Mari terjun ke pengalaman ruang unik di Kartell bersama Domus Academy!

Siswa program master Interior & Living Design dari Domus Academy hadir untuk menjawab tantangan dalam merancang ruang retail yang orisinal serta inovatif. Berkolaborasi dengan Fondazione Museo Kartell, sekelompok murid dari sekolah desain yang berbasis di Milan, Italia ini merancang showroom milik Kartell yang dikenal sebagai brand furnitur asal Italia dengan desain yang berkelanjutan, inovatif, serta berkualitas tinggi.

Dalam proyek desain bertajuk Design of Spaces Workshop, para siswa menyuguhkan sejumlah desain toko retail dengan pengalaman baru serta unik. Desain tercipta berdasarkan beragam skenario keadaan yang digabungkan dengan analisa kebiasaan pengunjung guna mengantarkan nilai yang baru dan berpotensial bagi Kartell.





Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 1

Villa Kartell


Di akhir proyek, para desainer muda ini mempresentasikan konsep desain lengkap dengan skenario, rencana interior, prototipe, gambar kerja dan hasil rendering, bahkan teaser berupa video. Kumpulan output ini diharapkan mampu mengolah potensi hubungan antara desain retail dan strategi bisnis yang juga dinilai esensial dalam konteks desain ruang seperti ini.


Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 2

Play-Stik


Contohnya saja proyek Play-Stik ciptaan Yasmina El Khoury, Casey Doran Lewis, dan Anubha Verma yang menampilkan produk ikonis Kartell sebagai karakter utama cerita dalam ruang terinspirasi dari panggung pertunjukan. Maka dari itu, Anda dapat menemukan kehadiran item modular seperti partisi tirai, tangga, platform, pencahayaan yang dramatis, serta bangku yang tak pernah absen dari ruang teater. Selain itu, pengunjung turut diajak untuk mengombinasikan beberapa produk yang ada guna merasakan interaksi yang playful sembari menemukan karakter unik dari tiap objek.


Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 3

Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 4

Play-Stik


Baca juga, Etalase Toko Diubah Menjadi Panggung Teater, Seperti Apa?


Bagi Xiaoqing Wang, Carlos Guijarro, dan Naddhan Udayasen, showroom direpresentasikan sebagai konsep desain bertajuk nama Villa Kartell. Menjadikan detail arsitektural dan asal dari brand Kartell sebagai basis risetnya, grup ini mengeksplorasi material dan warna guna menciptakan pengalaman emosional yang kuat sekaligus menghadirkan twist bergaya kontemporer. Hasilnya, ruang retail berwarna bold dengan detail menggunakan lampu neon serta cermin dan panel akrilik yang interaktif. Kehadiran elemen ini seolah menggambarkan motif tradisional teraso asal Italia atau lebih dikenal dengan nama motif Venetian Floor.




Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 5

Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 6

Villa Kartell


Pengalaman ruangpun berlanjut ke Garden Area yang menyihir pengunjung untuk merasa lebih rileks sebelum beranjak ke area Boutique atau Showroom yang berisi koleksi serta aksesori buatan Kartell.


Hadirkan Pengalaman Baru Kreasi Desainer Muda untuk Kartell Domus Academy AlaCASA 7

Villa Kartell


Melalui tantangan yang disuguhkan dalam proyek kolaborasi ini, siswa diharapkan membangun pengalaman kerja di dunia profesional. Begitu pula, turut mampu melahirkan output ide yang orisinal saat berinteraksi langsung bersama perusahaan yang kerap memberikan tantangan desain bergaya kontemporer dan relatable di masa kini. Dengan demikian, bisa memahami Disruptive Design Concepts dan Envision the Future yang mampu beradaptasi menghadapi beragam skenario, bahkan yang dirasa mustahil sekalipun.


Baca juga, Keren Abis! Toko Unik Permen Susu Jadul White Rabbit



Sejak bulan September 2021, Domus Academy telah mengembangkan program studi Double Award Master. Melalui program ini, siswa dapat meraih Academic Master’s Degree yang diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Italia bersamaan dengan gelar Master of Arts berstandar internasional yang telah divalidasi oleh United Kingdom.


Sumber Foto: Domus Academy