Adanya noda tinta pada baju rasanya bisa sangat menjengkelkan. Apalagi jika noda tinta itu ada di baju kesayangan. Pasalnya, itu bisa membuat baju terlihat kotor dan mengganggu penampilan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju ini dapat membantu mengembalikan rona baju Anda seperti semula.





1. Menyemprotkan Hairspray


Menyemprotkan hairspray bisa membantu menghilangkan noda tinta di baju. Kandungan alkohol yang tinggi dapat meluruhkan noda tinta, sehingga lebih mudah untuk dihilangkan.

Anda bisa menyemprotkan hairspray dalam jarak dekat ke area baju yang memiliki noda. Saat masih basah, gosok area tersebut menggunakan sapu tangan atau handuk kering secara lembut. Setelah itu, cuci baju seperti biasa. 


2. Menggunakan Aseton


Selain berfungsi sebagai penghapus kutek, aseton juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta di baju. Namun disarankan penggunaannya hanya untuk jenis kain tertentu, karena dapat merusak serat kainnya. 

Jenis kain yang dapat dibersihkan menggunakan aseton antara lain polister, katun, kain sintetis, dan wol. Sementara kain sutra tidak dapat dibersihkan dengan aseton karena bisa merusaknya. 

Cara penggunaannya cukup mudah, tuang aseton secukupnya pada area baju yang bernoda. Kemudian gosok dengan sikat gigi secara lembut dan perlahan. Setelah itu, bilas dan cuci baju seperti biasa.


3. Menggunakan Campuran Tepung Maizena dan Cuka


Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda tinta di baju, yakni menggunakan campuran tepung maizena dan cuka. Dua bahan dapur ini diyakini cukup ampuh dalam membersihkan noda tinta di baju, serta dinilai aman karena tidak akan merusak pakaian. 

Campurkan tepung maizena dan cuka dengan perbandingan 3 sendok makan maizena dan 2 sendok makan cuka dapur. Lalu, aduk sampai merata dan memiliki konsistensi seperti pasta. 

Oleskan pasta tersebut pada area baju yang bernoda, lalu diamkan kurang lebih setengah jam. Setelahnya, kucek dan gosok perlahan. Bilas dan cuci baju seperti biasa. 


4. Merendam Baju Bernoda Tinta dengan Susu


Merendam baju dengan susu diyakini jadi cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda tinta di baju. Cara ini terbilang aman karena tidak merusak serat baju, dan memiliki tingkat keberhasilannya yang cukup tinggi.

Anda cukup merendam baju yang memiliki noda tinta di air susu yang sudah dipanaskan, lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam. Kemudian kucek dan gosok secara lembut. Bilas dan cuci baju seperti biasa. 

Jenis susu yang dapat digunakan adalah susu sapi murni ataupun susu full cream cair yang keduanya bisa Anda dapatkan di minimarket terdekat. 


5. Menggunakan Larutan Deterjen


Merendam baju dengan larutan deterjen juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Gunakan deterjen yang memang diformulasikan khusus untuk menghilangkan noda membandel pada baju. 

Saat ini sudah banyak pilihan merek deterjen yang mengklaim mampu menyamarkan dan menghilangkan noda pada pakaian. 

Rendam baju bernoda di dalam larutan detergen, lalu diamkan selama beberapa menit. Kucek baju bernoda secara perlahan sampai noda memudar dan menghilang, kemudian bilas dan cuci seperti biasa.




6. Mencampurkan Alkohol dengan Garam


Alkohol memiliki sifat yang mampu meluruhkan noda membandel. Begitupun dengan larutan garam. Supaya bisa bekerja secara maksimal, Anda dapat mencampurkan keduanya, alkohol dan larutan garam. 

Oleskan campuran ini pada area baju yang memiliki noda. Gosok dan kucek baju secara perlahan sampai noda memudar dan menghilang. 

Jika noda baju dirasa sudah cukup bersih, lanjutkan merendam baju dengan detergen seperti biasa. 


7. Menggunakan Pasta Gigi


Cara menghilangkan noda tinta di baju berikutnya yakni dengan menggunakan pasta gigi. Anda cukup mengoleskan pasta gigi secukupnya pada baju yang bernoda. Gosok perlahan hingga noda memudar dan menghilang menggunakan sikat lembut. Setelah bersih, bilas dengan air bersih dan cuci seperti biasa. 


8. Mengoles Margarin atau Mentega


Tak hanya tepung maizena dan cuka, mengoleskan margarin atau mentega juga diyakini efektif untuk menghilangkan noda tinta pada baju. 

Caranya cukup dengan mengoleskan margarin atau mentega secukupnya pada baju bernoda tadi, kemudian kucek perlahan sampai tidak noda menghilang. Selanjutnya bilas lagi dengan air bersih dan cuci seperti biasa. 


9. Mencampurkan Air dan Soda Kue


Campuran air dan soda kue diyakini juga mampu menghilangkan noda tinta di baju. Campurkan air dan soda kue hingga membentuk pasta, lalu oleskan di atas noda baju yang membandel. 

Setelah itu, rendam dan cuci baju dengan deterjen seperti biasa. 


10. Menggunakan Shaving Cream


Shaving cream memiliki kandungan zat yang ampuh untuk menghilangkan noda membandel pada kain, antara lain surfaktan, emolien, dan alkohol tinggi. 

Anda bisa mengaplikasikan shaving cream secukupnya pada baju dengan noda tinta membandel. Lalu, gosok dan kucek baju secara perlahan untuk menghilangkan nodanya. Lakukan secara berulang hingga noda memudar dan menghilang. Setelah itu, bilas dan cuci baju seperti biasa. 


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda tinta di baju. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!



Penulis: Calvin
Editor: Raisa & Zaza
Teaser: Photo by Freepik