Dari banyaknya kegiatan bersih-bersih rumah, ada kegiatan yang sebenarnya bisa selesai dengan lebih efisien dan lebih hemat energi melalui tambahan alat. Harganya memang tidak murah, namun bisa digunakan bertahun-tahun dan menghemat listrik serta tenaga.

Diswasher alat cuci piring otomatis yang mampu mencuci piring lebih banyak dalam satu waktu dan memberikan kebersihan lebih menyeluruh karena ada sistem steam dengan derajat panas tertentu, untuk menghilangkan kuman yang tidak bisa hilang dengan cara mencuci piring konvensional. 


delikatissen.com


Jangan khawatir dengan noda minyak dan makanan bersantan di Hari Raya Lebaran, diswasher bisa membersihkannya secara menyuluruh dan menstrerilkannya sekaligus. Ditinggal asisten rumah tangga selama cuti bersama bukan lagi masalah, terlebih Anda memiliki baby atau toodler yang penggunaan alat makannya bervariasi, karena diswasher memiliki banyak kompartemen untuk tiap-tiap alat makan.



remodelista.com


Tapi, jangan berpikir dengan membeli satu alat ini bisa membuat Anda boros dari anggaran rumah tangga, karena ada keunggulannya tersendiri bahkan faktanya lebih irit listrik, air, dan hati pun ikut senang karena tidak perlu repot berdiri lama-lama di depan wastafel, lalu Anda bisa melakukan aktivitas bersih-bersih lainnya sementara diswasher bekerja.

Namun, sebelum Anda menentukan untuk beli atau tidaknya, simak terlebih dahulu ulasan dari AlaCASA yang sudah merangkum kelebihan serta kekurangan yang harus disiasati jika itu termasuk juga ke dalam kendala untuk Anda.



Travis St-Clair


Kelebihan

1. Hemat Waktu

Alih-alih berdiri, menggosok, dan membilas piring dalam waktu yang lama, Anda bisa menghemat waktu jika menggunakan diswasher. Tidak perlu lagi mencuci piring kotor satu per satu, dan pastinya ada peralatan yang nodanya tidak mudah hilang hanya sekali bilasan.

Melalui 30 menit - 2,5 jam pengerjaan diswasher, seluruh noda membandel hilang dan siap pakai karena juga sudah dikeringkan. 



Rossi Mobili


2. Mampu Mensterilkan Peralatan Masak dan Makan

Tanpa alat diswasher, Anda tidak bisa mencuci, mengeringkan sekaligus mensterilkan alat makan Anda. Dalam proses pencucian, alat ini akan menggunakan air bersuhu tinggi dan sinar UV, umumnya 140 derajat air panas untuk mencuci dan membilas. Maka, alat makan yang dicuci menggunakan diswasher dapat lebih terbebas dari bakteri dan membantu menjaga kesehatan Anda. Dan juga, tidak menggunakan spons cuci piring yang jadi sarang bakteri.

Untuk yang memiliki baby, bisa mencuci dot dan alat penyimpan asinya di diswasher, namun dibaca terlebih dahulu ketentuan dari tiap alat.





GE Appliances


3. Penghematan dari Berbagai Energi 

Seperti yang disebutkan sedari awal, keunggulan utama diswasher adalah hemat energi serta tenaga fisik. Dikutip dari Environmental Conscience, banyak yang belum mengetahui bahwa faktanya diswasher lebih hemat listrik karena penggunaan air dan sabun lebih seperlunya. 

Mencuci piring dengan cara yang biasa membutuhkan sekitar 40 liter air. Sementara, dengan dishwasher bisa menghemat 33,5 liter air per siklus bilas. Menggunakan dishwasher bisa menghemat hampir 2 galon air mineral (per galon berisi sekitar 19 liter).



katrinaleechambers.com


Kekurangan

1. Butuh Biaya Mahal di Awal

Range harga diswasher ada di sekitaran 3 juta - 10 juta, tergantung kapasitas dan rangkaian mode yang tersedia. Namun, ini hanya biaya awal saja, seterusnya Anda akan menikmati keunggulan serta kenyamanannya.



fotile.com.my


2. Membutuhkan Ruang Penempatan yang Sesuai

Bentuknya yang seperi kubus besar ini memperlukan tempat yang tidak bisa asal saja dalam penempatannya. Sebelum membeli dishwasher, Anda perlu riset keadaan dapur terlebih dahulu, pastikan ada ruang yang cukup untuk memasang seluruh alatnya dan sistem perairan masuk serta pembuangan yang benar. Biasanya dari berbagai merek akan menyediakan layanan teknisi untuk pengecekkan sampai pemasangan.



Future-Proof Building


3. Masih Membutuhkan Bantuan Pencucian Manual 

Sebelum memasukkan alat makanan yang ingin dicuci ke dalam diswasher, Anda perlu sedikit membilas dan membuang serpihan makanan yang tersisa. Tidak perlu sampai bersih, cukup bilas seadanya saja sampai sampah yang berbentuk tidak ada, sisa saos atau noda biarkan hilang dalam pengerjaan diswasher.



eatwell101.com


Foto Teaser: food52.com
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira