Sebagaimana diketahui, ada banyak sekali plot menarik dalam film, salah satunya adalah mengambil cerita tentang pendakian gunung. Mendaki gunung adalah aktivitas menantang dan memacu adrenalin yang sering dilakukan oleh para pecinta alam. 

Lewat film-film tentang pendakian gunung ini Anda bisa ikut merasakan adrenalin dan perasaan exciting saat menontonnya. Ini rekomendasi film tentang pendakian seru untuk Anda tonton. 


1. North Face (2008)



“North Face” adalah film pendakian gunung yang terinspirasi dari kisah nyata, dan disebut-sebut sebagai salah satu film hiking terbaik. Film ini berlatar ketika Eropa masih dikuasai oleh Nazi, yang menceritakan tentang dua orang pendaki ambisius, Toni Kurz dan Max Mehringer.

Walaupun memakai peralatan dan teknik pendakian yang terbatas, tapi mereka sangat bertekad untuk menaklukkan Gunung Eiger melalui jalur utara yang terkenal ekstrim dan mematikan. Ironisnya, kedua pendaki itu tewas ketika pendakian. 


2. Touching the Void (2003)



Film “Touching the Void” merupakan film docu-drama yang berfokus tentang Simon Yates dan Joe Simpson, dua pendaki gunung berpengalaman. Pada tahun 1985, kedua pendaki ini berhasil mendaki puncak Siula Grande di Peru lewat sisi barat yang sebelumnya belum pernah didaki. Bisa dibilang, mereka jadi dua pendaki pertama yang mencapai puncak Siula Grande lewat sisi barat. 

Namun, rintangan demi rintangan mereka harus hadapi saat melakukan penurunan; Simpson terjatuh yang membuat kakinya patah dan badai besar yang mengancam nyawa mereka berdua. Film ini berhasil menunjukkan ketegangan saat kedua pendaki ini harus berjuang lolos dari maut. 


3. A Lonely Place to Die (2011)



Film “A Lonely Place to Die” menceritakan tentang lima orang pendaki yang mendaki di Dataran Tinggi Skotlandia. Ketika sedang mendaki, kelima orang pendaki ini menemukan gadis muda Serbia yang dikubur hidup-hidup di dalam sebuah ruangan kecil.

Aksi menjadi menegangkan terasa sangat realistis ketika mereka berlima harus berhadapan dengan para penculik berbahaya ketika berupaya menyelamatkan gadis muda itu. 

Film “A Lonely Place to Die” berhasil memperoleh respon bagus dari banyak kritikus film di beberapa festival film, seperti Fantasia Fest dan Actionfest.


4. Seven Years in Tibet (1997)


(photo by rotten tomatoes classic trailers / youtube)


meskipun tergolong film lama, nyatanya film “seven years in tibet” ini masih sering disebut sebagai salah satu film tentangpendakian gunung terbaik. film ini berdasarkan pada kisah nyata seorang pendaki asal jerman bernama heinrich harrer yang sudah tujuh tahun hidup di tibet. 

selama tinggal di tibet, harrer memperoleh banyak pengalaman spiritual, kedewasaan, dan kerendahan hati.


5. nanga parbat (2010)


(photo by liberta movies / youtube)


“nanga parbat” adalah film tentang pendakian yang bercerita tentang günther messner dan reinhold ketika melakukan ekspedisi ke gunung nanga parbat, pakistan. perjalanan keduanya harus berakhir dengan tragis di mana günther messner tewas dalam ekspedisi berisiko itu.


6. into thin air: death on everest (1997)


menceritakan tentang bencana gunung everest tahun 1996, film “into thin air: death on everest” menyoroti tim ekspedisi yang dipimpin oleh rob hall. ia bersama beberapa orang lainnya tergabung ke dalam satu tim dengan para sherpa, yang selanjutnya bersiap untuk melakukan pendakian di puncak tertinggi bumi. 




7. cliffhanger (1993)



gabriel "gabe" walker dan jessie deighan yang tergabung ke dalam rocky mountain rescue team dikirim untuk menyelamatkan teman mereka hal tucker dan pacarnya, sarah, yang terdampar setelah hal mengalami cedera lutut. proses penyelamatan terjadi dengan sangat menegangkan ketika tali yang mengikat sarah terputus, membuatnya terjatuh hingga tewas. 


8. 127 hours (2010)



saat menjelajah utah, aron ralston, seorang pendaki gunung dan petualang, jatuh ke sebuah celah dalam dan batu besar menghimpit lengan kanannya di antara bebatuan besar. selama lima hari, atau 127 jam, ia terjebak di dalam celah sambil berusaha bertahan hidup dan menyelamatkan diri. aron mulai putus asa, tertekan, dan berhalusinasi tentang melarikan diri dan pengalaman masa lalu. dalam waktu ini, aron juga menyadari kesalahannya karena tidak memberi tahu siapa pun ke mana dia pergi atau untuk berapa lama.

sebuah keputusan berat dan menyakitkan akhirnya ia ambil dengan mengamputasi lengan kanannya menggunakan pisau kecil—hanya itu yang ia miliki—untuk keluar dan menyelamatkan diri. 


9. everest (2015)


(photo by universal pictures / youtube)


film tentang pendakian gunung berikutnya ini juga wajib masuk ke dalam daftar, yaitu film berjudul “everest” yang dirilis tahun 2015. film ini didasarkan pada peristiwa nyata bencana gunung everest tahun 1996, dan berfokus pada upaya bertahan hidup dari dua kelompok ekspedisi, satu dipimpin oleh rob hall (jason clarke) dan satu tim lainnya dipimpin oleh scott fischer (jake gyllenhaal).

perjalanan dua kelompok ekspedisi ini tidaklah mudah karena jalur pendakian yang cukup berat dan curam, ditambah mereka juga harus bertahan hidup agar bisa melakukan penurunan dengan selamat.

film ini menyajikan banyak konflik untuk tragedi everest 1996 dengan sangat baik, dan penggambaran gunung everest yang juga sangat indah. 


10. the wildest dream (2010)


(Photo by Atlantic Productions / Youtube)


“The Wildest Dream” adalah sebuah film dokumenter tentang pendaki Inggris bernama George Mallory yang menghilang di Gunung Everest pada tahun 1924, bersama rekan pendakinya Andrew Irvine. Film ini juga menyoroti tentang Conrad Anker, seorang pendaki yang menemukan tubuh Mallory tergeletak di Everest pada tahun 1999, kembali ke Gunung Everest untuk menemukan kebenaran tentang Mallory dan pendakiannya pada saat itu. 



Itulah 10 rekomendasi film tentang pendakian yang wajib Anda tonton. Selamat menonton!




Penulis: Calvin
Editor: Raisa Benaya Ranti & Zaza
Teaser: IMDb & The Movie Database