Kehadiran rumah minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar menjadi hunian ideal di tengah ibu kota selain harganya yang masih terjangkau. Bagi beberapa orang akan kesulitan untuk memaksimalkan kenyamanan dalam ruangan yang sempit atau mengatur ulang tata ruang. 


Namun ada solusi mudah yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruangan lebih luas, hanya memainkan penaruhan lighting di beberapa sudut rumah. Ada dua jenis penerangan yang harus dipahami yaitu cahaya natural dari bukaan ventilasi dan cahaya arsitektural untuk mendukung kegiatan dalam ruangan. 




melalui visi #terangindonesia, in-lite membagikan tips untuk memfungsikan produk lampunya sebagai elemen penting di dalam rumah. tidak selalu warna putih yang menjadi cara untuk membuat rumah lebih besar namun warna kuning pun bisa memberi kesan nyaman. 


melalui teknik layered lighting, anda dapat mengkombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spotlight, dan decorative light. untuk pemilihan lampu pilih jenis downlight dan spotlight sebagai penerangan utama serta lampu strip light sebagai lampu dekoratif.






In-Lite menyarankan warna warm white (3000k) yang menyatu dengan ornamen, material furnitur, dan warna dinding cerah untuk kesan rapih dan luas. Jika memiliki jarak plafon dan lantai pendek dalam dalam rumah, gunakan lampu jenis panel tipis dengan warna warm white (4000k). 


Baca juga, Keseruan Bahas Lighting Rumah Bareng In-Lite LED Desainer


Selain itu tanpa kita sadari lumen lampu menjadi faktor kenyamanan mata, dengan tinggi lumen yang seusai ruangan akan terlihat terang tanpa harus menggunakan banyak lampu. Pertimbangan lainnya saat membeli lampu LED adalah renderasi warna (CRI) mbuat pencahayaan lebih merata dan warna lebih akurat. 


Dua hal tersebut dapat membantu mengurangi biaya tagihan listrik dan memaksimalkan pemakaian lampu berlebih. Dengan menggunakan produk In-Lite LED yang terverifikasi SNI dan mengikuti tren terkini, dapat menyelesaikan permasalahan lampu hunian Anda, Bisa didapatkan di berbagai e-commerce, minimarket, depo bangunan, dan toko listrik. 


Sumber foto: In-Lite Indonesia
Teks oleh: Nadia Dian Zahrani