Tidak hanya di luar negeri, Indonesia juga terdapat banyak patung dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Patung-patung tersebut biasanya dibuat untuk tujuan pameran atau sebagai objek pariwisata, yang bahkan terkenal sampai ke luar negeri. 

Berikut ini beberapa patung-patung terbesar di Indonesia. Yuk, simak!


1. Patung Yesus


(photo by @herryz / commons.wikimedia.org)


selain di rio de janeiro brazil, patung yesus berukuran besar juga berada di sulawesi selatan, tepatnya di kabupaten makale tana toraja. menurut laporan, patung yesus ini memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berada di brazil, dengan tinggi mencapai 40 meter. 

patung yesus di kota makale, dikenal juga dengan nama yesus buntu burake, yang menjadi ikon religi dan ikon wisata bagi umat nasrani di sulawesi dan indonesia. 

jika ingin berkunjung ke yesus buntu burake anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 kilometer dari kota malake. 


2. gwk / garuda wisnu kencana


(photo by @pariseasia / @secret_temples on instagram)


selain terkenal memiliki banyak pantai, bali juga jadi rumah bagi banyak patung, termasuk patung yang berukuran besar seperti patung garuda wisnu kencana (gwk). 

patung ini berwujud dewa wisnu yang sedang mengendarai burung garuda yang merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

garuda wisnu kencana dibuat oleh i nyoman nuarta, seniman patung dari bali, dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter, membuatnya jadi salah satu patung terbesar dan tertinggi di indonesia. 


3. patung dewa murugan


patung dewa murugan merupakan patung terbesar di indonesia yang terletak di langkat, sumatera utara, tepatnya di tepatnya di pelataran kuil shri raja rajeshwari amman kovil. patung dewa murugan memiliki tinggi 17 meter yang menjulang dengan megah. 

dalam mitologi hindu meyakini bahwa dewa murugan adalah putra dewa agni yang merupakan dewa perang. 

berada di provinsi dengan penduduk multikultural, patung ini tidak hanya digunakan sebagai ruang bagi umat hindu beribadah, tetapi juga ruang bagi umat agama lainnya untuk berwisata.


4. patung dewi kwan im


(photo by @sattu / trip.com)


masih di sumatra utara, juga terdapat patung terbesar lainnya yaitu patung dewi kwan im. patung ini terletak di pematangsiantar, yang menjadi salah satu ikon wisata religi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam kota maupun luar kota. 

patung dewi kwan im berdiri kokoh setinggi 22,8 meter, dan pernah dinobatkan muri sebagai patung terbesar dan tertinggi di indonesia dan asia tenggara.

masyarakat budha meyakini dewi kwan im merupakan sosok dewi yang penuh cinta dan kasih sayang dengan sikap welas asih.


5. patung buddha tidur


(photo by @phewheantho on instagram)


tidak perlu jauh-jauh pergi ke thailand, anda juga bisa melihat kemegahan dan keindahan patung sleeping budha di mojokerto, jawa timur, tepatnya di desa bejijong. patung sleeping budha ini dibangun pada tahun 1993 oleh pematung dari solo dan desa bejijong, yang diprakarsai oleh bhikkhu viriyanadi mahathera. 

tahun 2001, patung budha tidur ini mendapatkan penghargaan dari muri sebagai patung terbesar di indonesia dengan ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. 

patung ini menggambarkan detik-detik wafatnya budha gautama yang seperti tidur miring dengan telapak tangan kanan menyangga kepalanya. ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di mojokerto.




6. patung monumen jalesveva jayamahe


(tourism.surabaya.go.id)


patung monumen jalasveva jayamahe, atau dikenal juga sebagai monjaya, adalah sebuah monumen terbesar di indonesia yang terletak di surabaya, jawa timur. patung monumen setinggi 30,6 meter ini menggambarkan sosok perwira tni angkatan laut berbusana lengkap dengan pedang kehormatan yang melihat ke arah laut, yang berarti bahwa angkatan laut indonesia siap berjaya di lautan. 


7. patung bekantan


(photo by indonesia.travel)


patung bekantan adalah salah satu ikon baru kota banjarmasin, yang menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan dalam kota maupun luar kota. patung ini memiliki tinggi mencapai 6,3 meter yang terletak di dekat sungai martapura. pewarnaan patung ini dilakukan oleh para seniman dari yogyakarta yang dibuat sangat mirip dengan hewan bekantan aslinya—salah satu hewan primata yang banyak tersebar di hutan-hutan di kalimantan. 

pada bagian mulut patung bekantan terdapat air mancur, seperti layaknya patung merlion di singapura.


8. patung bunda maria assumpta


(photo by @matadeastama on instagram)


berlokasi di ambarawa, tepatnya di ??kompleks gua maria kerep, patung bunda maria assumpta merupakan ikon wisata religi di daerah tersebut yang memiliki total tinggi mencapai 42 meter. kemegahan patung ini diklaim jadi yang terbesar se-asia tenggara. 

patung ini dibuat dari bahan resin dan pasir kwarsa yang pembuatannya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun, agustus 2014 hingga april 2017. 

untuk melihat keindahan patung bunda maria assumpta, anda bisa mengunjungi kawasan wisata ini pada siang hari.


9. patung tuhan yesus memberkati


(photo by sehat m pasaribu @sempass on instagram)


patung tuhan yesus memberkati, atau lebih dikenal dengan yesus memberkati, adalah sebuah patung yesus kristus yang terletak di manado, sulawesi utara. patung ini berdiri dengan megah dan indah setinggi 50 meter, terdiri dari tinggi penopang 20 meter dan tinggi patung itu sendiri 30 meter. 

sesuai namanya, patung tuhan yesus memberkati digambarkan dengan kedua tangan yesus kristus yang terbuka ke atas, serasa sedang memberkati seluruh umatnya. patung tuhan yesus memberkati tidak hanya memiliki nilai religius saja, tetapi juga bertujuan sebagai ikon wisata kota manado. 


10. patung ikan belido


(@paramiswari / southsumatratourism.com)


Satu lagi patung terbesar di Indonesia yaitu Patung Ikan Belido. Patung ini merupakan landmark kota Palembang, Sumatra Selatan, yang terletak di tepi Sungai Musi. 

Patung Ikan Belido memiliki tinggi mencapai 9 meter dan panjang mencapai 12 meter. Patung ini dibuat sebagai salah satu simbol makanan khas Palembang, pempek, yang dibuat dari ikan belido.

Saat malam hari, Patung Ikan Belido ini terlihat sangat indah diselimuti lampu berwarna-warni. 





Penulis: Calvin
Editor: Raisa & Zaza
Teaser: Photo by tourism.surabaya.go.id