Desain kamar aesthetic Korean (berlaku di semua teks di artikel. Jika emang keyword ini emang bagus, go for it) masih menjadi favorit kaum muda. Desainnya yang simpel namun elegan membuat banyak orang, terutama para wanita, jatuh hati dengan desain kamar ini. 

Kamar dengan gaya aesthetic Korean memang sangat cantik, minimalis, dan terkesan rapi. Inilah beberapa tips untuk membuat kamar aesthetic Korean.


1. Day Curtain


(photo by @juuvely__y / @chance_deco on instagram)


day curtain, atau yang juga dikenal sebagai tirai tipis, adalah tirai yang terbuat dari bahan ringan seperti organza. karena tipis, jenis tirai ini memungkingkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sekaligus mengurangi silau. masuknya cahaya matahari ke dalam kamar bisa mencegahnya dari lembap dan pengap. 

penggunaan day curtain pada kamar juga bisa membuat ruangan tampak lebih estetik dan terang (pada siang hari). layer day curtain dengan tirai polos warna netral atau tirai bermotif gingham atau floral, agar privasi kamar anda tetap terjaga. 


2. penggunaan warna netral pada dinding


kamar aesthetic gaya korean umumnya menggunakan warna-warna netral pada dinding, seperti warna putih, krem, beige, grey, atau taupe. warna-warna ini akan memberi kesan kamar lebih luas, clean, dan minimalis. 


3. gunakan furnitur berbahan kayu


(photo by @na_yoonk / @chance_deco on instagram)


furnitur berbahan kayu jadi barang wajib yang harus ada di dalam kamar aesthetic korean. jika diperhatikan, hampir setiap desain kamar ala korea selalu memiliki unsur kayu, bisa dari meja, kursi, tempat tidur, rak, hingga lantai kamar. bahan kayu dipercaya dapat memberikan kesan hangat pada suasana kamar tidur, sekaligus membuatnya tampak lebih natural-estetis. 

selain lebih mengutamakan penggunaan furniture berbahan kayu, kamar ala korea biasanya juga lebih mengedepankan model furniture yang simpel. dengan begitu, kesan kamar ala korea yang lebih rapi, bersih, dan luas, akan semakin terasa.


4. tambahkan pencahayaan 


salah satu ciri kamar estetis korea adalah memiliki pencahayaan kamar yang baik. selain lampu utama, anda bisa menambahkan standing lamp disudut kamar atau table lamp sebagai penerangan tambahan. ini akan membuat ruangan terasa nyaman dan tetap elegan.


5. meletakan tanaman hias


(photo by @sol._.ll / @chance_deco on instagram)


tanaman hias juga bisa membuat kamar ala korea-mu semakin terlihat estetik dan memberi kesan fresh. anda bisa menggunakan tanaman hias dengan pot-pot berukuran kecil hingga sedang, lalu letakkan di sudut kamar atau balkon (jika anda memilikinya). 

jangan lupa untuk rajin menyirami dan membersihkan potnya. sehingga tidak mengotori lantai atau benda di sampingnya. tambahkan batu putih kecil jika perlu sebagai hiasan di sisi-sisi pot.


6. percantik kamar dengan karpet 


saat mendekorasi kamar ala korea, belum lengkap rasanya tanpa kehadiran karpet cantik. karpet adalah salah satu pemanis ruangan pada desain kamar estetis korea. ini akan membuat kamar lebih eye-catching dan tampak lebih nyaman dan cozy. pilihlah karpet yang berwarna netral agar senada dengan keseluruhan kamar tidur anda. 




7. menambahkan cermin


(photo by @65.48.k / @chance_deco on instagram)


cermin juga jadi barang wajib saat mendekorasi kamar ala korea. gunakan cermin berukuran besar, atau full body mirror, dan letakkan di salah satu sudut ruangan. 

keberadaan cermin besar pada kamar, terlebih pada kamar sempit, bisa menciptakan ilusi ruangan yang terlihat lebih lapang dan bisa membuat ruangan terlihat lebih terang pada siang hari karena dapat memantulkan cahaya.  

anda bisa memilih cermin besar dengan desain kayu natural untuk semakin menonjolkan kesan kamar aesthetic korea. 


8. seprai berwarna pastel atau netral


pemilihan warna seprai juga perlu diperhatikan saat ingin menghadirkan konsep kamar aesthetic korea. gunakan seprai berwarna netral atau pastel, supaya kamar tampak lebih soft, cozy, dan clean.

di atasnya, anda bisa meletakkan beberapa koleksi boneka dan cushion pillow. ini tidak hanya berfungsi sebagai pemanis pada tempat tidur saja, tetapi juga berguna sebagai sandaran punggung ketika membaca buku di atas kasur. 


9. percantik kamar dengan lampu string led


(photo by @yolo_inyoung / @chance_deco on instagram)


selain standing lamp dan table lamp, anda bisa mempercantik kamar dengan menambahkan lampu string led pada kamar bergaya korea. lampu ini akan membuat kamar anda terlihat lebih indah. 

pasang lampu string led pada cermin, tirai, headboard tempat tidur, atau dinding, yang bisa membuat tampilan kamar anda semakin menawan. atur warna lampu string led sesuai yang anda inginkan; putih, kekuningan, atau berwarna-warni. 


10. rak buku


(Photo by @2hahahh0 @hattu_homecafe / @chance_deco on Instagram)


Kamar bergaya Korean biasanya memiliki rak buku sebagai salah satu furnitur di dalamnya. Tentunya, ini berguna untuk menyimpan koleksi buku dan dekorasi favorit, seperti bingkai foto, kotak musik, atau dekorasi unik lainnya.  

Pastikan untuk memilih rak buku dengan model minimalis agar terlihat menyatu dengan keseluruhan konsep kamar ala Korea. 


Itulah beberapa tips mendekorasi kamar aesthetic Korean yang bisa Anda aplikasikan ke kamar tidur Anda. Yuk, mulai dekor kamar Anda sekarang!




Penulis: Calvin
Editor : Raisa Benaya Ranti & Zaza
Teaser: Photo by Samuel Regan-Asante on Unsplash