Masjid, sebagai tempat ibadah umat Islam, biasanya dibangun dengan arsitektur megah, ada kubah, lambang bulan bintang, dan ornamen-ornamen khas arsitektur Timur Tengah. Namun, tak selalu bergaya konvensional, ada beberapa arsitektur masjid yang justru bergaya modern-kontemporer dan unik, bahkan ada juga yang tidak memiliki kubah. Meski begitu, suasana religius dan esensi ruang keagamaan di masjid-masjid unik ini tidak berkurang sedikit pun. 


Berikut ini beberapa masjid terunik dari berbagai penjuru dunia!


1. Sancaklar Mosque - Turki


(photo by thomas mayer / emre arolat architects)


masjid sancaklar terletak di pinggiran kota istanbul, turki, tepatnya di buyukçekmece, yang dibangun dan dirancang oleh keluarga sancaklar bersama emre arolat architects. masjid ini berfokus pada esensi ruang keagamaan, dan mengesampingkan gaya ottoman klasik. 


tampak luar, anda akan melihat hamparan rumput hijau, dinding horizontal, dan sebuah menara batu prismatik vertikal yang berfungsi untuk menandakan bahwa ini adalah tempat ibadah. 



(photo by cemal emden / emre arolat architects)


berjalan masuk ke dalam, ada undakan tangga yang menyerupai aliran air yang mengalir menuruni bukit, mengarahkan anda ke pintu masuk utama masjid sancakalar. 



(photo by cemal emden / architect by emre arolat architects)


desain interior dalam masjid tampak sangat sederhana, tapi suasana religiusnya terasa sangat kental. ditambah, sinar matahari yang masuk dari celah sepanjang dinding masjid dan ambient lighting, menambah suasana dramatis, damai dan tenang ke area dalam masjid.


2. education city mosque, qatar


(photo by visitqatar.com / mangera yvars)


berada di area kompleks education city dalam ar rayyan di qatar, education city mosque memiliki arsitektur bangunan yang luar biasa megah dan futuristik. education city mosque bertumpu pada lima pilar besar yang melambangkan lima rukun islam, dengan masing-masing menampilkan ayat yang diambil dari al-qur’an.


di ruang luarnya, masjid ini memiliki empat aliran air yang mewakili empat sungai surga yang dijanjikan dalam al-qur'an: air, madu, susu dan anggur. kompleks ini juga memiliki kebun yang berisi tanaman-tanaman yang disebutkan dalam al-qur'an, bersama dengan flora asli qatar. 


masjid yang dirancang oleh tim arsitektur mangera yvars ini pernah memenangkan best religious building di world architecture festival di singapura tahun 2015 lalu. 


education city mosque ini dapat menampung hingga 1.800 jemaah di ruang salat utamanya dan 1.000 lainnya di halaman luarnya. 


3. masjid al-safar, indonesia


(photo by @indrapramadihernowo on instagram)


tak hanya di luar negeri, indonesia juga punya salah satu masjid unik yang berada di rest area km 88 arah jakarta, kawasan tol cipularang, yang diberi nama masjid al-safar. masjid ini dirancang oleh wali kota bandung, ridwan kamil, bersama urbane indonesia. 


masjid al-safar mengusung desain futuristik yang mengadaptasi bentuk topi adat iket sunda. dalam sebuah wawancara, ridwan kamil juga menjelaskan bahwa, "masjid al-safar dibangun dengan konsep tidak beraturan dengan tujuan agar menyatu dengan alam."




saat ini, masjid al-safar menjadi masjid terbesar yang berlokasi di rest area di indonesia, yang dapat menampung sekitar 1.200 jemaah. 


4. masjid permata qolbu, indonesia


(photo & architect by mahastudio & partner)


selain masjid al-safar, indonesia juga punya satu masjid terunik di dunia lainnya, yaitu masjid permata qolbu. dibangun pada tahun 2013 dengan desain kontemporer, masjid yang didominasi warna putih ini dikelilingi pilar beton trapesium yang menjulang ke atas dan bersekat-sekat pada bagian luarnya. pilar-pilar beton trapesium ini merepresentasikan kedua jari-jari manusia yang sedang menengadahkan tangan dan berdoa. 


di halaman masjid terdapat menara dari dua pilar beton trapesium yang bersilangan, berfungsi sebagai pengeras suara untuk mengumumkan waktu sholat. 


5. faisal mosque, pakistan


(photo by mosqpedia.org / architect by vedat dalokay)


dirancang oleh arsitek asal turki, vedat dalokay, faisal mosque termasuk masjid terbesar kelima di dunia dan terbesar di asia selatan, terletak di margalla hills di ibu kota pakistan, islamabad. dinamai dengan nama mendiang raja faisal dari arab saudi, masjid ini terinspirasi dari desain tenda khas bedouin—suku nomaden di arab. 


faisal mosque tidak memiliki kubah khas yang dikelilingi oleh empat menara setinggi 79 meter. 


desainnya menampilkan atap miring berbentuk shell-shaped delapan sisi berbentuk segitiga sebagai atap ruang salat utamanya, yang dapat menampung hingga 10.000 jemaah. bagian dalam masjid dihiasi dengan mozaik dan kaligrafi karya seniman terkenal pakistan, sadequain, dan lampu gantung bergaya turki yang spektakuler.


selain area ruang salat utama, faisal mosque juga dilengkapi dnegan perpustakaan, ruang kuliah, museum, dan kafe. 


6. al-irsyad mosque, indonesia


(Photo by Emilio Photoimagination / Urbane Architects)


Sebagai salah satu negara dengan penduduk umat muslim yang tinggi, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang sangat unik, apik, dan megah, seperti Masjid Al-Irsyad di Kota Baru Parahyangan, Bandung, Indonesia. Dirancang oleh Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, bersama Urbane Architects Indonesia. 


Batu-batu yang ditumpuk sedemikian rupa sebagai fasad utama masjid menciptakan efek unik yang menampilkan teks kaligrafi Islami sebagai elemen grafis dan doa pengingat.


Masjid ini berbentuk kubus besar yang terinspirasi dari bentuk bangunan Ka'bah di Mekah. Dengan kapasitas yang dapat menampung hingga 1.000 jemaah, masjid ini juga dirancang untuk 'menyatu' dengan alam. Batu-batu yang ditumpuk juga berfungsi sebagai ventilasi alami untuk memasukkan udara segar tanpa perlu tambahan pendingin ruangan. Dikelilingi oleh air, suasana masjid ini jadi terasa lebih sejuk, alami, damai, dan tenang.