Banyak dari kita yang mungkin sering merasa bosan berada di dalam rumah. Sebenarnya ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di rumah saat merasa bosan, seperti menonton, membaca buku, bermain, atau berolahraga. Tapi, aktivitas satu ini tidak kalah menariknya, dapat dilakukan di waktu luang kita agar lebih produktif yaitu Merajut.


Merajut adalah teknik membuat kain dengan menyilangkan sehelai benang rajut menggunakan alat rajut. Pada umumnya rajutan digunakan sebagai pakaian atau dibuat menjadi boneka, namun dalam perkembangannya rajutan juga dapat digunakan pada berbagai hal termasuk dekorasi interior.





Yuk, kita bahas produk-produk unik yang dapat kita buat di waktu luang untuk membuat interior rumah Anda lebih menarik!


1. Dreamcatcher untuk Dekorasi Dinding



theloopystitchdotcom.files.wordpress


Dreamcatcher adalah dekorasi yang berasal dari budaya Indian, dipercaya mampu menangkap mimpi buruk. Karena itulah dekorasi ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai jimat agar dapat tidur lelap dan bermimpi indah. Secara umum material utama dreamcathcher, menggunakan benang wol yang diikat dan dililitkan pada lingkaran.


Walaupun banyak orang yang tidak mempercayai kepercayaan tersebut, banyak yang menggunakan Dreamcatcher sebagai dekorasi dinding, dikarenakan bentuknya yang unik dan menarik. Anda dapat menggantungnya pada dinding ruang tamu, pintu kamar, atau sebagai dekorasi dinding pada café.


2. Sarung Bantal Sofa



polarajutanku.blogspot.com


Kerajinan merajut juga dapat dimanfaatkan sebagau sarung bantal pada ruang tamu atau kamar tidur. Permukaannya yang memiliki motif dan tekstur unik dapat membuat ruang menjadi lebih menarik dan memberi kesan hangat.


3. Kursi dari Rajutan



efratainterior.com


Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa kerajinan merajut ternyata juga dapat dijadikan menjadi furniture dalam interior. Kursi dari teknik merajut dapat menjadi salah satu ide untuk mempercantik ruang interior anda. Dengan tekstur dan motifnya yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri. Kursi berbahan rajut juga dapat memberi kenyamanan saat duduk, dikarenakan permukaannya yang halus dan empuk.




Baca juga, Produk ini Kombinasikan Kerajinan dan Teknologi


4. Kap Lampu



diytomake.com


Selanjutnya yang tidak kalah uniknya adalah rumah atau kap lampu yang terbuat dari rajutan. Jika kap lampu yang polos sudah menjadi hal biasa, mungkin rajutan bisa menjadi salah satu ide yang menarik. Ruangan anda akan terlihat lebih menarik dan unik dengan kap lampu yang diberi motif dan warna yang bervariasi.


Baca juga, Trend Alert: Dekorasi Unik dari Kerajinan Makrame


5. Jam Dinding



ravelry.com


Jika merasa bosan dengan jam dinding biasa di rumah anda, ternyata kita dapat membuat sendiri jam dinding yang lebih menarik sesuai selera kita, yaitu dengan rajutan. Kita bisa mengganti jam dinding yang polos menjadi lebih menarik dan unik agar ruangan menjadi lebih menarik.


Ternyata sangat banyak produk yang dapat dihasilkan dari kerajinan merajut, tidak hanya sebagai produk pakaian, selimut, atau kain. Jika terus di pelajari berbagai macam produk sangat mungkin dijadikan kerajinan merajut. Jadi jangan takut mencoba, siapa tau kalian juga bisa membuat inovasi baru lainnya.


Sumber teaser: Pinterest
Teks oleh: Michelle Rosaline Hartanto, Mahasiswa Jurusan Desain Interior Universitas Kristen Petra