Rumah yang bersih dapat memberikan kenyamanan sekaligus menjaga kesehatan (baik secara fisik maupun mental) bagi penghuninya. Itulah mengapa, Anda perlu jadwal pembersihan rumah rutin, yang akan membuat rumah Anda terlihat lebih bersih dan rapi sepanjang waktu, serta bisa meningkatkan kualitas hidup. 


Tetapi, sudahkah Anda membersihkan rumah dengan benar secara menyeluruh? Coba dicek lagi! Saat Anda masuk ke sebuah ruangan, biasanya mudah untuk melihat apa yang perlu dibersihkan, tetapi saat Anda perhatikan lagi ada beberapa tempat yang kerap terlewat saat membersihkan rumah. Dimana saja itu? Inilah enam tempat di rumah yang sering lupa dibersihkan.  


1. Bagian bawah furnitur


(Photo by Nathan Oakley on Unsplash)


Jika Anda perhatikan, saat melihat ke bawah tempat tidur atau sofa, Anda mungkin terkejut dengan banyaknya debu-debu halus dan kotoran yang menumpuk di bawah sana. Karena tidak terlihat, bagian bawah furnitur sering sekali terlupakan untuk dibersihkan. Gunakan penyedot debu untuk menyingkirkan debu dan kotoran di bagian bawah perabotan setiap kali Anda membersihkan rumah. 


2. Bagian atas pintu, langit-langit, dan jendela


(Photo by João Jesus from Pexels)


Tak hanya penting memerhatikan bagian bawah perabotan saja, tetapi juga penting untuk memerhatikan bagian atas rumah, seperti pada bagian atas pintu, langit-langit, dan jendela. 


Saat Anda membersihkan rumah, luangkan waktu untuk melihat ke bagian atas rumah, dan Anda mungkin menemukan lebih banyak debu dan kotoran daripada yang Anda duga. Gunakan kemoceng dengan pegangan yang dapat dipanjangkan, atau kain mikrofiber bersih untuk membersihkan bagian atas rumah yang diikatkan ke gagang sapu atau pel dengan karet gelang. 


3. Lantai bagian dalam lemari


(Photo by Zoe van Poetsprins.nl on Unsplash)


Lemari mungkin menjadi salah satu furnitur penting yang sangat mudah berantakan —banyaknya pakaian yang tidak dilipat rapi, kotak-kotak sepatu menumpuk tinggi, dan tumpukan tas yang dijejalkan tidak teratur. 


Tentu, Anda mungkin punya jadwal rutin untuk merapikan dan membersihkan lemari. Tapi kapan terakhir kali Anda membersihkan lemari hingga ke bagian lantai dalam lemari? Lantai lemari juga bisa berdebu dan kotor. Itu bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan lumut serta serangga, yang kemudian bisa merusak pakaian favorit Anda.


Setidaknya tiga bulan sekali, bersihkan lemari Anda secara menyeluruh. Ini juga waktu yang tepat untuk decluttering barang — menyumbangkan pakaian yang sudah tidak muat atau tidak Anda pakai lagi. Dengan begitu, Anda memiliki banyak ruang untuk menyimpan barang-barang sisanya dengan benar dan lebih rapi. 


4. Tanaman dalam ruangan


(Photo by Lakeisha Bennett on Unsplash)




Sama dengan dekorasi lainnya, tanaman hias dalam ruangan juga perlu dibersihkan, karena bisa mengumpulkan banyak debu dan kotoran. Debu yang menempel pada tanaman akan mengalangi sinar matahari dan mengurangi kemampuan tanaman untuk berfotosintesis — bisa membuat tanaman mengalami penurunan pertumbuhan dan mati. 


Salah satu cara terbaik membersihkan tanaman hias di dalam ruangan adalah menyemprotkan air dengan lembut, lalu gunakan kain microfiber untuk menyeka setiap daun. 


5. Ventilasi 


(Photo by Sidekix Media on Unsplash)


Kita cenderung mengabaikan apa yang berada di luar jangkauan pandangan kita. Ventilasi udara termasuk sudut rumah yang kurang mendapat perhatian karena berada di luar jangkauan pandangan mata. Padahal, ventilasi juga sangat penting untuk rutin dibersihkan, agar kualitas udara yang masuk ke dalam rumah juga bersih— ini baik untuk kesehatan. 


Cara membersihkan ventilasi udara di rumah sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan lap basah atau kain microfiber untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.


6. Saluran air toilet


(Photo by Ksenia Chernaya from Pexels)


Saluran air toilet sering menjadi tempat menumpuknya rambut dan kotoran, yang tak hanya bisa menyebabkan penyumbatan tetapi juga bisa menyebabkan air menggenang lantai kamar mandi.


Saat membersihkan saluran air, pastikan Anda menggunakan sarung tangan plastik dan tongkat, untuk memudahkan Anda mengangkat tumpukan rambut dan kotoran.




(Teaser: Photo by Kara Eads on Unsplash)