Seperti halnya café, restoran tidak hanya menjadi area makan dan minum saja. Tempat ini juga bisa menjadi sarana untuk tempat berkumpul atau nongkrong sambil melakukan aktivitas yang produktif seperti mengerjakan tugas, meeting, dan lain sebagainya. Tentu fungsi ruang restoran akan berkembang seiring berjalannya waktu.


Dahulu, restoran hanya digunakan sebagai tempat makan dan minum, namun berbeda dengan zaman sekarang, restoran bisa memiliki fungsi baru dan diiringi oleh perubahan sesuai dengan tuntutan generasi muda. Generasi muda cenderung mencari tempat makan yang memiliki suasana nyaman, punya teknologi ataupun inovasi baru, bisa sebagai sarana eksistensi dan aktualisasi diri, sehingga hal inilah yang bisa menjadi alasan dari perubahan itu.


Baca juga, Baru di Bali, Restoran Instagramable Bergaya Romawi


Oleh karena itu, suasana interior ruangan restoran akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengunjung dan bisa mempengaruhi peningkatan jumlah pengunjung restoran tersebut.



hospitalitysnapshots.com


Para pebisnis di bidang kuliner tidak hanya memperhatikan kualitas menu jualannya, namun juga perlu memperhatikan kualitas interior ruangan yang dapat mempengaruhi suasana hati pelanggannya. Oleh karena itu, restoran harus bisa menarik pelanggan dengan baik, baik dari segi makanan, maupun dari segi visual interiornya. Hal ini bisa dicapai dengan menentukan konsep dan branding dari restoran Anda.


Konsep yang dimaksud adalah tema secara garis besar yang akan digunakan dalam restoran Anda. Anda bisa menggunakan konsep tematik yang unik yang bisa menggambarkan identitas brand restoran Anda. Misalnya, jika Anda mempunyai restoran gaya Indonesia, Anda bisa menggunakan berbagai elemen atau material khas Indonesia seperti rotan, bambu, ataupun bentuk ukiran yang bisa menunjukkan tema atau konsep restoran Indonesia secara jelas.



estliving.com


Restoran makanan cepat saji yang menggunakan banyak warna cerah dan elemen grafis tentu akan sangat berbeda dari segi tema jika dibandingkan dengan restoran fine dining yang menggunakan elemen interior yang terkesan mewah dan elegan. Hal ini tentu sangat mempengaruhi suasana yang tercipta dalam ruangan restoran Anda.


Baca juga, 10 Restoran Hotel di AS ini Memiliki Desain Terbaik


Setelah menentukan konsep, warna akan selalu mengikuti branding, begitu pula dengan material. Warna dapat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk suasana ruang. Oleh karena itu, warna dapat mempengaruhi suasana hati pelanggan Anda. Penentuan warna ini juga bisa didasarkan pada identitas brand restoran Anda. Misalnya saja seperti restoran KFC yang dominan berwarna merah dan putih, interior restorannya pun mengikuti warna brandnya. 



nelsonworldwide.com


Pengaplikasian warna ini tidak hanya pada cat dinding saja, bisa juga diaplikasikan di kursi, sofa, meja, lantai, ataupun plafon. Namun, dalam penentuan peletakan warna juga harus berhati-hati. Jangan sampai suasana ruang yang diciptakan justru malah mengganggu selera makan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna-warna yang sedang trend di tahun ini dengan tujuan menarik perhatian pelanggan.


Generasi muda jaman sekarang sangat menyukai gaya desain interior dengan warna-warna yang baru, unik, dan sedang trend dengan tujuan untuk pengambilan swafoto. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi restoran Anda karena Anda bisa mendapatkan promosi gratis dari pelanggan yang berfoto dengan latar belakang interior restoran Anda.


Contoh warna untuk interior yang sedang trend di tahun 2022 ini adalah warna earth tone dan bright pastel. Berikut contoh warna yang bisa jadi panduan Anda dalam menentukan interior restoran Anda. 


loveremodeled.com


Selain warna, material juga memiliki trend tersendiri dalam interior restoran. Namun, perlu juga mempertimbangkan tema restoran Anda sesuai poin pertama. Misalkan Anda ingin membangun suasana interior restoran yang modern, namun tetap memiliki kesan menyenangkan, Anda bisa gunakan material keramik atau terrazzo dengan warna yang unik pula.



Sebaliknya, jika Anda ingin menampilkan interior restoran dengan gaya yang lebih tradisional, Anda bisa gunakan material dengan dominan kayu.



alux.com


Untuk menghidupkan suasana ruang dalam restoran, pencahayaan merupakan suatu hal yang penting dalam mewujudkan keberhasilan branding restoran Anda. Pencahayaan dapat mempengaruhi selera makan pelanggan. Umumnya, restoran harus memiliki pencahayaan yang terang agar pelanggan bisa melihat apa yang mereka makan atau minum.


Dengan demikian, hal ini bisa menggugah nafsu makan mereka karena pencahayaan yang cukup terang untuk menunjukkan hidangan restoran.



poggesiusa.com


Jika pencahayaan dalam restoran remang-remang, memang hal ini dapat menimbulkan efek keintiman pada pelanggan, namun perlu diperhatikan agar pencahayaan tidak terlalu gelap agar selera makan pelanggan tidak hilang. Anda juga dapat memanfaatkan pencahayaan alami dari jendela untuk mendapatkan kesan segar dan cerah pada restoran Anda. Hal ini dapat membuat pelanggan Anda merasa lebih senang dan segar ketika berada di dalam restoran Anda.



outdoorliving.blog


Untuk memperkuat identitas branding, diperlukan elemen visual grafis yang mampu menampilkan informasi, kisah, maupun pesan dalam bentuk visual kepada pelanggan. Elemen ini dapat berupa poster makanan yang dijual, logo restoran, permainan bentuk, warna, dan motif yang mampu memperkuat brand identity dari sebuah restoran.


Anda dapat mengaplikasikan elemen ini pada motif lantai, mural di dinding, signage (penanda arah) pada spot tertentu, permainan typography, dan lain sebagainya. Elemen-elemen ini tentu dapat meningkatkan kualitas interior restoran Anda dan bisa semakin memikat pelanggan terutama dari segi visual restoran.



bali-interiors.com


Pelanggan yang berkunjung juga akan semakin senang ketika mendapati interior restoran Anda yang menarik dan memakai banyak elemen visual grafis. Apalagi bagi generasi muda, mereka akan cenderung melakukan kebiasaan swafoto sebagai bentuk eksistensi diri dan mengupload ke media sosial mereka masing-masing. Tentunya, Anda bisa mendapatkan promosi secara cuma-cuma dari pelanggan Anda yang dapat menarik pelanggan lain dari kenalan mereka.



pinterest.com


Itulah pentingnya mengaplikasikan branding restoran ke dalam interior restoran Anda agar bisa menarik secara visual dan berdampak pada ketertarikan pelanggan. Jika pelanggan puas dengan jasa pelayanan dan suasana ruang restoran Anda, mereka akan dengan senang hati kembali mengunjungi restoran Anda.


Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin membuat restoran agar menarik secara visual dan menyegarkan mata, terutama bagi kepuasan pelanggan restoran Anda.

 

Sumber Teaser: Pinterest
Teks Oleh : Bernadeth Vania Geraldine, Mahasiswa Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra