Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang menarik banyak wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Saat pergi berwisata, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas kota tersebut. Kota Yogyakarta memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga dan sahabat. 


Inidia beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda beli sebagai buah tangan saat berkunjung ke Kota Istimewa ini. 


1. Bakpia Pathok



Bakpia jadi oleh-oleh khas yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke kota sejuta kenangan ini. Pada awalnya, bakpia adalah makanan ringan dan menu tambahan untuk kue keranjang sebelum akhirnya menjadi buah tangan khas Jogja. 


Dalam bahasa Cina, bakpia disebut dengan ‘Tok Luk Pia’ yang artinya pia kacang hijau. Saat ini, tak hanya kacang hijau, bakpia juga memiliki rasa lainnya seperti coklat dan keju. 


Ada beberapa merek bakpia yang terkenal di Jogja. Salah satunya adalah Bakpia Pathok yang terletak di wilayah Pathuk, Yogyakarta. Kemudian, setiap merek Bakpia Pathok ini diberi nomor di belakang nama merek dagang sesuai dengan nomor rumah atau nomor jalan. Misalnya, Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Pathok 75.


2. Bakpia Kukus Tugu Jogja


(Photo by @bakpiatugujogja / Instagram)


Bakpia kukus jadi makanan khas berikutnya yang masuk dalam daftar oleh-oleh wajib dari Jogja. Masih termasuk dalam jenis pia, tetapi bentuk dan proses pembuatannya berbeda dari bakpia yang biasa kita jumpai.


Bakpia kukus memilih bentuk yang lebih besar dan tekstur yang empuk seperti bolu dengan beragam isian yang lumer di dalamnya. Sesuai namanya, proses pembuatan jenis bakpia ini dilakukan dengan cara dikukus. 


Salah satu merek bakpia kukus yang terkenal adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja, yang memiliki dari berbagai varian rasa; Cokelat, keju, pandan, kacang hijau, dan stroberi. Semua varian ini dijamin enak dan bisa membuat Anda ketagihan!


3. Chocolate Monggo



Chocolate Monggo menjadi salah satu merek cokelat yang terkenal di Jogja karena kelezatannya. Kabarnya, Chocolate Monggo dibuat dari biji kakao terbaik yang ada di Indonesia, oleh para ahli cokelat di Belgia. 


Meskipun saat ini Chocolate Monggo sudah beredar di beberapa daerah, seperti Jakarta dan Bali, namun tentu sayang jika tidak membelinya sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Yogyakarta.


Ada berbagai varian Chocolate Monggo, di antaranya; Cokelat putih bentuk bar yang mengandung 33% biji kakao terbaik, cokelat hitam berbagai rasa dalam bentuk tablet yang mengandung 41% biji kakao, cokelat dengan bentuk karakter lucu yang banyak disukai oleh anak-anak, dan varian cokelat lezat lainnya yang harus dicoba. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bingkisan oleh-oleh. 


4. Wedang uwuh



Wedang uwuh merupakan minuman herbal khas kota Jogja yang menyehatkan, dan cocok dibawa sebagai buah tangan. Wedang uwuh terdiri dari berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, daun pala, kayu secang, daun cengkeh, dan gula batu. Karena memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, tak heran jika minuman herbal tradisional ini sangat digemari oleh banyak masyarakat. 


Saat ini, wedang uwuh sudah dikemas higienis dan praktis sehingga bisa dinikmati semua orang, baik itu di dalam maupun di luar Kota Jogja. 




5. Batik Jogja



Berbicara mengenai Kota Jogja memang tidak akan ada habisnya. Tak hanya sebagai Kota Istimewa dengan sejuta kenangan, dan kota pelajar, Jogja juga populer dengan sebutannya sebagai kota batik. 


Ada banyak sekali sentral batik di Kota Jogja yang menawarkan beragam model batik dengan harga yang terjangkau dan berkualitas baik.


Anda bisa membeli kain atau baju batik sebagai buah tangan cantik dan berkesan untuk sanak saudara di rumah. 


Untuk Anda yang ingin membeli batik khas Jogja, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, termasuk Pasar Beringharjo, Batik Yudhistira, Rianty Batik, Hamzah Batik, Paradise Batik, dan masih banyak lagi.


6. Kaos Khas Jogja


(Photo by @dagadudjokdja / Instagram)


Selain kain batik, Anda juga bisa membeli kaos khas Jogja yang populer di kalangan wisatawan, atau lebih dikenal dengan kaos Dagadu Jogja. 


Kaos ini sangat melegenda karena terkenal memiliki kata-kata lucu menggelitik dan unik. 


Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi toko resmi Dagadu yang berada di Gedong Kuning, Mal Malioboro, dan toko yang ada di sekitar Alun-alun Utara. 


7. Gudeg


(Photo by @gudeg_yu_narni / Instagram)


Dari berbagai macam kuliner enak yang ada di Jogja, Gudeg masih menjadi kuliner khas populer yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Kota Istimewa sejuta kenangan ini. 


Gudeg adalah makanan khas yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula aren, santan, dan dilengkapi oleh rempah-rempah pilihan, membuat makanan ini terasa lezat dan khas. 


Saat ini Gudeg sudah bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja. Beberapa merek Gudeg sudah menyediakan gudeg kering yang tahan selama satu hari perjalanan diluar kulkas. Atau, Anda juga bisa membeli kemasan gudeng kaleng yang lebih mudah dan praktis dibawa sebagai oleh-oleh. 




Itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai buah tangan saat berkunjung ke Kota Jogja. Selamat berlibur!





Penulis: Calvin
Editor: Raisa & Zaza
Teaser: Photo by Farhan Abas on Unsplash