LoveCare Indonesia menjadi marketplace pertama di Indonesia yang menyediakan jasa profesional kesehatan. Pada 18 April 2022 lalu, berlangsung di Kunstkring, Veronica Tan, selaku President of Commissioner LoveCare, berbincang-bincang dengan media.


LoveCare adalah platform digital pertama di Indonesia yang menghubungkan dan mencocokkan penyedia jasa medis maupun nonmedis dengan pengguna jasa berdasarkan kebutuhan, lokasi, dan preferensi secara aman, cepat dan nyaman. LoveCare didirikan pada tahun 2019 di Jakarta oleh Veronica Tan, Annette Anhar, Susan Nio, Dr. Venita Eng, dan Renold Sutadi. 





Baca juga, 11 Jenis Tanaman Toga Dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Sejak 2019 LoveCare telah menjadi wadah yang memberikan dampak nyata bagi para keluarga Indonesia. Veronica mengatakan, "Saya melihat bahwa kebutuhan akan tenaga perawat, caregiver selalu ada di mana-mana, realitanya, tidak mudah mendapatkan tenaga perawat dan caregiver ini.




Itulah awalnya LoveCare dibuat, untuk menyediakan tenaga perawat untuk balita sampai lansia yang memiliki ketulusan, serta kasih dan sayang dalam merawat pasiennya dengan basis teknologi. Aplikasi LoveCare ini mempertemukan kebutuhan klien dari berbagai kota, dengan tenaga perawat balita hingga lansia berkompetensi yang berada di berbagai daerah," 


Veronica bersama tim di LoveCare ingin membuat usaha yang tidak hanya menyelesaikan problem dan juga mendapatkan laba, namun usaha ini juga harus bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Seperti, membuka lapangan pekerjaan dengan tenaga kerja serta sumber daya manusia yang mentalnya terdidik dan terlatih dengan baik. 


Saat ini sudah ribuan mitra dari berbagai wilayah Indonesia yang mendaftar menjadi mitra LoveCare,namun yang lolos tes hanya 20%. "LoveCare memastikan tiga faktor penting yang wajib dimiliki mitra LoveCare, yaitu Kompetensi, Mental, dan Hati (KOMET). Saat ini ada 200 mitra yang tersebar di lebih dari 50 kota dan kabupaten Indonesia.




Detailnya, caregiver sekitar 40%, perawat 30%, babysitter 7%, dan selebihnya dokter, bidan, dan terapis," kata Susan yang bersama tim melakukan rekruitmen setiap hari. Di akhir April dan Mei LoveCare akan melakukan roadshow ke daerah-daerah untuk rekrutmen mitra Caregiver LoveCare.



LoveCare Indonesia langsung disambut baik, karena banyak orang membutuhkan tenaga-tenaga yang disediakan LoveCare Indonesia. Salah satunya adalah 'generasi sandwich' yang harus mengurus keluarga mereka sendiri, tetapi juga harus mengurus orangtua dalam waktu bersamaan.


Roslina Verauli, Psikolog klinis anak, remaja, & keluarga, yang juga hadir dalam acara bincang-bincang dengan media, mengatakan, "Keberadaan ‘generasi roti lapis’ atau ‘sandwich generation’ tak dipungkiri merupakan beban berat bagi orang dewasa, terutama bagi perempuan bekerja saat ini," kata Verauli.


Baca juga, Ini Dia! 5 Jasa Pembersih Kasur dan Sofa


Melalui visi misinya, LoveCare menjadi platform yang paling handal dan terpercaya dalam memberikan layanan home care terbaik bagi masyarakat di Indonesia dan misi untuk membantu lebih banyak orang hidup aman di rumah saat mereka lahir dan bertambah tua.


Sumber teaser: LoveCare Indonesia
Teks oleh: Azzahra Via Tanaro