Apa kabar para design enthusiast yang telah survive sejauh ini di tengah masa pandemi?

Merasa bosan dan terkurung akibat pembatasan mobilitas, memang tak bisa dipungkiri. Rasanya ingin segera pergi liburan dan kembali hangout seperti masa sebelum pandemi terjadi. Walaupun demikian, faktanya adalah perjuangan menghadapi covid-19 masih belum selesai.

Dimulainya pemberian vaksin ke publik serta mulai dibukanya kembali tempat makan hingga destinasi wisata, bukan berarti Anda harus menurunkan kewaspadaan menghadapi virus corona. Hal ini justru membuat Anda musti lebih pintar dan berhati-hati dalam menghabiskan waktu di luar rumah. Sehingga menghindari terciptanya cluster buka bersama atau cluster tempat wisata yang marak terjadi beberapa waktu belakangan ini.


5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 1

Enatura Farm & Salad Bar


Walaupun demikian, bagi Anda yang ingin mencari waktu refreshing singkat dan relatif aman di masa pandemi, CASA Indonesia mencoba mengompilasi kafe untuk hangout yang bisa dikunjungi. Sebagian besar tempat hangout ini menerapkan nuansa yang homey dan cenderung memiliki proporsi area outdoor yang besar. Dengan demikian, setidaknya Anda berusaha untuk tetap social distancing serta menghindari tempat tertutup dengan sirkulasi udara yang kurang bagus.


Baca juga, Tempat Nongkrong Baru di Tengah Pandemi? Cek di Sini!


Dimana sajakah kafe outdoor dan homey yang bisa didatangi sejenak di masa pandemi? Berikut daftar lengkapnya


1. Gioi Pantai Indah Kapuk

Restoran Gioi ini baru saja membuka cabang terbarunya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Konsep urban farm menjadi khas tempat hangout yang turut menerapkan sistem farm-to-table. Dengan demikian, menu masakan di sini turut menggunakan deretan rempah yang ditanam di taman depan restoran.


5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 2

5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 3

Gioi Jakarta



Lokasi: Urban Farm, Jl. Golf Island Boulevard, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara

Operating Hours: 11.00 – 22.00 WIB


2. Kopi Merpati by Pigeonhole

Kemungkinan besar Anda lebih familiar dengan Pigeonhole Coffee yang terletak di tempat hangout hits Shophaus yang berlokasi di Menteng. Kini coffee shop ini membuka cabang barunya di kawasan Bekasi dengan vibe rumahan. Di balik pintu biru yang menyambut kedatangan pengunjung, hadir kafe bernuansa hangat yang ditemani dengan beragam tanaman hijau. Terbagi atas dua lantai, Anda bisa memilih bersantai di area outdoor berupa balkon.


5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 4

Coffeetomoto / Kopi Merpati by Pigeonhole
5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 5
Kopi Merpati by Pigeonhole



Lokasi: Jl. Dr. Ratna, RT.002/RW.002, Jatikramat, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17421

Operating Hours: 07.00 – 22.00 WIB


3. Kopi Nako Taman Budaya

Coffee shop hits di tengah kota Bogor kini membuka cabang teranyarnya di kawasan Sentul. Didominasi dengan area outdoor yang asri, Kopi Nako mengadaptasi konsep minimalis dan rustic yang menampilkan bangunan beratap segitiga menjulang menggunakan atap galvalum. Dengan demikian menciptakan area indoor dengan konsep terbuka dan double height ceiling, membuat area indoor serta outdoor seolah bersatu.


5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 6

5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 7



Kopi Nako Taman Budaya


Lokasi: Jl. Siliwangi No. 1, Sumur Batu, Babakan Madang, Sentul – Bogor

Operating Hours: 10.00 - 22.00 WIB (Senin – Jumat), 09.00 - 22.00 WIB (Sabtu – Minggu)


4. Enatura Farm & Salad Bar

Bagi penyuka menu sehat berupa salad, bisa mengunjungi Enatura yang terletak di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Berkat sofa-sofa empuk dengan deretan aksesori interior terbuat dari anyaman, pengunjung semakin betah untuk hangout sejenak di restoran ini. Identik dengan menu makanan sehat tanpa menggunakan MSG, restoran ini menyajikan masakan yang menggunakan hasil tanam dari perkebunan milik Enatura dikenal memproduksi sayur tanpa bahan kimia dan pestisida.


5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 8

5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 9

Enatura Farm & Salad Bar


Lokasi: Jl Bangka Raya no. 20, Kemang, Jakarta Selatan.

Operating Hours: 11.00 – 20.00 WIB


Baca juga, Makan dan Foto di 7 Restoran Bernuansa Kebun di Jakarta


5. 7 Speed Coffee Panglima Polim

Serasa masuk ke rumah bergaya vintage dengan taste modern, 7 Speed Coffee baru saja membuka cabang terbarunya di Panglima Polim, Jakarta Selatan. Sekilas, kafe ini terlihat memiliki ukuran yang mungil, namun Anda bisa hangout di area outdoor yang terletak di belakang. Sebagian besar interior dan eksterior coffee shop ini menampilkan kesan unfinished yang justru membuat tempat hangout ini terlihat semakin edgy.



5 Kafe Outdoor & Homey Buat Hangout Di Masa Pandemi 10


Lokasi: Jl. Panglima Polim III no.9, Jakarta Selatan

Operating Hours: 07.00 – 22.00 WIB





Foto teaser: Coffeetomoto / Kopi Nako Taman Budaya