan serangkaian produk GROHE di showroom GROHE Indonesia di kawasan Anda.


Sumber foto: GROHE