Buat Anda yang masih bingung menghabiskan akhir pekan, coba saja camping di alam yang menyegarkan. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa melakukan aktivitas berkemah di daerah Bogor, hanya sekitar dua sampai tiga jam waktu perjalanan dari Jakarta. 

Berikut ini beberapa tempat camping di Bogor yang bisa Anda (bersama keluarga) kunjungi untuk berakhir pekan. 


1. Taneuh Polaris


(Photo by @taneuhpolaris / Instagram)


Taneuh Polaris adalah tempat glamping di Bogor yang sangat nyaman dengan fasilitas terbaik. Bisa dikatakan, tempat glamping ini sebagai cottage maupun resort dengan kamar atau ruangan yang terbuat dari tenda. Jadi, Anda bisa menikmati suasana camping dengan lebih nyaman dan aman. 

Taneuh Polaris memiliki tenda dengan fasilitas terbaik, seperti disediakan kipas, coffee set, queen size bed, sarapan dan makan malam lezat. Area kamar mandinya pun tergolong cukup bersih yang dilengkapi dengan water heater, handuk bersih, shower, bathtub, dan peralatan mandi. 

Hal yang menarik dari tempat glamping ini yaitu masing-masing tenda mempunyai private garden, yang bisa Anda dan keluarga manfaatkan untuk bersantai menikmati pemandangan di pagi atau sore hari.

Alamat: Jl. Raya Cihideung No. 133, Cijeruk, Bogor


2. Pasar Angin Camp Site



Jika Anda ingin merasakan suasana camping sesungguhnya, Anda bisa mengunjungi Pasar Angin Camp Site, di Kampung Pondok Rawa, Bogor. Tempat camping ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan memanjakan mata; Perpaduan antara hamparan kebun teh dan perbukitan hijau serta bangunan-bangunan disekitarnya menjadi pemandangan yang sangat apik. 

Jika berkunjung ke tempat ini, Anda perlu membawa sendiri tenda dan peralatan penting lainnya. Pasar Angin Camp Site juga telah dilengkapi fasilitas lengkap seperti toilet bersih, listrik, dan mushola. 

Nantinya, Anda tidak akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah saja, tapi juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik seperti outbond, hiking, menyusuri kebun teh.

Alamat: Kampung Pondok Rawa, Tugu Utara, Bogor.


3. D’Jungle Private Camp


(Photo by @djungleprivatecamp / Instagram)


D’Jungle Private Camp merupakan kawasan berkemah di Bogor yang lokasinya berada di ketinggian 1000 mdpl, dengan nuansa alam pengunungan yang sangat indah dan menyegarkan. Di tempat camping ini, Anda bisa menginap dengan menggunakan tenda atau di rumah kampung bermaterialkan bambu. 

D’Jungle Private Camp menjanjikan suasana camping natural dengan lingkungan dan pemandangan alam yang asri dan sejuk. 

Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor.


4. Pondok Kapilih Pancawati




Pondok Kapilih Pancawati adalah pilihan tempat camping di Bogor lainnya yang sangat cocok untuk berkemah. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan suasana camping yang nyaman dengan pemandangan terbaik Gunung Salak. 

Alamat: Pancawati, Kec. Caringin, Bogor


5. Gunung Geulis Campsite


(Photo by @gununggeuliscampsite / Instagram)


Ini adalah kawasan berkemah di Puncak, Bogor, yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap, seperti Wi-Fi, tempat tidur nyaman, dan kamar mandi pribadi setiap tenda. 

Tak hanya menikmati pemandangan yang memanjakan mata dan memberi efek menenangkan, di tempat ini Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti panahan, paragliding, rafting, bersepeda, dan hiking. Tersedia juga banyak spot foto untuk berfoto yang instagramable. 

Alamat: Jl. Raya Pasir Angin, Pandansari, Bogor.


6. Camping Ground Gunung Salak


Buat short gateway sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, berkemah di Camping Ground Gunung Salak bisa jadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan camping sendiri, karena tersedia tempat penyewaan. Di sini, Anda bisa berkemah dengan pemandangan Gunung Salak sambil menikmati suara air terjun yang menenangkan. 

Alamat: Jl. Desa Gunung Bunder, Kec. Pamijahan, Bogor


7. Curug Cihurang


Tempat camping di Curug Cihurang ini memiliki suasana yang sejuk dan asri, karena memang lokasinya yang dekat dengan air terjun, atau curug. Nantinya, Anda bisa merasakan segarnya air pegunungan dan hijaunya pemandangan alam yang sangat indah. 

Jika ingin berkemah di tempat ini, Anda tidak perlu repot membawa peralatan berkemah sendiri, karena Anda bisa menyewanya di sini. 



Alamat: Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Bogor.


8. Bukit Si Kabayan


(Photo by @bukitsikabayan / Instagram)


Tempat camping di Bukit Si Kabayan memiliki pemandangan hutan pinus dan Gunung Salak yang sangat asri dan memanjakan mata. Sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan perkotaan sejenak. Di sekitar tempat camping juga terdapat Curug Balong Mutiara, Curug Kabayan, dan Curug Ciampea, untuk menikmati segarnya air curug. Satu lagi, di sini banyak spot foto yang bisa dijadikan sebagai angle swafoto yang instagramable.

Anda bisa menyewa ataupun membawa sendiri peralatan berkemah. 

Alamat: Jl. Pasir Reungit-Gunung Bunder, Gn. Bunder 2, Bogor.


8. Lembah Salak Camping Ground


Lembah Salak Camping Ground merupakan kawasan camping di Bogor yang sangat cocok untuk tempat berkumpul dan bersantai bersama teman ataupun keluarga. Lembah Salak Camping Ground memiliki pemandangan alam terbaik dan suasana city light Bogor yang terlihat sangat cantik pada malam hari. 

Jika Anda ingin berkemah di tempat, Anda perlu membawa sendiri tenda dan peralatan kemah lainnya. Untuk fasilitas lainnya jangan khawatir, karena tempat ini sudah tersedia toilet bersih dan mushola. 

Alamat: Tajur Halang, Kec. Cijeruk, Bogor.


9. Gayatri Mountain Adventure


(Photo by @gayatrimountainadventure / Instagram)


Gayatri Mountain Adventure adalah salah satu tempat berkemah di Bogor yang telah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai, parkir luas, toilet bersih, tersedia paket camping, mushola, adanya penyewaan tenda, dan area berkemah yang luas. 

Tempat camping ini menawarkan keindahan pemandangan Gunung Gede Pangrango saat sunrise maupun indahnya langit pada malam hari. 

Tidak hanya menyediakan area camp, tapi juga tersedia area lain untuk aktivitas outdoor seru seperti paintball, outbound, dan offroad.

Alamat: Jalan Citeko Panjang RT 03/ RW 09, Kecamatan Cisarua, Bogor


10. Highland Camp Curug Panjang


(Photo @highlandcampcurugpanjang / Instagram)


Highland Camp Curug Panjang merupakan tempat camping terbesar yang berada di kawasan pariwisata Puncak. Tempat ini memiliki latar pemandangan berupa perbukitan yang dikelilingi hutan pinus, yang memberi hawa sejuk dan segar. 

Selain area berkemah, di sini juga terdapat air terjun atau curug, jalur hiking/trekking, jalur telusur sungai, cafe rimba, dan Taman Kunang-Kunang. 

Alamat: Jl. Situhiang, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor.


11. Gunung Pancar Camping Ground


(Photo by @gunungpancar / Instagram)


Satu lagi tempat camping di Bogor yang bisa Anda datangi untuk berakhir pekan yaitu Gunung Pancar Camping Ground. Tempat camping ini dikelilingi pohon pinus yang rimbun dan menyejukkan. 

Jika ingin berkemah di sini, Anda bisa membawa sendiri peralatan camping atau menyewanya dari tempat ini. Gunung Pancar Camping Ground juga sudah menyediakan fasilitas toilet bersih, listrik, mushola, dan lapangan untuk bermain anak-anak. Bersama keluarga, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru seperti tour ke Curug Kencana, trekking, dan outbound. 

Alamat: KP Ciburial, Desa Karang Tengah, Bogor.



Jadi, itulah beberapa tempat camping di Bogor yang bisa kalian jadikan referensi. Selamat berakhir pekan!






Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Teaser: Photo by @gunungpancar / Instagram