Prancis memang terkenal akan kemewahannya di segala bidang, dari arsitektur, interior, fashion, kuliner, dan lain-lain. Bukan tanpa alasan, Paris, Ibu Kota Prancis ini dijuluki Kota Mode. Kalian benar-benar akan menemukan benda-benda yang sangat bermode, terutama bangunan-bangunan dan interior yang sangat identik dengan keantikannya.

Tentu Café juga tidak boleh terlewatkan dari list tempat estetik yang bisa didatangi di Kota Mode ini. Biasanya kalau pergi ke Coffee Shop, kalian mungkin akan langsung memesan kopi dan memilih tempat duduk, lalu sibuk pada kegiatan masing-masing. Namun berbeda jika pergi ke Starbucks Opera Boulevard des Capucines yang terletak di Jalan 3 Bd des Capucines, Paris, Prancis ini. Tidak dapat dipungkiri jika kita pasti akan sibuk mengagumi interior klasik bergaya French Baroque ini. Tak heran sih, jika banyak turis yang pergi ke Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini ketika berkunjung ke Paris. Saat mau masuk saja kita sudah disambut oleh fasad yang terkesan vintage dengan dominan warna hitam yang elegan nan tegas.

°




Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

stories.starbucks.com


Voilà! Coffee Shop megah nan elegan ini sebenarnya bukan tempat nongkrong dulunya. Awalnya Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini adalah bangunan tua dari abad ke-17 yang dulunya beroperasi sebagai toko tekstil sebelum akhirnya menjadi gerai Starbucks pada tahun 2006 silam. Yup! Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini sendiri mengangkat gaya desain French Baroque seperti yang sudah dibahas sebelumnya. French Baroque sendiri memiliki ciri khas ukiran-ukiran detail nan rumit, pilar-pilar, dan berbagai lukisan dekoratif klasik pada langit-langit ruangan yang biasanya menceritakan tentang hal penting. Benar-benar mewah banget ya, seperti di rumah bangsawan Eropa!

Gaya desain French Baroque memang umumnya dibuat untuk membuat yang melihat merasa terkesan. Banyak ditemukan bentuk-bentuk yang kompleks dan material furnitur yang berkilau, seringkali didominasi warna emas agar dapat menekankan kesan Luxurious.

Untuk melengkapi arsitektur yang ada, panel berwarna gelap juga ditambahkan untuk mempercantik coffee bar termasuk tanaman kopi Arabica Pika, yang merupakan elemen yang tak kalah penting di Starbucks ini. Lantai kayu parket bermotif zig-zag, new brass balustrades, dan furnitur custom dirancang untuk memastikan agar keaslian ruang tetap terjaga sambil menciptakan pengalaman Starbucks yang inovatif.


Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

Pinterest (Trip Advisor)


Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini tentu juga merupakan ide yang bagus untuk membawa pasangan kalian saat sedang berkencan. Suasana romantis dapat dirasakan melalui pencahayaannya yang memiliki warm ambience, elemen interior yang elegan nan mewah dengan banyaknya gilt-wood yang ditemui di setiap sisi interiornya, serta yang tak kalah penting, tempat duduk yang nyaman. Sungguh tempat yang sempurna! Nilai 100 untuk kemewahan interior Starbucks Opera Boulevard des Capucines yang terletak di Paris, Prancis ini. Literally tempat ini bakalan buat kalian merasa kayak bangsawan deh. Bahkan, Coffee Shop ini sendiri lebih seperti Ballroom daripada sekedar tempat untuk nongkrong dan minum kopi.

Artificial Light atau pencahayaan ruangan buatan dari Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini sangat mencerminkan French Baroque. Lampu yang digunakan adalah lampu gantung mewah bermaterial kaca atau yang biasa kita kenal sebagai chandelier. Lampu di dalam Starbucks ini sengaja tidak dipasang dalam jumlah yang banyak agar pencahayaan yang dihasilkan juga redup-redup. Hal ini bertujuan agar suasana romantis dan nyaman bisa terbangun dan pengunjung bisa betah melakukan kegiatan mereka di dalam Coffee Shop. Detail elemen interior banyak diadaptasi dari bentuk floral yang banyak diambil dari daun acanthus, daun water lily, daun palem, ranting tanaman laurel, pohon olive dan oak, buah dan bunga dari scrolling foliage dan garland.


Baca juga, Starbucks di Jepang Peduli & Ramah Teman Tuli


Furnitur yang terdapat di Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini lebih cenderung ke gaya modern, namun tetap berkesan mewah dan dipoles dengan warna yang selaras dengan interiornya. Bisa dibilang Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini merupakan gaya kontemporer perpaduan antara gaya desain abad-18 yang mewah nan rumit dan gaya desain modern yang lebih elegan dan simple. Terutama pada meja, yang dibuat sederhana tidak bermotif dan diberi warna terang agar memudahkan kegiatan pengunjung yang membutuhkan meja, seperti makan dan minum, mengerjakan pekerjaan atau menonton dengan laptop.


Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

Google (Photo by Lionel B)


Berencana untuk datang sendiri ke Starbucks Opera Boulevard des Capucines? Jangan khawatir karena Starbucks Opera Boulevard des Capucines ini menyediakan banyak tempat bagi yang ingin duduk sendirian, salah satunya yaitu tempat duduk yang dilengkapi dengan 1 meja per orang. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini area untuk duduk sendiri tidak untuk digunakan untuk sementara waktu.


Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

Google (Photo by Vicki)


Baca juga, Kengo Kuma x Starbucks, Terobosan Desain di Taiwan!


Starbucks Opera Boulevard des Capucines juga menyediakan tumbler ikonik Starbucks yang bisa dibawa kemana-mana lho! Bedanya, tumbler yang dijual di Starbucks Opera Boulevard des Capucines memiliki motif khas Paris, salah satunya adalah gelas dengan gambar Eiffel Tower di bagian tengah. Starbucks biasanya akan mengadakan tumbler day pada hari-hari tertentu. Pada tumbler day, pengunjung yang memesan minuman dengan menggunakan tumbler yang dijual di Starbucks akan mendapatkan potongan harga untuk minuman yang dipesan.


Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

Google (Photo by Nguyen Ngoc My Linh)


Sama seperti gerai Starbucks pada umumnya, Starbucks Opera Boulevard des Capucines juga menyediakan berbagai macam makanan ringan yang enak seperti roti, kue, dan kukis, serta fancy drinks yang banyak digemari orang.


Nongkrong Ala Duke dan Duchess di Starbucks

Photo from Google


Bahkan, roti, kue, dan kukis yang disajikan sangat cantik dan estetik! Makanan yang disajikan sangat bisa jadi properti tambahan selain interior Starbucks Opera Boulevard des Capucines yang membuat foto kalian menjadi instagramable. Starbucks Opera Boulevard des Capucines buka dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam setiap hari kecuali hari Sabtu yang tutup pada jam 11 malam. Yuk, siapkan dirimu menjadi Duke dan Duchess di Starbucks Opera Boulevard des Capucines!




Teks oleh: Cindy Antonia Gunaidi
Sumber teaser: Pinterest (reddit.com)