Selalu berada di rumah dalam masa pandemi Covid-19 ini memang merupakan hal yang terbaik untuk dilakukan, terutama untuk mencegah penyebaran virusnya. Namun, kebosanan pun tidak dapat terhindari. Untuk terus menerus berada di dalam rumah dalam waktu yang lama terkadang mengganggu motivasi dalam melakukan hal yang seharusnya dilakukan, seperti membersihkan rumah.


Meskipun terkesan biasa saja, nyatanya membersihkan rumah secara menyeluruh di masa sekarang mampu mengembalikan semangat. Sehingga raga dan pikiran mampu kembali berfungsi secara optimal serta aktif. Selain itu, rumah yang bersih juga akan meningkatkan persentase lingkungan yang sehat untuk keluarga di rumah. Berikut adalah lima cara mudah membersihkan rumah di tengah masa pandemi dari CASA Indonesia.


1. Bersihkan area yang jarang tersentuh


Membersihkan rumah dengan cara menyapu, mengepel, dan menggunakan vacuum cleaner merupakan cara yang paling mudah untuk menampilkan rumah yang resik, Namun alangkah baiknya jika Anda juga mulai membersihkan area-area yang jarang sekali tersentuh.


5 cara bersihkan rumah agar tetap sehat di saat pandemi

dok. westend61


misal, bagian atas rak yang berisi pigura foto, bagian belakang lemari yang menempel dinding, serta bagian kolong tempat tidur atau bawah karpet. hal ini tidak hanya membuat rumah jadi lebih bersih, namun juga mampu membuat lingkungan lebih sehat.


baca juga: cek urutannya, zodiak paling ahli dalam mendekor rumah


2. ganti gorden agar membuat ruangan lebih cerah


gorden adalah aksesori interior yang tidak hanya cantik namun juga sangat berguna dalam menangkal sengatan sinar matahari ke dalam rumah. fungsi yang menjaga hawa rumah agar terhindar dari panas itu lah yang terkadang sulit untuk sekadar melepas gorden untuk dicuci sebentar. meskipun memiliki fungsi yang sangat baik, debu-debu sangat mudah untuk menempel pada bahan gorden yang rata-rata terbuat dari fabric.


5 cara bersihkan rumah agar tetap sehat di saat pandemi

dok. heshphoto


dengan mencuci dan mengganti gorden anda tidak perlu lagi takut terhadap iritasi debu yang dapat mengganggu pernapasan seluruh anggota keluarga. selain itu, anda pun akan mendapatkan gorden dengan warna yang kembali seperti semula saat membelinya pertama kali.


3. bersihkan jendela dari debu-debu yang menempel


setelah melepas gorden untuk mencucinya, ada baiknya juga anda sekaligus membersihkan jendela yang mengelilingi seisi rumah. sebagai penghalang segala elemen dari luar rumah, jendela pun memiliki risiko untuk mendapati debu yang menempel pada permukaannya.




5 cara bersihkan rumah agar tetap sehat di saat pandemi

dok. pattanaphong khuankaew


semakin terkumpulnya debu, semakin kusam juga jendela di rumah anda sehingga mengganggu tampilan rumah yang bersih.


baca juga: 5 inspirasi desain table setting untuk lebaran


4. bersihkan furnitur kayu agar kembali sehat


pemilihan furnitur berbahan kayu memang kerap kali menjadi favorit. mulai dari warna, teksturnya, hingga durabilitasnya menjadi alasan mengapa banyak orang memilihnya. jika anda merupakan salah satu orang di antaranya, ada baiknya anda menjaga kualitas furnitur kayu tersebut sehingga furnitur yang dimiliki dapat betahan lama, bahkan bisa diteruskan hingga anak cucu nanti.


5 cara bersihkan rumah agar tetap sehat di saat pandemi

dok. bobvila.com


anda hanya perlu memoles permukaan furnitur kayu dengan cairan solutif yang dapat ditemukan di pusat perbelanjaan. cara membersihkan ini juga akan mampu menghilangkan debu yang menempel pada elemen interior anda.


5. kuras kamar mandi secara menyeluruh


karena ruangannya yang memiliki tingkat kelembapan tinggi di antara ruangan lain di rumah, akan sangat sulit menemukan debu yang menempel pada kamar mandi. namun hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membersihkannya. karena lembap, kemungkinan tumbuhnya jamur, lumut, serta kotoran yang menempel pada lantai dan dinding di kamar mandi sangatlah tinggi.


5 Cara Bersihkan Rumah Agar Tetap Sehat Di Saat Pandemi

dok. Djedzura


Agar Anda tetap nyaman menggunakan kamar mandi tanpa rasa jijik, Anda dapat bersihkan kamar mandi dan menguras bak atau bathtub yang ada secara menyeluruh. Sikat secara berkala sehingga tidak ada setitik noda yang tersisa.


Foto teaser: dok. Maskot / The Spruce